Setelah sebelumnya kita membahas tentang Berbagai metode berlangganan artikel website, kali ini kita akan praktek menambahkan Push Notifikasi di WordPress. Push Notifikasi adalah metode mengirimkan data ke Browser / Device Mobile secara real time. Push notifikasi sangat cocok untuk mengirim Promo, artikel terbaru, produk baru, breaking news dan ratusan kemungkinan lainnya tergantung kreatifitas pembuat content web.

Panduan ini terdiri dari 2 bagian yaitu Membuat akun di Onesignal.com Pihak ketiga penyedia layanan push notifikasi dan Menginstall plugin Onesignal di Wordpess itu sendiri. Onesignal sendiri menawarkan fitur yang sangat banyak tanpa biaya sepeserpun. Fitur fitur itu diantaranya Mendukung Web push notifikasi dan Native notifikasi di OS Mobile seperti Android dan iPhone, Unlimit Device, Realtime Analytic, Schedule Message, Localisation, Full API dan berbagai fitur lainnya. Catatan disini, Onesignal Mendukung CMS lain selain WordPress, bahkan website biasa pun bisa ditambahkan Push notifikasi dengan memanfaatkan Onesignal SDK.

Seting App dan API di Onesignal.com

Tujuan dari langkah ini adalah membuat App dan API Key yang nantinya dipakai oleh Plugin Onesignal Push di WordPress Admin.

  1. Login ke Onesignal dengan akun Facebook atau Google atau github.
  2. Buatlah aplikasi baru pada tombol (+) Add New App
  3. Pada langkah berikutnya pilih Web Push Notification
  4. selanjutnya pilih Website builder, WordPress Isikan nama website, URL dan Icon yang akan dipakai .
    Isikan Nama website , site URL dan icon, jika website anda belum mendukung HTTPS pilih “My site Not fully HTTPS”. dan masukan label untuk aplikasi anda, saran saya masukan nama anda/ Organisasi
  5. Setelah selesai, klik Akun foto anda di pojok kiri bawah. Pilih menu Account & API keys.Simpan baik baik Rest Api Key dan User Auth Key yang anda dapat.

Setelah itu kembali kehalaman utama oneSignal.com Pilih nama Aplikasi anda lalu klik menu sebelah Kiri App Setting, akan tampak seperti ini

Klik Configure untuk Web Push Platform baik untuk Chrome/Firefox ataupun Apple safari. 

Untuk Seting Chrome dan Firefox sama sedangkan untuk Apple Safari sedikit berbeda karena ada perbedaan implementasi APInya, di Apple Safari nanti jika sukses maka kita akan  mendapatkan webid.  Web ID safari ini juga disimpan.

Seting Plugin Onesignal WordPress

  1. Buka Admin Dashboard WordPress pilih Menu Plugins-> Add new  dan cari “OneSignal” dan install yang bernama  plusOneSignal – Free Web Push Notifications.
  2. Aktifkan Plugin dan masuk ke menu OneSignal Push . Seting plugin ini sangat banyak namun kita hanya fokus pada Tab “Configuration-> Account Setting”.
  3. Masukan App ID , Rest API Key dan Web ID yang sudah kita dapatkan di halaman OneSignal.com.
  4. Jika anda sudah menggunakan HTTPS maka geser slide ke ” My Site uses an HTTPS Connections. Jika anda ingin menseting https gratis anda bisa mengikuti panduan saya sebelumnya dengan judul Cara Membuat dan Install Sertifikat SSL.

Setelah itu tekan tombol SAVE di bagian paling bawah Halaman.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Saya menyarankan migrasikan website anda ke https sebelum mengimplementasikan Web Push Notification karena User Experience lebih natural dan profesional. Berikut ini adalah perbedaan tampilan Prompt untuk meminta user berlangganan antara Http dan HTTPS.

Perbedaan Prompt Http dan Https saat menawarkan kepada pengunjung web untuk berlangganan artikel

Bagi saya pribadi, Push Notifikasi ini adalah Cara tercepat mendapatkan Pengunjung Setia. Saya sendiri baru mengimplementasikan fitur ini awal bulan desember ini dan sudah mendapat lebih dari 230 Pelanggan dan kemungkinan sampai akhir tahun ini bisa mendapat 300-500 user, padahal dengan berlangganan Email saya perlu diatas satu tahun dan langganan dengan Facebook like saya perlu bertahun tahun hanya untuk mendapatkan 1000 user. Panduan berikutnya akan membahas Dashboard Onesignal dan fiturnya. Semoga bermanfaat!

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!