WordPress adalah CMS dan Blog platform paling populer saat ini, menurut w3tech, Market share wordpress mencapai 60% dari semua CMS yang ada di Internet. Candra.web.id pun dibangun dengan wordpress yang punya segudang fitur dan berbagai kemudahan. Website ini sudah banyak menulis artikel tentang wordpress, namun setelah saya cek tidak ada satupun artikel panduan instalasi wordpress :) . Maka posting ini akan membahas hal mendasar tersebut. Dalam Panduan ini mengasumsikan nama website adalah belajarwordpress dan nama databasenya adalah wordpressdb.

Yang perlu diketahui, WordPress adalah CMS paling fleksibel dari sisi arsitektur code, desain dan instalasinya yang mendukung berbagai macam OS dan webserver. Panduan ini akan kita kerucutkan instalasi di WordPress.com ( membuat blog gratis), Instalasi WordPress di XAMPP windows dan Instalasi WordPress di Ubuntu Server. 

Instalasi WordPress di WordPress.com

WordPress.com adalah layanan Software as a service (SaaS);  user tidak perlu melakukan instalasi manual atau perlu keahlian tinggi di bidang pemrograman ataupun server. Karena WordPress.com adalah SaaS panduan ini lebih tepat cara membuat blog atau website di wodpress.com. Untuk membuat blog cukup 4 langkah utama yaitu sbb:

  1. Buka WordPress.com lalu klik getting started. Pilih bahasa indonesia biar mudah. Pada tampilan pertama anda akan diminta mengisi Nama website, penjelasan singkat dan tujuan anda membuat website. lalu klik lanjut. WordPress menanyakan tujuan membuat website karena nantinya tampilan awal website akan dipilihkan seusai dengan topik yang akan anda tulis.
  2. Langkah kedua, membuat nama situs misalkan belajarwordpress. Untuk versi gratis nanti nama situs anda adalah belajarwordpress.wordpress.com
  3. pada pilihan ketiga, anda diminta paket mana yang anda pilih. Pilihlah yang gratis
  4. Langkah terakhir anda diminta memasukan alamat email, username admin dan passwordnya.

Langkahnya selanjutnya anda tinggal buka alamat belajarwordpress.wordpress.com untuk melihat tampilan websitenya. Untuk login kedalam halaman admin buka alamat belajarwordpress.wordpress.com/wp-admin. Mudah bukan?

Sayangnya walaupun membuat blog di WordPress.com mudah, penggunaan subdomain dibawah wordpress.com membuatnya tampak tidak profesional. Memang pada langkah 3 anda bisa saja memilih paket berbayar namun untuk pembayarannya menggunakan kartu kredit atau paypal yang sebagian besar masyarakat indonesia tidak terbiasa dengan sistem pembayaran ini, kecuali memang ada seorang pebisnis. Kekurangan yang lain dari wordpress.com untuk versi gratis adalah kita tidak bisa menambah plugin ( fitur tambahan) dan thema yang disediakan wordpress terbatas. Efeknya? tampilan web anda akan terlihat pasaran. Pilihan pertama ini cocok untuk para pemula di dunia internet yang ingin menuangkan ide, opini atau pengelamannya secara mudah dan gratis.

Instalasi WordPress di XAMPP

XAMPP adalah server Apache, PHP dan MySQL berbasis windows yang sangat populer. Jika anda belajar PHP, biasanya XAMPP menjadi pilihan pertama. Instalasi WordPress di XAMPP sangat cocok untuk orang yang sedang belajar wordpress baik belajar dasar dasarnya ataupun pembuatan thema dan plugin. Instalasi di XAMPP ini juga sangat cocok untuk lembaga training ataupun pelatihan pembuatan Blog.

Berikut ini langkahnya.

  1. Download XAMPP di https://www.apachefriends.org/index.html Pilih yang for Windows.
  2. Install file installernya (cukup next dan next) saat diminta memilih component, paket berikut tidak perlu di install yaitu FileZilla, Mercury, Tomcat agar server tidak terlalu berat.

    Buang centang pada FileZilla, Mercury Mail server dan Tomcat

  3. setelah selesai instalasi download file instalasi wordpress di wordpress.org. Catat ya, ORG bukan COM. Klik tombol download. Saat artikel ini dibuat versi wordpressnya adalah 4.9.x.
  4. Extract file instalasi wordpres (namanya biasanya wordpress-4.9.x.zip) ke folder C:\xampp\htdocs\ dan rename foldernye menjadi belajarwordpress
  5. Langkah selanjutnya buka halaman http://localhost/phpmyadmin Lalu Buat database baru dengan nama wordpressdb.
  6. Setelah itu buka halaman http://localhost/belajarwordpress , dari sinilah proses instalasi wordpress mulai.
  7. Pada point ini yang perlu di pilih adalah Bahasa instalasi (pilih bahasa indonesia), masukan nama database (wordpressdb) untuk username dan password database masukan username :root dan password kosongkan. Catatan penting disini, jika saat instalasi xampp atau xampp di install oleh pihak lain, anda harus menanyakan apa password untuk MySQL servernya.
  8. Langkah selanjutnya anda diminta memasukan username dan password untuk admin wordpressnya.
  9. Setelah selesai, anda tinggal buka halaman http://localhost/belajarwordpress untuk websitenya dan http://localhost/belajarwordpress/wp-admin untuk halaman adminya.

Sekali lagi, cara ini sangat cocok untuk belajar, pelatihan atau membuat website di intranet organisasi anda. Untuk Windows Desktop sendiri, tidak didesain untuk diakses lebih dari 10 orang bersamaan kecuali anda menginstallnya di Windows Server.

Instalasi WordPress di Ubuntu Server

Untuk kasus ini, biasanya di lakukan oleh admin server yang mempunyai server sendiri atau membeli paket VPS Server. Cara ini memerlukan akses SSH ke server dan semua proses instalasi menggunakan CLI (Command line). Berikut ini panduan singkatnya dengan asumsi bahwa Apache, PHP dan MySQL sudah terinstall. Gunakan putty Untuk mengakses server Ubuntu Anda.

Download dan pindah folder instalasi ke direktori webserver

wget https://wordpress.org/latest.tar.gz 
#Pindahkan file wordpress ke root webserver. 
#perintah untuk emengekstrak 
tar -xvfz latest.tar.gz 
#perintah untuk memindah folder latest menjadi folder /var/www/belajarwordpress 
sudo mv latest /var/www/belajarwordpress
#mengganti pemilikan ke www-data
sudo chown -R www-data:www-data /var/www/belajarwordpress

Langkah selanjutnya buat database wordpressdb

#login ke mysql 
mysql -u root -p
create database wordpressdb

#buat user mysql untuk web wordpress
#ganti 'newuser' sesuai dengan username yang ingin anda buat. 
CREATE USER 'newuser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
#berikan hak akses untuk user tersebut ke database wordpressdb
GRANT ALL PRIVILEGES ON wordpressdb . * TO 'newuser'@'localhost';
FLUSH PRIVILEGES;
#keluar dari mysql console 
exit;

Setelah itu anda buka lewat browser dnegan alamat http://ip-server/belajarwordpress

Langkah selanjutnya sama dengan ketika anda menginstall di XAMPP, Pilih bahasa, masukan nama database, username mysql dan passwordnya dan yang terakhir adalah membuat akun untuk login admin. Untuk login ke admin alamatnya adalah http://ip-server/belajarwordpress/wp-admin.

Perhatikan disini, kita baru selesai mensetup server dan Wordpres, kita belum mensetup Domain dan Virtual Host. Untuk domain anda bisa membaca di How To Configure BIND as a Private Network DNS Server on Ubuntu 14.04 Untuk panduan setup virtual host anda bisa membaca di How To Set Up Apache Virtual Hosts on Ubuntu 14.04 LTS.

Rumit juga ya juga langkahnya ya? memang! makanya untuk panduan ini untuk yang sudah expert. Tapi apa tidak ada cara yang lebih mudah namun profesional? Untuk yang ini kita ke poin ke empat.

Cara install WordPress di Webhosting Cpanel

Untuk menginstall wordpress di Webhosting, anda harus membeli paket hosting+Domain terlebih dahulu, salah satu penyedia layanan ini adalah hostinger.co.id. Paket webhosting di hostinger cukup terjangkau dan tampilan control panelnya pun mudah. Untuk melakukan pembayaran anda bisa memilih melakukan transfer lewat ATM Jauh lebih mudah ketimbang harus pakai kartu kredit atau PayPal di wordpress.com.

Langkah Instalasi WordPress

Langkah pertama login ke cpanel (biasanya petunjuk alamat login sesuai dengan nama domain anda misal belajarwordpress.id/cpanel). Setelah itu masuk ke menu Auto Installer dan pilih WordPress. Tampilan instalasi kurang lebih sebagai berikut :

Point point penting yagn harus di isi adalah Bahasa, username dan password administrator, email dan Judul websitenya. Yang lainnya biarkan apa adanya. Untuk URL bisanya mengarah ke root website anda misalkan website kita belajarwordpress.id maka secara default URL ini akan terisi dengan URL website kita. Setelah yakin klik Install. Selesai. Hah! Mudah banget kan. Untuk selanjutnya anda tinggal buka website anda di alamat belajarwordpress.id dan masuk adminnya di belajarwordpress.id/wp-admin.

Keempat langkah tersebut baru instalasi, terus bagaimana seting awal di Halaman adminnya seperti mengganti Thema, Format Tanggal, atau menginstall plugin?  Untuk panduan tersebut anda bisa membacanya di https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-blog-di-wordpress/. Link tersebut menjelaskan proses instalasi wordpress dan seting awal website dengan bahasa yang mudah dipahami. Untuk Cara ke empat ini adalah cara termudah namun website anda profesional.  Setelah instalasi dan seting awal selesai, sekarang anda tinggal fokus mengisi kontentnya. Selamat Mencoba!

Categories: Wordpess

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.