Ketika kita suka isi website atau blog biasanya kita ingin terus mengikuti perkembangan berita atau artikel terbaru di web tersebut. Permasalahannya sekarang apa cara temudah dan ternyaman dalam langganan berita? Pertanyaan selanjutnya  kalau anda jadi pengelola Website, kira kira teknologi apa yang akan dipakai agar pengunjung? Dalam artikel ini kita akan mendiskusikan berbagai teknologi berlangganan website dari pertama kali teknologi web muncul sampai teknologi terbaru.

Secara garis besar, teknologi berlangganan website ada 5 yaitu Bookmark/Favorite, Langganan Email, RSS  , Social Media dan yang terakhir adalah Push Notifikasi. Untuk memudahkan memhami 5 metode ini saya akan jelaskan perpoint dan penjelasan singkat baru kemudian kelebihan dengan simbol centang ( ? ) dan kekurangannya dengan simbol silang (?).

 

 ? Bookmark

Bookmark adalah metode paling awal seseorang berlangganan content sebuah website. Caranya anda cukup mengklik tanda bintang di samping URL yang anda kunjungi. Jika anda ingin mengunjungi website yang sama anda tinggal klik alamatnya di bookmark Bar (Menu bookmark).

?  Kelebihannya  Sederhana dan setiap browser mendukung fitur bookmark.

?  Kekurangannya hanya mengingat alamat website, jika kita ingin melihat informasi terbaru, anda harus mengelik bookmark tersebut.

 ? Email

Langganan artikel /berita terbaru lewat email merebak setelah layanan email gratis bertebaran di di internet, dari Hotmail, Yahoo Mail dan akhirnya Gmail. Membuat akun email pun mudah dan tanpa biaya.

?  Kelebihan Cara kedua ini menawarkan kemudahan membaca artikel terbaru dari Webmail/Email Client kesukaan anda. Jika tidak ingin berlangganan lagi cukup klik unsubscribe .

? Kekurangan  beberapa artikel dianggap spam oleh email provider, kekurangan yang lain, kadang  tampilan artikel berubah jika ditampilkan didalam email.

 RSS

RSS adalah cara berlanggan content yang content terbaru dari webiste tersebut langsung di kirim ke RSS reader pembaca. . Karena terkenalnya sampai banyak layanan baik berbasis Web, Desktop atau mobile membuat aplikasi RSS Reader.

 Kelebihan RSS adalah setiap ada berita baru, langsung terkirim ke RSS reader si pembaca.

? Kekurangan,  user harus menginstall RSS Reader atau memanfaatkan Layanan RSS reader seperti Feedly.

Sosial Media

Sosial media sekarang menjadi alamat promosi gratis yang sangat efektif, dan hampir semua brand besar mempunyainya.

?  Kelebihan Sosial Media ini juga cocok untuk kalangan yang di sasar adalah anak muda.

?  Kekurangannya User Sosial media  ter segmentasi ada yang di Twitter, di Youtube, Instagram atau Facebook, maka kita sebagai blogger juga harus mempunyai Chanel di masing masing jejaring sosial.

?Push Notifikasi

Push Notifikasi mengirimkan berita langsung ke device/Browser milik pembacanya saat pembaca sedang aktif membuka browsernya.
?  Kelebihan Cara berlangganan  sangat mudah, Privasi pembaca terjaga, content  dikirim ke device/ Browser  saat user aktif.  Semua browser modern mendukungnya

? Kekurangan dari Push Notifikasi, tidak cocok untuk website dengan volume update tinggi seperti situs berita kecuali website tersebut hanya mengirimkan berita berita pilihan. Push Notifikasi tidak mendukung browser Internet Explorer atau Edge.

Kesimpulannya  jika anda adalah pengelola Blog atau website adalah menggunakan seluruh cara agar pengunjung tetap setia berkunjung ke website  mengingat setiap cara punya plus minus. Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah pola mengkonsumsi berita/artikel/ post antar pembaca berbeda beda. Empat Cara pertama diatas adalah cara lama yang fitur tersebut sudah terintegrasi dengan CMS termasuk WordPress.  Bagaimana jika anda ingin mengimplementasikan Push Notifikasi?  Dalam artikel selanjutnya saya akan membuat panduan cara mengirimkan push notifikasi di WordPress. Stay tune!

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!