Microsoft Edge adalah browser penerus Internet Explorer. Saat ini Edge sudah mengalami banyak sekali Peningkatan fitur. Saya jelaskan fitur umum dari Edge dan fitur spesial yang tidak tersedia di browser lain

Fitur Umum

Fitur standar Browser modern yang ada saat ini sudah diterapkan dibanyak Browser sehingga fitur ini tidak perlu di jelaskan lagi, berikut ini adalah fitur umum yang sudah ada di Microsoft Edge.

  1. Tersedia di Semua Platform (Windows, Mac OS, Android dan iOS)
  2. Terintegrasi dengan Akun Microsoft @outlook.com atau @hotmail.com (untuk auto sync)
  3. Menggunakan Mesin Browser Chrome ( sehingga tampilan Web dipastikan konsisten dengan tampilan web di Google Chrome).
  4. Mendukung Thema dan Ekstensi.
  5. Mendukung Private Browsing.

Fitur Khusus Di Microsoft Edge

  1. Bing Chat / Copilot berbasis ChatGPT
  2. Sidebar App
  3. Vertical Tab
  4. Workspace
  5. Collections
  6. Browser Essential
  7. Split Screen
  8. Read Aloud
  9. Impressive Rader
  10. Drop
  11. Screenshot
  12. Microsoft Editor
  13. Install Web App (PWA)
  14. Pin to Taskbar / Desktop
  15. Microsoft Family Safety
  16. Microsoft Shopping
  17. Integrasi Office 365
  18. Arcade Game
  19. VPN
  20. PDF Editor

Penjelasan Fitur Canggih di Browser Microsoft Edge

Bing Chat (Power by ChatGPT)

Bing adalah mesin pencari saingan Google yang sudah terintegrasi dengan ChatGPT. untuk mencoba chat GPT cukup gunakan Bing chat di Browser Edge seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Bing Chat berbasis ChatGPT

Sidebar App

Aplikasi yang berjalan di sidebar Edge. Aplikasi ini adalah jenis web App yang selalu aktif namun tidak terus menerus kita buka isinya contohnya misalnya WhatsApp, Twitter atau Radio Online.

Vertical Tab

Keunikan dari Edge adalah tabnya ada di samping kiri, bukan di atas sehingga tampilan browser lebih bersih.

Workspace

Konsepnya workspace menarik, tab yang satu kategori di satukan dalam satu tempat bernama Workspace.

Contoh saat kita merencanakan perjalanan akan banyak website yang akan dibuka, nah agar fokus dan memastikan website yang dibuka adalah topik perjalanan, kita buat workspace misal “Travel”. Seorang programmer bisa membuat workspace khusus berisi website pemrograman agar tidak tercampur dengan situs berita atau situs sosial media, seorang siswa bisa mengumpulkan referensi tugas belajar dalam satu workspace dan seterusnya.

Collections

Fitur ini hakikatnya adalah Bookmark Folder versi modern di Edge.

Browser Essential

Mengecek kesehatan browser, baterai laptop, penggunaan memori dan memastikan website yang sedang di kunjungi aman dari malware.

Split Screen

Membuka dua halaman web dalam satu tampilan ( Layar), sangat bermanfaat misal sebelah kiri berisi data dan sebelah kanan kita rekap data tersebut dengan excel for web. Atau saat menonton YouTube namun mau sambil mengerjakan hal lain di laptop.

Read Aloud

Intinya Edge akan membacakan Artikel kepada kita sehingga kita bisa fokus mengerjakan yang lain. Sangat cocok untuk membaca artikel atau berita yang panjang. Read Aloud sudah mendukung Bahasa Indonesia sehingga saat kita mendengar artikel ini terasa normal, tidak seperti robot yang sedang membaca.

Impressive Rader

Fitur untuk menampilkan hanya artikel saja. segala menu, iklan dan gambar yang bukan bagian dari artikel akan dihilangkan.

Drop

Fitur unik yang fungsi utamanya mengirimkan teks, gambar atau file ke Browser Edge di Perangkat lain dengan syarat perangkatnya login dengan satu akun Microsoft yang sama. Misal saat bekerja di laptop kita punya dokumen yang harus tersedia di semua Perangkat karena kita berpindah pindah perangkat dari Komputer PC, ke Android lalu ke tablet. maka saat saya membuka Edge di perangkat lain, text, Gambar atau dokumen tersebut langsung tersedia.

Send To Device

Fitur untuk mengirimkan link web ke Smartphone. Syaratnya baik Browser di Desktop dan di Android harus menggunakan Edge. Fitur ini mirip Drop tapi untuk link. saat kita buka perangkat lain Anda cukup klik notifikasi untuk melanjutkan browsing halaman web yang sama.

Screenshot

Fitur screenshot bawaan di Edge. Screenshot merupakan fitur ini di edge dan bukan Plugin , lokasi icon ini ada di sidebar kanan sebelah bawah bergambar gunting.

Microsoft Editor

Grammar.ly dari Microsoft. Microsoft editor mendukung bahasa Indonesia namun hanya untuk spelling. untuk Bahasa Inggris, fitur ini sudah setara dengan Grammar.ly.

Install Web App (PWA)

Fitur untuk memasang WebApp ke desktop. Contoh website yang bisa di install adalah Twitter, Youtube ataupun Youtube Music.

Tampilan WebApp Youtube Music yang sudah di Install

Pin to Taskbar / Desktop

Fitur membuat shortcut sebuah halaman web ke desktop atau taskbar. Mirip dengan PWA, hanya saja Pin to Taskbar bisa di gunakan untuk semua halaman web.

Microsoft Family Safety

Fitur keamanan untuk pengguna Microsoft 365 Family pack. Intinya membatasi jam browsing anak dan membatasi akses ke website Dewasa atau situs berbahaya.

Microsoft Shopping

Fitur Microsoft untuk menemukan coupon, diskon atau perbandingan harga suatu produk. Untuk platform yang didukung sepertinya masih platform luar negeri seperti Amazon atau Shopify. kita tunggu kira-kira kapan ya Shopee dan Tokopedia didukung?

Integrasi Office 365

Integrasi ada dua di browser ini. yang pertama Open with office.com. Saat kita mendownload dokumen Office ( docx,xlsx,pptx dan sebagainya) biasanya akan langsung masuk ke folder Download. dengan integrasi ini, file tersebut akan tersimpan di Google drive dan langsung dibuka oleh aplikasi office berbasis Web.

Arcade Game

Google hanya menyediakan 1 game di Chrome yaitu Dino, itu pun bisa dibuka saat koneksi putus. Di Edge, kita bisa memainkan Game arcade tanpa harus repot memasang. game ini bisa dipakai saat kita santai atau jam istirahat.

Virtual Private Network

VPN bawaan Microsoft Edge, Anda tidak perlu install VPN lain, catatan penting VPN di Edge ini dibatasi kuotanya sebesar 5GB per bulan.

PDF Editor

Fitur canggih di Edge yang bisa kita manfaatkan untuk mengedit file PDF, mengisi Form PDF atau membuat catatan di halaman PDF.

Nah demikian fitur fitur unggulan Edge. Selamat mencoba

Referensi

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading