ImageView adalah komponen dasar android yang tugasnya menampilkan gambar. Gambar di komponen imageview bisa diambil dari Assets atau dari Drawable. Perbedaan antara drawable dengan assets sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.
Tutorial Image View
Dalam tutorial ini, kita akan membuat aplikasi sederhana yang mendemokan cara memakai ImageView. Aplikasinya adalah aplikasi yang terdiri dari 1 ImageView dan 2 buah tombol. Aplikasi ini membutuhkan 3 gambar yang saya beri nama kaoro.jpg
, kenshin.jpg
diletakan di folder drawable. File ketiga bernama sano.jpg
berada di folder assets.
Pertama kali dibuka, maka akan muncul gambar Kaoro.jpg. Ini adalah gambar default. Setting kaoro langsung ditempel di file XML.
Menampilkan image Lewat XML
<ImageView android:id="@+id/imageView1" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:layout_alignParentLeft="true" android:src="@drawable/kaoro" />
Gambar yang bisa dipanggil lewat XML adalah gambar yang ada di folder drawable.
menampilkan image lewat Button Java
Nah, disini kita butuh dua fungsi yaitu getImageFromAssets()
dan getImageFromDrawable()
. Dari nama fungsi itu sudah cukup jelas fungsinya kan?
// getImageFromassets public void getImageFromAssets() { try { // get input stream InputStream ims = getAssets().open("sano.jpg"); // load image as Drawable Drawable d = Drawable.createFromStream(ims, null); // set image to ImageView imgview.setImageDrawable(d); } catch (IOException ex) { return; } }
Kode getImageFromDrawable()
//getimageFromDrawable public void getImageFromDrawable(){ Resources res = getResources(); Drawable drawable = res.getDrawable(R.drawable.kenshin); imgview.setImageDrawable(drawable); }
Source Code
Demo lengkap source codenya bisa didownload sini
Awesome ???
sangat membantu sekali terimakasih , saya tunggu postingan selanjutnya :D
sukses terus :)
bagaimana cara membuat gambar latar belakang pada aplikasi di android eclipse