Perbandingan Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams Versi Gratis
Saat ini ada 3 Aplikasi Meeting Gratis yang bisa kita pakai. semuanya menggunakan konsep Freemium yang artinya versi dasarnya gratis namun jika ingin fitur canggihnya harus bayar. Aplikasi tersebut adalah Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams.

Tabel berikut ini adalah perbandingan dari 3 Aplikasi tersebut di tinjau dari berbagai sisi
Fitur | Zoom (gratis) | Google Meet (gratis) | Microsoft Teams (gratis) |
---|---|---|---|
Durasi Pertemuan | 40 menit | 60 menit | 60 Menit |
Jumlah Peserta Maksimal | 100 peserta | 100 peserta | 100 peserta |
Perekaman Meeting | TIdak Ada | TIdak Ada | TIdak Ada |
Berbagi Layar | Ya | Ya | Ya |
Chat dalam Rapat | Ya | Ya | Ya |
Latar Belakang Virtual | Ya | Ya | Ya |
Breakout Rooms | Tersedia | Tidak tersedia | Tersedia |
Integrasi Kalender | – | Google Calendar | Outlook Calendar |
Penyimpanan Cloud | Tidak ada | Google Drive | OneDrive |
Integrasi Office | Tidak ada | Google Workspace (Docs,Spreadsheet,Slide) | Microsoft 365 ( MS Office) |
Akun | Akun GMail | akun Outlook atau Hotmail |
Pilihan terbaik adalah Google Meet
Pilihan terbaik menurut saya sendiri adalah Google Meet. Ada Beberapa alasan utama diantaranya integrasi dengan akun Gmail dan Google Calendar, Untuk PC tidak perlu menginstall cukup buka alamat meet.google.com serta yang paling canggih dari fitur Google Meet adalah integrasi dengan Google Docs dan Google Spreadsheet atau Google Slide.
Saya akan jelaskan fitur canggih dari Google Meet ini dengan sebuah narasi. Anda sedang dikejar deadline untuk menyusun laporan keuangan. Karena timm semunya sedang WFH maka koordinasi cukup merepotkan karena setiap ada revisi laporan di WA ke group atau di kirim email. Dengan Google meet, kamu bisa membuka Google Spreadsheet, mungundang kawan lain untuk bergabung mengecek / mengedit spreadsheet dan yang lebih menarik, bisa langsung klik Tombol Google meet untuk membahas secara tatap muka. Jadi bukan membuka meeting lalu menshare dokumen, tapi sebaliknya, anda membuka dokumen lalu memulai meeting langsung dari dokumen tersebut. sangat kolaboratif dan fitur ini tidak ditemukan di Zoom ataupun Teams.
Secara pribadi saya memilih Google meet karena pengguna Indonesia sudah terbiasa memakai Android dan pastinya punya akun Gmail, jadi mudah integrasinya. Fitur ini juga cocok untuk bimbingan tugas akhir antara dosen dengan mahasiswanya. Video panduan singkat bisa dilihat dibawah ini