Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Menambahkan Push Notification di WordPress. Dengan Memanfaatkan Layanan dari OneSignal.com. Harap baca artikel tersebut sebelum membaca panduan ini. Saya anggap anda sudah menginstall Plugin Push Notification OneSignal di Website anda. saat anda melakukan testing mengirim push notifikasi pun sudah sukses, apa yang selanjutnya dilakukan? Langkah selanjutnya adalah kembali login ke website OneSignal.com dan melihat Memonitor stastistik Push Notifikasi terkirim.

User Berdasarkan Device / Browser

Secara Garis Besar Halaman Dashboard terdiri dari 3 bagian yaitu Data aplikasi dan Konfigurasi (App Setting) yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, Halaman Message untuk mengatur pengiriman push notifikasi dan Halaman Help. Saat anda login ke OneSignal Dashboard, maka yang muncul adalah grafik pelanggan push notifikasi dari aplikasi anda. Klik Gambar grafik nya maka anda akan dibawa ke menu rinci seperti dibawah ini

Rincian Pelanggan Push di browser. Perhatikan, walaupun total User ada 360 namun yang bisa dikirimi notifikasi hanya 323, hal ini disebabkan bisa saja User sudah lama tidak aktif atau user sudah Unsubscribe

Data Statistik Kirim Push Notifikasi

Buka Menu “Sent” di bagian kiri dashboard, maka akan muncul pesan seperti ini:

Rincian Pengiriman Pesan ke User

Setiap Push Notifikasi yang kita kirim akan dibuat laporannya seperti daitas. Tampak bahwa Artikel terakhir saya di kirim ke 200 Orang, namun hanya dibaca oleh 3.5%. Warna kuning pada grafik (DELIVERY) menunjukan tingkat kegagalan pengiriman pesan, anda bisa hover diatas grafik untuk melihat rinciannya. Karena ini adalah panduan dari artikel sebelumnya, maka pesan ini adalah judul dari artikel yang anda publish di WordPress. Anda bisa saja membuat pesan baru langsung dari halaman dasboard.

Segmentasi User

 

Segmentasi User active, engage dan Inactive

Walaupun anda punya banyak user, jangan senang dulu, anda harus selalu perhatikan Segmentasi User. Disini secara default ada 3 Segmen yaitu Active User, Engaged user dan Inactive user. Jadi dari 323 User ternyata hanya 181 Yang aktif satu minggu ini dan hanya 7 User yang mengkelik link selama minggu ini dan ada 142 User yang tidak aktif. Anda juga bisa membuat Custom Segment berdasarkan email,bahasa, negara Sistem operasi dan sebagainya.

Menu Lainnya

Jika mau di telusuri, sebenarnya masih banyak fitur di dashboard ini yang bisa anda pakai untuk mengoptimalkan pengunjung web anda. Berikut ini saya jelaskan secar ringkas di menu Messages.

 

Menu Penjelasan
 New Message  Mengirimkan pesan baru ke user, bisa disesuaikan berdasarkan Bahasa, Browser, Icon dan Gambar pesan notifikasinya
 Scheduled  Menampilkan Statistik Pesan yang terjadwal
 Sent  Menampilkan Statistik Pesan yang sudah dikirim beserta Engagementnya ( sudah dijelaskan diatas)
 Template  Format Dasar yang bisa dipakai untuk mengirim pesan. Template Pesan yang akan dikirim untuk mengingatkan user yang tidak aktif dengan bahasa inggris dan bahasa indonesia.
 Automated  Otomatisasi pengiriman pesan. Bisa dipakai untuk mengirim pesan bagi segment user tertentu, Template bisa dipakai disini.
 A/B Testing  Teknik Testing dengan mengirimkan Pesan yang sama namun berbeda format ke 2 kelompok user yang berbeda dan melihat mana yang lebih tinggi engagement. Bisa dipakai misalkan untuk mengirim Promo Produk (jika dipakai untuk eCommerce) . Misal saja ya, apakah user lebih senang mengklik Notifikasi dengan format Gambar besar namun sedikit text atau gambar kecil namun ada snippet teks di sampingnya. Mana yang lebih efektif itulah yang akan dipakai dalam pengiriman selanjutnya.

Dengan menjelajah halaman dashboard, anda bisa memaksimalkan marketing produk atau blog anda sesuai dengan segmentasi user. OneSignal adalah satu satunya Penyedia layanan push Gratis yang tidak membatasi jumlah user nya dan tidak pula membatasi jumlah pesan yang dikirim setiap bulannya. Jadi akan sangat sayang jika anda belum memanfaatkan OneSignal untuk meningkatkan Traffic website anda. Selamat mencoba!

 

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!