Apa manfaat mengecek broken link? Manfaat paling utama adalah Blog/ Website anda tampak profesional dan terawat, selain itu juga memperkecil pesan error di Google Search Console karena Google gagal mengindex website anda. Dan yang paling penting User pembaca website anda nyaman dan makin betah membaca artikel menarik lainnya.

Bagaimana cara mengecek link mati (Dead Link) mati di WordPress Self Hosting? Jika link nya tidak banyak dan posting ada masih sedikit anda bisa saja mengklik satu persatu link yang ada dalam artikel yang kita buat. Terus bagaimana seandainya ada ratusan atau ribuan artikel yang sudah tertulis di blog kita? membuka blog dan mengklik satu persatu link yang ada tentunya akan membutuhkan waktu yang lama. Untungnya saat ini adalah plugin WordPress yang bernama Broken link checker.

Untuk menggunakan plugin ini cukup install dari Menu Plugins di WordPress dashboard lalu masuk kemenu Setting-> link Checker .  Ada 4 Tab di tampilan plugin ini yaitu General, Look for Link in, Wich link to Check, Protocol and Api dan yang terakhir adalah Advanced tab.

Untuk memulai mengecek link cukup buka saja menu general pada menu status, Link cheker ini bekerja otomatis dibelakang layar dengan mengecek jumlah link yang ada dan menscan satu persatu, jika ada link yang error atau tidak bisa diakses maka ringkasan jumlah linknya akan ditampilkan disitu juga. Jika artikel anda sudah ratusan atau ribuan, plugin ini butuh waktu berjam jam untuk memeriksa seluruh link yang ada. Jadi sabar saja dan jangan tutup wordpressnya.

Sebagai contoh lihat hasil pengecekan dead link gambar dibawah ini.

Perhatikan Tampilan diatas. Tampak bahwa ada 4082 link di Blog saya, dan ada 3131 link unik. Sejauh ini ada 386 Broken link/Dead link dan sedang ada 17 URL yang masih di proses. Tunggu sampai semua selesai.   Setelah itu klik saja link “Found xxx broken links”. Maka anda akan dibawa ke tampilan berikut ini .

 

Menu ini juga bisa diakses dari menu Tools-> Broken links.  Ada 6 tindakan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi broken link

  1. Edit URL , mengedit URL ke alamat yang benar, ini terjadi jika kita yang salah mengetik URL
  2. Unlink , Mematikan Link ke alamat URL tersebut. intinya menjadikan link menjadi tampilan teks biasa.
  3. Not Broken, Meminta plugin untuk tidak mengecek link ini lagi. Ini bermanfaat jika bisa jadi link mengarah ke website kita yang lain dan website kita saat di cek sedang offline.
  4. Dismiss, Do nothing, intinya hilangkan dari daftar broken link. Berbeda dengan Not Broken, saat di lakukan pengecekan lagi jika link yang kita dismiss ini memang tidak bisa diakses maka dia akan muncul lagi didaftar ini.
  5. Recheck mengecek ulang link tersebut, bisa jadi saat di cek diawal putus, tapi sekarang di cek kembali normal.

Langkah Default adalah Unlink. Semoga dengan tutorial anda, Blog di WordPress anda semakin terawat!

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!