Berikut ini adalah tip dan saran saat kamu ingin belanja perangkat elektronik di Tokopedia. Langsung saja ya Gan!

  1. Cek Jenis Tokonya
  2. Cek Review Toko dari Pembeli sebelumnya
  3. Cek apakah Barang Baru, Refurbish, Bekas atau Second Like New
  4. Cek Lokasi Toko
  5. Cek Kurier , Biaya dan perhatikan Jenis Pengiriman barang
  6. Cek Garansi Produk
  7. Cek Asuransi Pengiriman Barang
  8. Tracking Proses Pengiriman Barang
  9. Manfaatkan Fitur Complain Pengiriman
  10. Buat Unboxing Video dan Review yang Jujur

Saya akan Rinci satu persatu point diatas

1. Cek Jenis Tokonya

keterangan gambar : ada 3 jenis merchan , power merchant pro dan offical

Official Store

Toko resmi dari sebuah produk. Misalkan perusahaan Official Store TP Link, artinya toko ini resmi punya Perusahaan TP Link.

Authorized Seller

Toko Resmi yang merupakan Perwakilan atau distributor Resmi dari suatu Produk di Indonesia, Contohnya adalah Authorized Seller Microsoft.

Selain dua jenis toko di atas masih ada 3 Jenis toko lagi yaitu Power Merchant Pro, Power Merchant dan Regular Merchant. Secara pribadi, Regular Merchant adalah toko dengan kepercayaan Paling rendah karena umumnya Penjual jenis ini adalah Penjual Orang pribadi yang menjual barangnya. Lebih jelasnya bisa di lihat di halaman resmi Tokopedia https://seller.tokopedia.com/edu/power-merchant/

2. Cek Review Pembeli Sebelumnya

Cek Review dari pembeli sebelumnya,, dari situ kita bisa melihat kualitas layanan toko. seperti dibawah ini

Contoh di atas merupakan salah satu toko yang bisa dipercaya dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi, namun walaupun demikian, kita bisa memfilter kenapa ada pembeli yang memberi bintang 1 dan baca ulasannya untuk evaluasi secara menyeluruh.

3. Cek Apakah Barangnya Baru atau Bekas

Jika ingin membeli barang elektronik namun harganya kok miring, coba pastikan dulu apakah itu barang baru, refurbish atau second. Yang menarik, kadang ada penjual yang mungkin “lupa” atau sengaja tidak mengubah status barang. Jadi walaupun ditulis “Kondisi :Baru”. Pastikan Chat penjualnya bisa jadi ada kelalaian penjual. Bisa juga memang itu barang baru namun refurbish ( produk cacat pabrik yang telah diperbaiki) atau memang itu barang baru namun stok lama. Sekali lagi jangan asal murah langsung beli.

4. Cek Lokasi Toko

Cek lokasi tokonya, bukan berarti kita datangi tokonya ya. tapi kita lihat alamatnya, bisa jadi lokasi Anda di Aceh, namun barang di Jakarta. Ada Laptop yang harganya di tempat Anda 5jt tapi di jual 4.5Jt di toko tersebut. Mengapa? ini berefek ke ongkos Kirim. Jadi jangan buru-buru check out. Karena semakin jauh toko, semakin tinggi juga biaya pengiriman. Usahakan membeli dari toko terdekat lebih dahulu.

5. Cek Kurir

Tips singkat di kurir ini adalah pastikan kurir yang akan mengirimkan barang ke tempat kita punya kantor Lokal di Kota / Daerah kita. Jika kita memilih kurir yang tidak ada kantornya di kota kita, maka pengirimannya akan lebih lama karena barang akan dititipkan ke Kurir Perusahaan Lain.

Hal lain adalah perhatikan Apakah pengiriman lewat Jalur Udara atau Darat. Jika lewat jalur darat (kargo) maka barang sampai lebih lama namun biaya lebih murah. Gunakan jalur kargo kalau barang elektroniknya lebih dari 5Kg dan Gunakan pengiriman regular jika barang di bawah 5 Kg.

6. Cek Garansi Produk

Singkatnya , Produk itu mempunyai 3 Jenis Garansi. Apakah garansinya hanya garansi toko, Garansi Distributor atau Garansi Perusahaan. Jika garansi toko, coba di cek review toko jika ada complain dari pembeli serta jumlah review bintangnya dan pastikan tokonya terpercaya.

7. Cek Asuransi Pengiriman

Rata-rata produk Elektronik mempunyai 2 jenis asuransi, yang pertama asuransi pengiriman dan yang kedua adalah Proteksi Elektronik dari Tokopedia. Saya rekomendasikan tetap dicentang untuk Asuransi pengiriman, namun asuransi Proteksi Elektronik dibuang saja centangnya karena menambah total biaya produk. apalagi kalau produk tersebut sudah ada garansi perusahaan. Tapi sekali lagi, Keputusan kembali ke Anda sendiri.

contoh proteksi elektronik yang biasanya berlaku 12 Bulan

Kadang saya tidak memperhatikan poin ini dan tiba tiba ketika status barang sampai dan sudah diselesaikan pemesananya, dapat email seperti ini. Tanpa sadar kadang kita menambahkan biaya yang tidak perlu. Kadang saya lupa membuang centang untuk proteksi ini . Jika barang elektronik yang kita beli baru dan bergaransi resmi apalagi kita beli banyak barang elektronik maka akan ada biaya cukup signifikan untuk proteksi ini. Tapi semua dikembalikan ke Anda ya sebagai pembeli

8. Tracking Proses Pengiriman Barang

Setelah melakukan pemesanan dan penjual memproses barang, Anda bisa mengeklik tombol lacak untuk mengecek sudah sampai mana barang di kirim.

9. Lakukan Komplain jika barang terlambat Datang

Lakukan pelacakan paket. Kadang paket ini belum sampai melebihi waktu estimasi. Misal dijanjikan paket akan sampai antar tanggal 11-14 Maret, namun sudah tanggal 18 Maret barang belum sampai, Anda bisa lakukan komplain paket. Bisa jadi barang tersesat atau karena sebab lain .

10. Buat Video Unboxing dan Review yang Jujur

Buat video unboxing dan review yang jujur ya. Hal ini akan membantu pembeli lain untuk mengambil keputusan. Unboxing ini penting ketika kita melakukan Complain produk misal barang rusak, cacat dan sebagainya.

Nah itu semua saran belanja elektronik di Tokopedia. Jika Anda punya saran lain silakan tulis di komentar ya!

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading