Windows 11 adalah versi terbaru dari sistem Operasi Microsoft. Versi terbaru OS ini banyak hal yang dipoles terutama dalam tampilan dan layout. Walaupun sudah mengalami banyak peningkatan namun tidak berbeda dengan windows sebelumnya, terlalu banyak seting yang tidak optimal dan banyak aplikasi bawaan ataupun titipan yang terinstall secara default membuatnya tidak optimal terutama di komputer dengan Memory 4GB.

Jika anda mempunyai spesifikasi Komputer 4GB dan terinstall windows 11, panduan singkat berikut bisa meningkatkan kinerja komputer. Cara yang akan kita gunakan adalah menggunakan tool BloatyNosy yaitu aplikasi opensource yang bisa anda dapatkan di https://github.com/builtbybel/BloatyNosy/releases. Saran saya, cukup download versi Zip dan extract ke Flashdisk lalu aplikasi BloatyNosy.exe dan Run as Administrator.

Tampilan BloatyNosy

Apa yang perlu kita lakukan? cukup klik Fix dan biarkan aplikasi ini menghapus semua aplikasi bawaan Windows dan mengoptimalkan konfigrasi Registrinya. Jika anda tidak yakin dengan apa yang akan dihapus atau di optimalkan silahkan klik ‘Use Assistant’ untuk penjelasan masing masing pointnya. tombol FIX ini melakukan dua hal yaitu mengoptimalkan Konfigurasi Registry dan menghapus aplikasi bawaan windows, terutama aplikasi yang didapat dari Windows Store.

BloatPilot

Selain fitur utama diatas, BloatyNosy punya fitur tambahan yaitu menguninstall aplikasi lain yang tidak terbuang secara otomatis. anda bisa masuk ke menu “Find More app” lalu pilih “Bloat Pilot” . Tampilannya seperti gambar dibawah ini. Anda pilih aplikasi yang mau di uninstall lalu klik tombol “Empty bin and remove apps”

InstaPackage

Selain menghapus aplikasi bawaan, Ada lagi satu fitur yang akan memudahkan anda menginstall aplikasi gratis yang berkualitas seperti Visual Studio Code, WInscp, Notepad++, VLC dan masih banyak lagi yang lain dari menu ” Find more app” lalu pilih InstaPackage

Dari gambar diatas saya akan menginstall VisualSTudioCode , putty dan VLC Video Player. Setelah anda pilih aplikasi yang akan anda install lalu akhiri dengan klik tombol “Download and Install Package

Optimasi Lain

Optimasi lain yang bisa kita lakukan adalah mematikan Windows System Restore dan Menseting agar windows mengutamakan kinerja dibanding tampilan

Mematikan sistem Restore

Masuk ke menu Setting – System Protection Lalu Off kan Sistem Restore

Utamakan Performa ketimbang Tampilan

Masuk ke menu Setting – Advanced System Setting – performance – Setting lalu pilih “adjust for best performance

Selain dua hal diatas pastikan bahwa hanya ada satu antivirus yang berjalan. Saya sendiri lebih memilih Windows Defender bawaan dari Windows. silahkan hapus antivirus pihak ketiga dan cukup dengan satu antivirus saja.

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading