Indihome Adalah layanan internet dari Telkom Indonesia dengan memanfaatkan jalur kabel fiber optik. Selain Telepon rumah, Paket ini menyediakan layanan tambahan seperti UseeTV (IPTV) dan  OTT ( Over the top) seperti Iflix atau Hooq. Agar tidak melebar, pembahasan kali ini kita akan membahas tentang paket Indihome, cara mengecek ketersedian Indihome di lokasi kita dan yang terakhir adalah cara pendaftarannya.

Paket yang Tersedia

Paket Indihome secara umum di bagi menjadi 3 yaitu Single Pay, Dual Pay dan Triple Pay. Paket singlePay artinya kita hanya menggunakan layanan internet saja. Paket Dual Pay di beri pilihan apakah Internet+TV atau Internet+Telepon Rumah sedangkan TriplePlay adalah layanan Telepon+Internet+TV.

Selain masalah pembagian layanan tersebut, untuk kecepaan internet Indihome juga bervariasi dari 10 MB sampai 100MB. Namun yang perlu diketahui, paket ini adalah paket Up to (kecepatannya tidak fix tapi bisa disamakan dengan bisa mencapai); Jika anda berlangganan paket 10MB artinya kecepatan maximal dari layanan tersebut bisa mencapai 10MB namun bisa saja pas jam-jam sibuk kecepatan turun. Namun berdasarkan pengelaman, kecepatan Indihome cukup stabil, saya berlangganan 10MB, kecepatan internet selalu berkisar antara 9-10MB.

Paket termurah adalah paket Indihome Deluxe, hanya dengan 460/bulan anda sudah menikmati UseeTV, Telepon Rumah dan Internet kecepatan tinggi. Terus apa itu Movin’, Iflix dan HooQ. Untuk Movin’ adalah aplikasi Android pelengkap Indihome, Dari deskripsi di Google play, movin’ ini membuat anda bisa menerima panggilan telepon rumah lewat Handphone anda selama handhpone tercover jaringan Wifi Indihome di rumah anda.

Untuk Iflix dan Hooq adalah Netflix versi Indihome. Dua layanan ini menyediakan film nasional, Serial TV, film Asing seperti Korea dan tidak ketinggalan film film Hollywood. Layanan Iflix dan Hooq adalah layanan Over the TOP (OTT) yang akan memakan bandwidth anda. Berbeda dnegan UseeTV. Untuk SinglePlay dan dual Pay serta paket promo jika tersedia silahkan buka di https://indihome.co.id/package. Saran saya, Pasanglah paket Indihome sesuai kebutuhan anda, misalkan anda mau membuat warnet, saya sarankan justru beli saja paket Single Play Internet karena kalau anda pakai paket TriplePlay kemungkinan besar telepon dan TV tidak terpakai.

Mengecek ketersediaan

Untuk mengecek apakah Indihome tersedia di kota anda, silahkan hubungi kantor Telkom terdekat atau hubungi lewat Contact Center 147 dari telepon rumah / Kantor anda. Cara lain silahkan buka alamat https://fibermap.indihome.co.id. Perbesar map nya sampai ke lokasi anda, jika ada tanda marker Indihome bisa dipastikan lokasi anda tercover.

Cara Mendaftar

Untuk pelanggan baru

Datangi kantor Telkom; anda akan diminta memnggambarkan lokasi anda ( buat peta sederhana). Lokasi ini akan di kunjungi oleh Pihak Telkom untuk mengecek Koordinat dan tiang telepon yang sudah memanfaatkan fiberoptik. Jika anda ada HP Android,  anda diminta menginstall aplikasi MyIndihome dari Google Play dan melakukan pendaftaran lewat aplikasi tersebut sekaligus menscan KTP anda sebagai syarat pendaftaran. Setela itu  Telkom Pusat akan menelpon anda untuk memastikan bahwa KTP valid serta paket yang ada pesan adalah benar. Misal anda akan ditanya:“Apakah benar, bapak akan memasang paket Tripleplay Indihome 10MB dengan biaya perbulan 460.000?”. Kurang lebih seperti itu biar tidak ada kesalahan di kemudian hari.

Kantor telkom Lokal akan mengabarkan kapan  teknisi datang ke rumah anda untuk melakukan pemasangan. Biaya  pemasangan150.000 akan ditagihkan di bersamaan dengan tagihan pemakaian bulan pertama yang dibayarkan awal bulan depan sampai sebelum tanggal 20. Telom melarang memberi uang kepada teknisi atau melakukan pembayaran langsugn ke teknisi. Semua alat disediakan oleh Telkom termasuk SetTopBox untuk useeTV.  Telkom sangat fair dalam hal mengihitung biaya bulan pertama. Misalkan anda pasang paket dengan biaya 460/bulan dan anda pasang tanggal 15. Maka bulan depan tagihan  anda adalah biaya instalasi 150.000  +15 hari pemakaian + pajak 10%. Pembayaran pertama harus dibayarkan langsung ke kantor sedangkan untuk pembayaran selanjutnya bisa lewat ATM atau jasa layanan pembayaran. Alasan utama pembayaran pertama di lakukan di telkom untuk menghindari kesalahpahaman untuk biaya pertama dan perhitungan pemakaian serta pajaknya.

Untuk pelanggan Telepon Rumah / Speedy

Bagi pelanggan yang sudah mempunyai telepon rumah atau Speedy yang anda lakukan bukan pemasangan baru tapi Upgrade Jalur Internet. Cukup hubungi kantor Telkom,  Survey akan dilakukan untuk memastikan bahwa jalur Indihome bisa masuk ke tempat anda karena ada beberapa kasus, ada yang sudah memakai jalur speedy ternyata jalur indihome belum masuk di lokasi tersebut.

Untuk selanjutnya akan saya bahas tentang Fair usage di Indihome. Hakekatnya paket indihome adalah paket Unlimited,namun jika anda sudah melewati batas pemakaian tertentu maka kecepatan akan di kurangi.


Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.