Fitur STB TV indihome hakekatnya adalah Android TV yang sudah di custom, artinya TV ini punya fitur layaknya SmartTV android. Banyak fitur STB (Set Top Box)  indihome yang tidak dipakai oleh pengguna Indihome salah satunya adalah fitur akses internet (Browsing) dan Youtube . Berikut ini adalah panduan cara browsing Internet dan Nonton Youtube lewat TV yang akan saya jelaskan bertahap yaitu :

  1. Mengkoneksikan TV ke internet.
  2. Install Aplikasi Dari UseeTV store.
  3. Menambahkan shortcut aplikasi ke menu Apps.
  4. Membuka Aplikasi.
  5. Menghapus aplikasi.

STB yang dipakai merek ZTE seri STB B860H. Semua panduan ini menggunakan Remote STB TV indihome  dengan interface bahasa inggris, untuk bahasa indonesia tinggal disesuaikan saja!

Mengkoneksikan TV indihome ke Internet

STB Indihome mempunyai 2 jalur internet yang pertama lewat LAN dan yang kedua adalah Wifi. Untuk LAN sudah dipakai secara khusus untuk IPTV, agar kita bisa akses internet kita harus mengkoneksikan WIfi kita ke Wifi Indihome.

Menu Setting -> Network

  1. Buka menu Setting -> Network -> Wireless Network.
  2. Pilih Nama wifi dan masukan passwordnya ( Dilayar akan muncul keyboard dan anda pilih hurufnya dengan remote).
  3. Setelah pasti konek dengan melihat tanda wifi di pojok kanan atas TV sudah aktif, keluar dari menu seting dengan menggunakan tombol Back di remote.

Install Aplikasi dari UseeTV STore

Tampilan Usee Store

  1. Buka menu Apps -> All-apps-> UseeTV store
  2. Pilih Apps Category lalu pilih Icon All Apps  (kalau di tampilan screenshoot daitas ikon samping Huawei)
  3. pilih  Aplikasi Youtube lalu klik Install 

    Klik tombol Install untuk memasang aplikasi Youtube

  4. Lakukan hal yang sama untuk Usee Browser .

Menambahkan Shortcut Aplikasi

Secara default, kalau anda ingin membuka aplikasi anda harus masuk ke menu Apps -> All apps -> Aplikasi, agar lebih pendek anda bisa menambahkan shortut di menu Apps. Caranya dengan Buka menu Apps-> add Shortcut , dari Menu pilih Youtube, lakukan Hal yang sama untuk Usee Browser dan Usee Strore. untuk membuang shortcut aplikasi tekan yang lama icon aplikasinya lalu pilih Delete shortcut.

Membuka Aplikasi

Untuk membuka aplikasi cukup buka menu Apps->Shortcut Aplikasi atau Apps->All Apps-> Nama Aplikasi . Tampilan Youtube dan Browser bisa dilihat dibawah ini.

Tampilan Youtube di TV

 

Aplikasi Usee Browser sedang membuka web candra.web.id

Menghapus Aplikasi

  1. masuk ke menu Apps-> All-app.
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus
  3. Tekan Tombol OK agak lama sampai muncul menu Uninstall.
  4. Pilih Uninstall.

Catatan Penting 

Catatan penting disini, Setiap aplikasi yang anda install dan mengakses Internet AKAN MENYEDOT QUOTA FUP bandwidth anda. Jadi misalkan anda pakai Youtube seharian di TV dan anda pakai paket FUP 300GB (10Mbps) bisa jadi sehari bisa hapis 1GB-5GB). dengan asumsi satu video clip HD 5 Menit sebesar 50MB, maka anda memutar 20 Video clip anda sudah habis 1GBs. Gunakan aplikasi secara bijak. USee Store menyediakan banyak aplikasi, install dan coba coba saja, namun aplikasi seperti Catchplay atau Iflix anda harus menginstall aplikasi dan membayar langganan tiap bulan. PIkirkan dulu sebelum berlangganan.

Kekurangan mendasar ketika kita browsing dan Akses youtube adalah susahnya melakukan pencarian atau mengisi alamat URL dengan Remote TV, belum lagi kalau mengisi form login. Apakah ada cara yang lebih mudah? Ada, Gunakan Smartphone anda sebagai remote. Baca tutorial selanjutnya ya.

Categories: Others

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.