Jika dalam posting sebelumnya sudah membahas gambaran indihome serta tabel FUP maka tabel berikut ini adalah perbandingan Teknis dan Non teknis antara Speedy dan Indihome.

No Hal Speedy Indihome
1 Jalur Kabel Tembaga Serat Optik
2 IP statik Tersedia (paket Gold) Tidak tersedia
3 Kecepatan Paket 1Mbps-3Mbps 10Mbps-100Mbps
4 Kecepatan tetap/berubah Tetap Berubah sesuai FUP
5 Quota FUP** Tidak ada Ada
6 IPTV*** Tidak Ada
7 OTT Video Streaming **** Tidak Ada
8 Aplikasi Android Tidak ada Ada (Movin’, MyIndihome)
9 Pengecekan Tagihan Manual Online /Aplikasi/Web
10 Cek Pemakaian Quota Tidak ada Ada /Aplikasi/Web
11 Pemasangan Baru Tidak ada Ada dan terus dikembangkan
12 Ketersediaan Luas (sampai tingkat kecamatan) Terbatas di kota yang dilalui jalur fiberoptik.

Catatan:

*) Upto (bisa mencapai) Artinya jika anda memasang kecepatan 10Mbps artinya anda bisa mendapat kecepatan sebesar itu namun kadang kecepatan turun pas jam sibuk. Berbeda dengan kecepatan Fix baik siang atau malam, jalur sibuk atau tidak anda akan mendapat kecepatan tetap. Semua kecepatan Indihome adalah upto.

**)Quota FUP adalah quota Fair Usage Policy. Yaitu kebijakan dari telkom jika penggunaan bandwidth diatas kewajaran maka kecepatan akan diturunkan. Misalkan anda memakai paket 10Mbps,m maka FUP anda adalah 300GB, namun jika belum sampai akhir bulan anda sudah memakai lebih dari 300GB maka kecepatan internet anda akan diturunkan menjadi 7.5 Mbps . Rincian FUP bisa anda baca disini.

***) IPTV  adalah Internet Protocol Television. Layanan TV dengan memanfaatkan jalur internet. IPTV indihome bernama UseeTV, sejauh ini ada sekitar 200 Chanel termasuk yang HD, namun untuk paket dasar biasanya TV yang aktif cuma sekitar 70 Chanel. walaupun menggunakan Internet Protocol, IPTV indihome tidak memakan Quoata FUP anda. Kecuali anda memakai OTT Video Streaming.

****) OTT Video Streaming adalah layanan Over The top Video Streaming. Layanan tambahan dari Indihome seperti Netflix. Jika anda menggunakan OTT maka quota FUP anda akan terpakai, selain itu anda juga harus berlangganan bulanan untuk menikmati video streaming ini diluar biaya yang dibebankan oleh Telkom.

Categories: Networking

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.