Tabel Perbandingan Office 2021 vs Microsoft 365

Berikut ini tabel perbandingan Office 2021 dan Microsoft 365

HAL Office 2021Microsoft 365 Personal
MODEL PEMBELIANPembelian satu kali langganan ( Perbulan atau Pertahun)
aplikasi Yang DisertakanExcel, Word, danPowerPoint.Excel, Word, Power Point, Outlook, Microsoft Editor, One Note, Clipchamp Premium, One Drive 1TB
Pembaruan fiturHanya perbaikan Keamaan (Bug)Akan mendapat fitur baru tanpa harus membayar lagi, biasanya fitur baru muncul setiap bulan. misal kalau di excel ada tambahan Rumus baru, kalau di Powerpoint ada tambahan akses ke Template Premium dan sebagainya
Instalasi Hanya bisa di install dalam 1 Perangkat Windows atau Mac lima perangkat sekaligus (Misal PC, Laptop, Macbook), User terikat dengan email artinya email pembelian ini mengijikan di install ke maximal 5 perangkat sekaligus
Fitur tingkat lanjut di tablet dan teleponAplikasi Office Mobile hanya mendukung fitur dasarAplikasi Office mobile menyediakan fitur lanjut ( anda harus Login dengan akun Microsoft @live.com atau @outlook.com)
Penyimpanan OneDrive5 GB 1000 GB ( 1 TerraByte)
Dukungan teknis disertakanDukungan teknis awal disertakan hanya untuk menginstal.Hubungi kami di seluruh langganan Anda tanpa biaya untuk bantuan dengan masalah teknis, atau untuk dukungan langganan dan tagihan.

Fitur Premium di Microsoft 365

Berikut ini adalah fitur Microsoft Office yang hanya tersedia di Office 365

Premium Template

Template profesional dan Gambar gambar profesional yang tersedia hanya untuk pelanggan Microsoft 365. Untuk premium Template tersedia di Word, excel Powerpoint

Premum Stock Image

Gambar gambar premium yang bisa anda dapatkan jika anda berlangganan Microsoft 365. Selain itu di sediakan pula Video , Font , dan Icon premium. Jadi walaupun namanya Stock fitur nya stock image, namun didalamnya super lengkap untuk mempercantik dokumen anda.

tersedia di Word, excel Powerpoint, Outlook

Voice Dictate

mengetik hanya dengan mengucapkan tanpa harus memakai keyboard, fitur ini sudah sangat bagus jika menggunakan bahasa Inggris, untuk bahasa Indonesia, masih belum sempurna)

Tersedia di Word, Powerpoint, outlook

Voice Transcribe

mengkonversi Pidato atau rekaman suara menjadi Text

Tersedia di Word, Powerpoint, outlook

Microsoft Editor

Fitur seperti Gramarly langsung di dalam Microsoft Office , selain itu Microsoft editor juga tersedia di plugin Chrome dan Edge. Jika kita tidak berlangganan Microsoft 365, Kita tetap bisa menginstall Microsoft editor, namun hanya fitur dasar yang tersedia

Tersedia di Word

Analisa Data

Fitur menganalisis data secara otomatis dari tabel Excel.

Tersedia di Excel

Data tipe Geografi dan Pasar saham

Data tipe dinamis yang bisa menampilkan informasi negara atau lokasi tertentu lengkap dengan komponen didalam nya misal luas wilayah, jumlah penduduk , GDP dan sebagainya. Demikian juga untuk pasar saham, bisa menampilkan Informasi saham untuk perusahaan publik

Tersedia di Excel

Fitur Premium Get Data

Fitur mengambil atau mengkoneksikan data dari format lain atau koneksi database pihak ketiga yang lebih lengkap. Misal fitur yang tidak ada di office 2021 adalah Import Tabel dari Gambar. Fitur ini hanya tersedia di Microsoft 365.

Tersedia di Excel

Slide Designer

Fitur Berbasis AI untuk mendesain Tampilan Power point, anda cukup membuat text dan gambar dari materi presentasi, lalu Slide Designer akan membuatkan desainnya, anda tinggal pilih desain yang cocok untuk anda.

Tersedia di PowerPoint

Convert Word to Power Point

Mengkonversi file Microsoft anda ke Powerpoint. Fitur ini tersedia secar online di office.com. Jika Dokumen word anda tertata rapih dengan memperhatikan H1, H2 dan seterusnya maka secara otomatis power point akan makin bagus karena sistem konversi ini mendeteksi Header dan isi.

Tersedia di Office.com

Reharse With Couch

Fitur latihan presentasi di Powerpoint, sistem akan menganalisa waktu dan suara anda saat presentasi dan Aplikasi akan memberikan catatan dan saran untuk memperbaiki cara presentasi anda. fitur ini benar benar keren.

Tersedia di PowerPoint

Penutup

Jika Anda ingin sekali bayar dan tidak ada biaya lagi, saya sarankan membeli Office 2021, namun jika Anda bekerja di sebuah perusahaan atau Team yang bekerja di lapangan atau terdistribusi serta membutuhkan fitur premium yang saya jelaskan di atas, Anda bisa menggunakan Microsoft 365 yang berbayar dengan langganan per bulan atau per tahun.

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading