Mengenal Google Assistant

Google Assistant adalah Evolusi dari Google Voice Search dan Google Now. Saat ini, memang eranya Artifical Intelegent, Internet Of Thing dan Mobile. Google Search bukan lagi di pakai dengan browser untuk mencari tutorial atau resep makanan.

Google sadar bahwa masa depan pencarian adalah Personal Search atau lebih tepat personal Assistant yang digambarkan di film-film fiksi ilmiah. Komputer di film sci-fi diberi perintah dengan suara dan menampilkan hasilpun tidak selalu dengan tampilan visual, kadang jawaban yang didapat adalah jawaban Natural seperti layaknya seorang bos berbicara pada sekretarisnya.

Berbeda dengan Cortana dan Siri, Google Assistent keluar dari Browser dan terintegrasi keberbagai perangkat Hardware buatan Google. Cortana fokus ke Smartphone dan Desktop sama dengan Siri. Assistant dari Google ini disematkan di Aplikasi Chat Allo, Google Pixel Smartphone dan Produk Google Home yang merupakan interface untuk mengontrol semua perangkat di rumah.

Hal lain dari Google Assistant adalah mempunyai kemampuan memahami context. Artinya saat kita bertanya ” Who is Indonesia President?” ketika Assistant menjawab ” Jokowi”, kita bisa bertanya lebih jauh dengan bertanya ” when he was born?”. Saat ini Google Assistant telah disematkan di Google Allo, Google Pixel dan Google Home. Kedepannya Assistant akan disematkan ke produk hardware dari Google seperti Mobil dan Smartwatch dan kemungkinan akan disematkan disemua produk baru lainnya dari Google.

Saat ini, Assistant baru bisa memahami bahasa inggris, namun Assistant dibangun dengan AI dan deep learning. Ketika ditanya dengan bahasa indonesia yang dia belum paham, dia akan menjawab:” Maaf saya masih sedang belajar bahasa indonesia ….” Jika produk ini sukses dipasaran, bukan tidak mungkin 5 sampai 10 tahun lagi kita berada di masa film film sci-fi menjadi kenyataan.

Bagi anda yang ingin mencoba Google Assistant anda bisa menginstall Google Allo, aplikasi chat dari Google. Nanti anda bisa bertanya berbagai hal seperti anda sedang ngobrol dengan teman anda sendiri. Sejauh ini Google assistent mampu mengirimkan berita sesuai topik yang kita suka, menampilkan restorant terdekat, menjawab skore Pertandingan olahraga, menjawab pertanyaan seputar science atau fakta umum (seperti siapa presiden amerika) atau mengkonversi ukuran atau mata uang, menampilakan waktu dan cuaca saat ini serta menterjemahkan kalimat kedalam bahasa lain.

Untuk kemampuan Mengontrol peralatan Rumah, anda harus membeli Google Home dan tentunya perangkat dirumah (seperti TV, pengatur AC, lampu, pengunci pintu, penutup korden dll) harus kompatible dengan produk Google home.

 

Tinggalin komentar dong!