CandraLab Studio Google Maps Script Petunjuk Arah Direction Google Maps

Script Petunjuk Arah Direction Google Maps


Salahsatu fitur yang sering ada di aplikasi berbasis Google map adalah adanya fitur untuk memberi petunjuk jalan (direction) kepada pengunjung. sayangnya, banyak tutorial yang memberikan codenya cuman sepotong, dalam tutorial ini, akan saya tunjukan script lengkap yang bisa anda coba sendiri. Anda juga bisa mendowload source codenya. Tutorial ini membutuhkan PHP untuk memproses data lokasi yang dikirim oleh user.

Tampilan

berikut ini adalah tampilan dari direction Google map

Tampilan penunjuk arah dari jalan janti ke gejayan di kota yogyakarta

Tampilan penunjuk arah dari jalan janti ke gejayan di kota yogyakarta

Script Form

</pre>
<form class="form-inline" action="index.php" method="POST"><input class="input-large" type="text" name="asal" placeholder="Alamat asal" />
 <input class="input-large" type="text" name="tujuan" placeholder="Alamat Yang dituju" />

 <button class="btn btn-warning" type="submit">Rute</button></form>
<pre>
	Rute  Google maps</pre>
<div class="span8"><!--?php 	if(isset($_POST)) { 	$saddr = $_POST['asal']; 	$daddr = $_POST['tujuan']; 	include ('direction.php'); 			}?-->

Script direction Google map

var directionsService = new google.maps.DirectionsService();
     var directionsDisplay = new google.maps.DirectionsRenderer();

     var map = new google.maps.Map(document.getElementById('map'), {
       zoom:10,
       mapTypeId: google.maps.MapTypeId.ROADMAP
     });

     directionsDisplay.setMap(map);
     directionsDisplay.setPanel(document.getElementById('panel'));

     var request = {
       origin: '<!--?=$saddr;? -->',
       destination: '<!--?=$daddr;? -->',
       travelMode: google.maps.DirectionsTravelMode.DRIVING
     };

     directionsService.route(request, function(response, status) {
       if (status == google.maps.DirectionsStatus.OK) {
         directionsDisplay.setDirections(response);
       }
     });

Demo dan source code

Untuk mencoba demonya, silahkan klik disini, untuk mendownload source code lengkap klik disini.

Tags: ,

34 thoughts on “Script Petunjuk Arah Direction Google Maps”

  1. mas kok g bisa di jlankan ya? gmana mengatasi errornya
    Notice: Undefined index: asal in C:\xampp\htdocs\cs\index.php on line 70

    Notice: Undefined index: tujuan in C:\xampp\htdocs\cs\index.php on line 71

    if(isset($_POST));
    {
    $saddr = $_POST[‘asal’];
    $daddr = $_POST[‘tujuan’];
    include (‘direction.php’);
    }?>

    mohon bantuannya

  2. Mas,
    ketika sy tes di web saya keluar error spt ini sehingga hasilnya tidak tampil :
    Notice: Undefined index: asal in /home/u2197935/public_html/direk/index.php on line 69
    Notice: Undefined index: asal in /home/u2197935/public_html/direk/index.php on line 70

    dengan command
    $saddr = $_POST[‘asal’];
    $daddr = $_POST[‘tujuan’];
    kira2 kenapa ya ? Tks

  3. bang, gimana caranya mengambil data jarak dan waktu tempuh dari google map diatas untuk disimpan di database?

  4. mas gmna caranya menampilkan langsung ke lokasi yang di inginkan/ langsung menuju marker yang di tuju..
    saya sudah bikin maps tapi harus geser2 peta lau mau liat lokasi yang di tuju..
    trimakasih mas..

  5. gan kalo data rutenya ambil dari data base gimana caranya? misal punya data tempat beserta latitude,longitudenya nah mau menuju ke sana.gimana caranya?

  6. mas klo mengetahui petunjuk arahnya bahasa indonesia gmn. soalnya bahasa inggris terus mengetahui petunjuk arahnya

  7. Latihan Google map

    #peta {
    width: 100%;
    height: 400px;

    }

    (function() {
    window.onload = function() {
    var map;
    var locations = [

    [‘id;?>’, lat;?>, lng;?>],

    ];

    //Parameter Google maps
    var options = {
    zoom: 12, //level zoom
    //posisi tengah peta
    center: new google.maps.LatLng(3.585242000000000000, 98.675597899999960000),
    mapTypeId: google.maps.MapTypeId.ROADMAP
    };

    // Buat peta di
    var map = new google.maps.Map(document.getElementById(‘peta’), options);
    // Tambahkan Marker

    var infowindow = new google.maps.InfoWindow();

    var marker, i;
    /* kode untuk menampilkan banyak marker */
    for (i = 0; i < locations.length; i++) {
    marker = new google.maps.Marker({
    position: new google.maps.LatLng(locations[i][1], locations[i][2]),
    map: map,
    icon: 'icon-perumahan.png'
    });
    /* menambahkan event clik untuk menampikan
    infowindows dengan isi sesuai denga
    marker yang di klik */

    google.maps.event.addListener(marker, 'click', (function(marker, i) {
    return function() {
    var id= locations[i][0];

    $.ajax({
    url : "get_info.php",
    data : "id=" +id ,
    success : function(data) {
    infowindow.setContent(data);
    infowindow.open(map, marker);
    }
    });
    }
    })(marker, i));
    }

    };
    })();

    Mas Klu skrip nampilkan peta saya sprti ini, trus supaya bisa ditambah
    Script Petunjuk Arah Direction Google Maps gmn?

  8. mohon pencerahan mas chandra ,bagaimana untuk alamat asal aku gunakan database dan untuk tujuan aku gunakan (alamat global google map ) , klo untuk asal dan tujuan dengan database bisa tp klo tujuan nya mengambil alamat dari google gimana ya mas chandra?? terima kasih

  9. petenya g muncul gan,,tak liatin d s.codenya di index.php,g ada map_canvasnya,apa itu ngaruhnya?makasih petunjuknya

  10. bos,gmn caranya waktu kita memasukan alamat awal sama alamat yang dituju,menggunakan markers dari database yang telah kita buat..makasi

    1. koneksi internetnya ada ga ? pastikan koneski internet hidup dan cek di javascript konsole [chrome=CTRL+SHIFT+I] ada warna merah ga? klo ada warna merah, berarti ada javascript yang error..

    2. sama .. ane juga nggk bisa gan. cara memperbaiki javascript yang errornya gimana ya gan.. mohon pencerahannya. Thx.

  11. Gan bagaimana kasusnya jika menggunakan destinasi berubah dan untuk settingan requestnya menggunakan lat dan lang.

    Misalkan : Jakarta – Bandung Kota
    Akan dijadikan : Jakarta – Cikarang
    Update : Jakarta – Padalarang
    Final : Jakarta – Bandung Kota
    (penggunaan sistem device yang sudah tersambung dengan database)

    Note : Pengambilan nilai lat & lat dari DOM tidak akan terbaca di request.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih #CMIIW

    1. Gpp gan udah solved cuma di override aja terus, :),,thanks gan,klw gak ada pancingan ini tutor gak bakal solved.. :D ,,postingan yg laen jg keren” gan.. :D

Mohon Isi komentar

Related Post