Microsoft baru baru ini mengeluarkan tiga produk beta untuk pengguna Microsoft 365, produk tersebut adalah Loop, Designer dan Clipchamp. Produk ini dikenalkan secara bertahap untuk menyaingi produk yagn sudah ada yaitu Notion, Canva dan CapCut.

Microsoft Loop

Microsoft Loop adalah produk beta dari Microsoft yang intinya adalah tool kolaborasi untuk para karyawan perusahaan. Sebagai contoh, ada sebuah proyek atau dokumen yang harus di kerjakan secara team. Ada yang menyunting paragraf, gambar atau tabel. agar dokumen ini bisa dikerjakan bersama sama maka mereka cukup membuat satu project dan secara bersama sama mengerjakan dokumen tersebut. Bukannya ini juga bisa di lakukan Google Workspace atau Office 365? misal di microsoft word? ada perbedaan mendasar. Secara default Loop mempunyai kontrol yang luar biasa, setiap anggota proyek bisa di seting hanya bisa melihat atau mengedit bagian tertentu saja. dokumen juga bisa dibuat di banyak tempat misal dari Microsoft Word, Dari Microsoft Note atau bahkan dari Microsoft Team. Artinya Loop ini membolehkan tim bekerja dengan tool microsoft kesukaannya. Ini yang berbeda dengan Notion. Silahkan lihat video perkenalan Loop dibawah ini

Video Perkenalan Microsoft Loop

Microsoft Designer

Dua hal yang microsoft tidak punya pasar adalah Mobile OS serta Sosial Media. Memang, mereka punya sosial media linked In, namun linked ini ini fokus pada pekerja kerah putih, bukan masyarakat umum apalagi anak muda gaul. Oleh karena itu, Microsoft berusaha mengambil ceruk yang di dominasi oleh Canva. Canva ini awal mulanya hanya sekedar tool untuk membuat desain instagram story atau post namun lama kelamaan Canva sudah berubah menjadi Platfrom Design Online nomor 1 didunia. Inilah ceruk yang mau di ambil oleh microsoft. Fitur utama dari designer yang membedakan dengan Canva adalah fitur Copilot yang dijadikan fitur utama. Misal anda ingin mendesain story instagram, anda cukup menuliskan deskripsi gambar dan desain yang di inginkan. jika perlu tambahkan gambar di dalam deskripsi anda, Designer akan membuatkan desginer secara otomatis. Jika anda tidak puas dengan desain yang dibuat, anda masih bisa memperbaiki desainnya. Mesin dibalik Desginer adalah DALL-3. inilah perbedaan mendasarnya dengan canva.

Video perkenalan designer

Clipchamp

Tiktok tidak bisa di pungkiri menjadi salah satu platform video pendek paling populer di dunia, bahkan karena banyaknya pengguna Tiktok akhirnay tiktok membuat editor video gratis yang sangat mudah di pakai baik lewat Smartphone atau Komputer yang bernama Capcut. Intinya Clip champ adalah saingan Capcut. Di chanel youtube dari clipchamp ini banyak sekali tutorial cara memakai video editor ini. Video panduannya dari Konversi,cut, trim, resize file video serta tip yang bisa langsung di praktekan misalmembuat video tiktok atau membuat trailer video youtube. Intinya kalau anda familiar dengan Capcut, anda akan cepat memakai Clipchamp. Clipchamp bisa di download di Microsoft Store atau anda bisa menggunakannya secara online di website https://app.clipchamp.com. Jika anda menggunakan Windows 11, Clipchamp sudah terinstall secara default.

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading