Indosat Ooredoo – Wikipedia

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama para pengguna ponsel pintar. Dengan internet, pengguna sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pulsa tambahan jika ingin sekadar menelepon atau mengirim pesan singkat. Sebab, kini sudah ada beragam aplikasi berbasis internet yang memiliki fitur serupa telepon dan SMS. Meskipun demikian, pemakaian biaya internet terkadang bisa melebihi jumlah biaya untuk membeli pulsa biasa. Tentu saja, hal itu bergantung pada pemakainya. Jika bisa menghemat, pengeluaran untuk membeli paket internet pun tentu bisa lebih ringan.

Salah satu operator yang menyediakan kuota internet dengan jumlah besar adalah Indosat. Paket internet Indosat terdiri atas banyak pilihan. Jadi, Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan. Namun jika sudah memilih paket internet, tetapi masih boros juga, itu tandanya Anda perlu memperbaiki cara pemakaian yang tepat. Berikut ini beberapa tips mudah menghemat paket internet Indosat yang bisa Anda praktikkan.

Mengaktifkan Paket Data Hanya pada Saat Dibutuhkan

Paket Data Unlimited – Gadgetren

Pada saat sedang bekerja di kantor, belajar di kampus, di rumah, atau di sekolah, Anda tentu pernah merasa terganggu oleh banyaknya notifikasi di ponsel. Pesan-pesan di grup chat, berita ulang tahun seseorang, atau iklan di email, kerap membuat seseorang tergelitik untuk menyalakan ponsel. Akibatnya, bekerja menjadi kurang fokus, konsentrasi belajar terganggu, mood berantakan, dan banyak hal yang tidak terselesaikan.

Selain mengganggu aktivitas, pengaktifan paket data di tengah-tengah kesibukan juga mengurangi banyak kuota internet. Jadi untuk mengatasinya, Anda perlu mengaktifkan paket data hanya pada saat dibutuhkan, misalnya: ketika pekerjaan sudah selesai atau saat jam istirahat. Dengan demikian, konsentrasi bisa stabil, jumlah pemakaian kuota pun lebih terkontrol.

Membeli Paket Internet secara Online

Paket internet Indosat saat ini sudah banyak tersedia di konter-konter fisik serta toko online. Namun jika dibandingkan, pembelian paket secara online tentu bisa lebih hemat. Pasalnya, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi keluar rumah dan menghabiskan bahan bakar kendaraan. Selain itu, harga yang ditawarkan umumnya juga lebih terjangkau atau minimal sesuai dengan harga aslinya. Sementara jika membelinya di konter atau toko fisik biasa, harga pulsa internet biasanya lebih mahal dari harga aslinya.

Sebagai contoh, saat membeli paket internet Indosat di Traveloka.com, Anda hanya perlu melakukannya via ponsel pintar. Setelah membuka aplikasi Traveloka, Anda hanya perlu memilih menu ‘Pulsa dan Paket Internet’, memasukkan nomor ponsel, dan mencari produk yang sesuai.Di sana, sudah tersedia beragam jenis pulsa dan paket internet Indosat mulai harga Rp12.000. Bahkan, ada banyak potongan harga untuk beragam jenis pulsa dan paket internet. Semakin besar nominal harga yang dibeli, biasanya semakin besar pula potongan harga yang diberikan. Jadi, bisa lebih hemat.

Rajin Mengecek Sisa Kuota

Kuota Paket Data – smartponsel.id

Segera setelah mengisi paket data, banyak orang yang beranggapan bahwa persediaan internetnya melimpah. Selanjutnya, mereka pun dengan bebas mengakses banyak situs yang akhirnya menghabiskan banyak kuota. Tanpa disadari, hanya dalam beberapa hari, jumlah paket data yang dimiliki pun sudah tidak tersisa lagi.

Untuk menghemat paket internet, dibutuhkan kesadaran penuh para penggunanya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek sisa kuota secara berkala. Dengan begitu, Anda akan mengetahui besaran pasti jumlah kuota yang digunakan per hari. Jadi, ketika penggunaan pada hari itu sudah berlebihan, Anda bisa melakukan penghematan pada hari berikutnya.

Memilih Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Setiap pengguna internet tentu memiliki kebutuhan paket data yang berbeda. Ada yang hobi menonton film dan bermain game online sehingga membutuhkan paket data besar, ada juga yang hanya membutuhkan internet untuk mengirim pesan dan menelepon sehingga paket yang dibutuhkan relatif kecil.

Cara untuk menghemat paket internet berikutnya adalah masing-masing pengguna harus mengetahui jumlah paket data yang dibutuhkan. Jika berlebihan, biasanya akan ada kecenderungan paket tersebut digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Akibatnya, dari waktu ke waktu jumlah kebutuhan internet semakin meningkat dan usaha untuk menghemat pun semakin sulit dilakukan.

Jadi, lebih baik ketahui kebutuhan Anda. Kemudian, pilih paket sesuai kebutuhan, kontrol pemakaian, dan beli kembali saat masa aktif paket internet tersebut sudah hampir berakhir.

Matikan Fitur Auto-Sync

Fitur Auto-Sync pada ponsel pintar memungkinkan aplikasi-aplikasi di dalamnya melakukan pembaharuan (update) secara otomatis. Tentu saja, hal itu akan mengurangi kuota paket internet Indosat Anda dalam jumlah yang besar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan fitur Auto-Sync tersebut. Jika ingin memperbaharui aplikasi, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa sisa paket internet cukup hingga batas akhir masa aktif. Jika tidak, Anda bisa memperbaharuinya saat menemukan jaringan Wi-Fi.

Memanfaatkan Fasilitas Wi-Fi

Wi-Fi – Consumer Reports

Keberadaan fasilitas Wi-Fi di tempat-tempat umum memang bisa menjadi salah satu kesempatan untuk menghemat kuota. Saat sedang berbelanja di mal atau sedang makan di sebuah kafe, misalnya, Anda dapat mematikan paket data dan menggunakan Wi-Fi yang ada. Dengan demikian, paket internet Anda tidak akan berkurang dalam beberapa waktu.

Menggunakan Aplikasi Kompresi Data Internet

Setiap pengguna ponsel umumnya memiliki beragam aplikasi berbasis internet yang dianggap menarik, misalnya Instagram, Facebook, dan YouTube. Tanpa disadari, terkadang penggunaannya berlebihan sehingga menghabiskan kuota dalam jumlah yang sangat besar. Untuk menyiasati agar persediaan paket internet Indosat tidak cepat habis, Anda bisa menggunakan aplikasi kompresi data. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengontrol jumlah pemakaian maksimal masing-masing aplikasi dalam kurun waktu tertentu, misalnya, per hari atau per minggu.

Apabila sudah melebihi batas maksimal, akan ada notifikasi di ponsel Anda. Jadi, Anda pun  bisa mengontrol kembali jumlah pemakaian data agar cukup digunakan sampai akhir masa aktifnya tiba. Berselancar di internet memang menyenangkan. Namun tanpa diimbangi kesadaran untuk berhemat, bisa-bisa pengeluaran untuk paket data menjadi berlebihan. Semoga tips menghemat paket internet Indosat di atas bisa bermanfaat.

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!