Berbeda dengan Speedy, Indihome adalah paket layanan internet Quota Unlimited namun dengan catatan. Artinya, Jika pemakaian Quota bandwith sudah melebihi  penggunaan wajar (Fair usage), maka kecepatan akan di turunkan sekian persen dari kecepatan awalnya. Kebijakan Telkom ini ada untuk menjaga kualitas jaringan Indihome secara keseluruhan. Telkom sudah menyampaikan bahwa untuk pengguna biasa sangat sedikit yang akan mendapat penurunan kecepatan. Biasanya Fair Usage terlewati untuk pengguna Warnet, User yang maniak Download atau Video Streaming.

FUP untuk paket Indihome per bulan

Bagaimana cara membaca tabel diatas? sebagai contoh anda menggunakan paket 10MBps,  pada tanggal 20 di buan tersebut penggunaan Bandwidth mencapai 300GB, maka kecepatan akan diturunkan menjadi 7,5 Mbps , kemudian tanggal 25 di bulan tersebut ternyata pemakaiannya sudah tembus 400GB, maka kecepatannya akan turun menjadi 4Mbps. untuk paket dibawah 100Mbps semua penurunan kecepatan menggunakan 2 tahap, namun untuk paket 100Mbps hanya ada 1 tahap saja. Kecepatan akan normal kembali diawal bulan untuk semua paket.

Tabel diatas adalah standar FUP untuk paket Normal, untuk paket Promosi (yang biaya perbulannya dibawah 300rb) biasanya berbeda. Saya sendiri mamakai paket promosi  dengan kecepatan 10Mbps, FUP cuma 50GB dan setelah tercapai 50GB kecepatan turun menjadi 512KBps yang artinya tinggal 5% dari kecepatan awalnya.

Informasi Lebih lanjut tentang FUP paket yang anda ambil bisa anda dapatkan langsung di kantor telkom karena bisa jadi telkom mengubah kebijakan FUP ini sewaktu waktu. Sampai tulisan ini dibuat Telkom tidak menyediakan informasi ini  di websitenya indihome.co.id. Informasi ini justru didapat langsung dari kantor telkom dan dari website pihak ketiga.

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!