Microsoft Power platform adalah deretan aplikasi yang terdiri dari Bisnis Intelijen, Pengembangan Aplikasi dan konektivitas antar aplikasi di Platform Microsoft.

Produk Power Platform

Power BI, Sofware untuk melakukan visualisasi Data dalam bentuk Chart yang bisa di tampilkan secara Realtime di website ataupun di export ke PDF. Power BI sendiri merupakan pengembangan dari SQL server Reporting Service yang dijadikan produk baru untuk menganalisis data dari berbagai sumber dan secara Realtime. Produk saingan dari Power BI adalah Tableau, Google Looker dan Spotfire.

Power Apps, Sofware yang digunakan untuk menulis low-code, istilah untuk kode program sederhana yang tidak perlu ahli komputer untuk membuatnya. Rata-rata aplikasi yang dibuat dengan Power App adalah bisnis dan target penggunanya adalah pegawai kantor yang ingin membuat aplikasi sederhana berbasis web ataupun mobile tanpa harus mempelajari secara mendalam pembuatan aplikasi Native. Saingan produk ini adalah Google App Sheet serta Air Table. Dulu nama produk ini bernama PowerApps (tanpa spasi)

Power Automate adalah toolkit sejenis Zapier atau IFTTT( IF this then that) semacam konektor antar aplikasi di Microsoft 365 ataupun pihak ketiga seperti Dropbox atau Google Drive. Power Automate adalah rebranding dari aplikasi bernama Microsoft Flow.

Contoh narasi penggunaannya seperti ini:

  • otomatisasi simpan setiap attachment email yang masuk ke mail ke Dropbox
  • Kirimkan email ke respondent survey secara otomatis setelah menyelesaikan sebuah survey
  • Kirim email untuk setiap event yang ada di Calendar sebagai pengingat

Dan masih banyak lagi, bisa melihat sample template di Website Power Automate

Microsoft Copilot Studio yang dulunya bernama Power Virtual Agent adalah tool untuk membuat chatbot. Biasanya di pakai untuk Menggantikan kerja Pegawai Call Center untuk hal yang sering ditanyakan. Platform Chatbot sebenarnya banyak ya, bisa Anda baca di marutitech.com

Power Pages adalah tool untuk membuat website yang terkoneksi ke data perusahaan secara mudah, Power Pages ini mirip dengan Google Site. Dulu produk ini bernama Power Apps Portal.

Selain 5 hal di atas, Power Platform mempunyai dua teknologi di belakang layar yaitu Power FX sebagai bahasa script untuk membuat aplikasi di PowerApps dan Dataverse sebagai platform penyimpanan dan streaming data untuk Semua layanan power Platform. Dataverse dulu bernama Common Data Service.

Sayangnya, sejauh ini yang bisa dipakai gratis tanpa berbayar hanya Power BI, itu pun hasilnya hanya bisa di export ke PDF, untuk menampilkan secara Realtime di web perlu pembelian layanan. Saya berharap kedepan akan ada fitur Free untuk semua layanan power Platform di atas.

Ringkasan Produk

Mengingat seringnya Microsoft memberi nama baru untuk teknologi yang sama dengan alasan marketing atau integrasi produk ke dalam payung marketing produk dan layanannya, termasuk power platform ini, berikut ringkasan dari power Platform dan fungsinya

NoProdukNama SebelumnyaFungsi
1Power BISQL server Reporting ServiceVisualisasi Data dan Pembuatan Laporan dari berbagai sumber data
2Power AppsPowerAppsMembuat aplikasi dengan model ‘drag n drop tanpa harus , ,menulis kode manual, seandainya ada penulisan kodenya pun tergolong sederhana yang bisa dipelajari oleh pegawai kantor
3Power AutomateMicrosoft FlowsMengotomatisasi proses Bisnis dengan menghubungkan beberapa aplikasi dalam satu alur misal “jika ada email masuk, tolong simpan Attachmentnya ke Dropbox”.
4Copilot StudioPower Virtual AgentsAlat untuk membuat chatbot
5Power PagesPower Apps PortalMembuat halaman website yang terintegrasi dengan data Perusahaan atau data internal
6DataverseCommon Data Service Platform penyimpanan dan Streaming data di Power Platform
7PowerFXBahasa low code untuk membuat aplikasi Power App
8AI BuilderAI model untuk Optimasi Proses Bisnis

Video Penjelasan Power Platfrom

Video dari Chanel Youtube Power Platform Indonesia berikut ini bisa memberi gambaran umum tentang power platform dengan ilustrasi yang mudah dipahami.

Untuk memulai power platform silahkan kunjungi situsnya di https://www.microsoft.com/en/power-platform

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading