Network Error tcp_error

Pernahkah anda mengalami hal diatas? Sudah dua minggu ini ada beberapa website yang saya install di server VPS tidak bisa diakses lewat jaringan Indihome. Anehnya Saat dibuka lewat Jalur Telkomsel  lancar lancar saja. Apa penyebab masalah ini? Masalah Network Error ini memang masalah yang berhubungan dengan jaringan, masalah ini bisa terjadi di sisi client (Browser, OS client, LAN-Modem) sampai di level Server (webhosting) yang bisa disebabkan oleh seting Webserver, Firewall server atau bahkan Resource server itu sendiri ( CPU, RAM).

JIka kita gunakan bahasa indonesia artinya kurang lebih seperti ini “ Error Komunikasi telah terjadi ” Koneksi sudah diputus. Webserver mungkin mati, terlalu sibuk atau mengalami masalah yang mencegahnya untuk merespon request, Anda bisa coba lagi di lain waktu“.  Pencarian di Google untuk masalah ini tidak tidak ditemuan secara tuntas, bahkan sebagian hanya membahas dari sisi client. Kita akan mencoba menganalisa masalah ini dengan troubleshoting terukur dari client ke server. Pemecahan masalah ini diasumsikan anda memakai Windows sebagai Client dan Server anda menggunakan Linux dengan LAMP Stack ( Apache PHP MySQL).

Troubleshoting di Client

Pemecahan masalah di client kita lakukan bertahap dengan mengatasi masalah dari browser, firewall, clear DNS dan  reset Network, restart Modem dan ganti Jalur koneksi internet.

Browser

Coba solusi ini bertahap dan perlangkah, misalkan langkah pertama belum sukses, coba langkah kedua dan dst.

  1. Restart Browser dan clear Cache
  2. Coba disable Plugin/ Extensi browser
  3. Ganti Dengan browser Lain

Firewall

Untuk memastikan masalah bukan dari firewall, coba ping ke server lalu disable  firewall. Jika mematikan firewall tidak menyelesaikan masalah silahkan coba langkah selanjutnya.

Reset Cache DNS dan Network

  1. Buka Command Prompt , Run As Administrator
  2. ketik Perintah
     ipconfig /flushdns
  3. Jika masih belum bisa, lakukan reset network (masih di Command Prompt)  dengan perintah
    netsh winsock reset

Restart Modem

Untuk pengguna Speedy atau Indihome silahkan restart modem anda. Bagi pengguna Paket data mode Tethering, silahkan matikan tetering dan paket data, lalu aktifkan kembali. Masalah tidak selesai juga? Silahkan ganti jaringan.

Jika misalkan anda menggunakan jalur Indihome website diakses terjadi “Network error (tcp error)” silahkan coba dengan jalur lain. JIka ternyata jalur lain bisa maka bisa dipastikan ada salah konfigurasi di server. Hal yang paling mungkin adalah server sibuk karena banyak yang mengakses atau kesalahan di konfigurasi webserver atau firewallnya. Kita akan lanjut di pembahasan server

Troubleshoting di Server

Pemecahan masalah di server kita mulai dari seting Webserver, Konfigurasi PHP, Konfigurasi firewall dan  Menganalisa Sistem resource seperti CPU/RAM di server.

Konfigurasi PHP

Buka file konfigurasi php di /etc/php5/apache2/php.ini dan ubah baris baris berikut

memory_limit=256MB #naikan 2 kali lipat dari nilai awal
max_execution_time=60 #naikan 2 kali lipat dari nilai awal

Lalu restart apache dengan perintah

sudo service apache2 restart

Konfigurasi Apache Webserver

Kita asumsikan apache menggunakan modul mpm_prefork. Konfigurasinya dalah sebagai berikut :
#naikan 2 kalilipat nilainya di file ini

Ini konfigurasi default

StartServers       1
MinSpareServers    1
MaxSpareServers    10
MaxRequestWorkers         100
MaxConnectionsPerChild   10

Ubah menjadi

StartServers       2
MinSpareServers    2
MaxSpareServers    20
MaxRequestWorkers         200
MaxConnectionsPerChild   20

Lalu restart apache2 dengan perintah

 sudo service apache2 restart

Menghapus Rootkit/Trojan/Malware

Server anda bisa jadi terserang malware yang menyebabkan resource CPU atau RAM habis sehingga menyebabkan server overload. Cara termudah gunakan perintah top lalu perhatikan nama service atau proses yang mencurigakan. Hal ini pernah terjadi diserver saya dengan nama proses ‘sessx’ yang menyebabkan CPU selalu terpakai 99%. Cari lokasi filenya dan hapus. Kalau perlu gunakan tool untuk menghapus trojan dan malware di server.

JIka ternyata benar penyebabnya, ikuti panduan ini untuk menghapusnya https://www.howtoforge.com/tutorial/how-to-scan-linux-for-malware-and-rootkits/.

Reset Firewall server

Jika masalah tidak terpecahkan dan coba anda reset Firewall dengan ikuti langkah berikut ini https://www.vultr.com/docs/how-to-configure-ufw-firewall-on-ubuntu-14-04. Masalah juga tidak terselesaikan? Bagi anda pengguna VPS terutama yang hosting di hostinger, masuk ke halaman Admin VPS (Berbasis web) pilih reset Firewall.

Masalah tidak Terpecahkan?

Jika masalah tetap tidak selesai , silahkan menghubungi hubungi Pihak Webhosting dan tanyakan masalahnya. Jika server anda di instansi anda sendiri, silahkan hubungi Admin Server.  Semoga artikel ini bermanfaat!

Categories: Server

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

1 Comment

Anonymous · 8 July , 2018 at 4:45 pm

emm not working

Tinggalkan Komentar plz!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.