Ada Tiga proyek PHP yang saya letakan di Github; proyek tersebut adalah Candralab-cms, Candralab-Gis dan candralab-ecommerce. 3 produk ini sudah lama tidak diupdate dan memang sudah seharusnya segera diperbaharui. Tiga produk diatas menggunakan PHP dan MySQL dengan teknik lama yaitu mysql_query() dan kawan kawannya dan kodenya sudah tergolong legacy code. Oleh karenanya ingin sekali saya mengupdate dengan teknologi terbaru.

Sebelum lebih jauh, berikut ini adalah ciri ciri aplikasi PHP klasik vs Aplikasi PHP Modern.

Ciri Aplikasi PHP Klasik 

  1. Menggunakan kode struktural , belum mengenal OPP apalagi MVC
  2. Menggunakan library usang seperti mysql_query() dan kawan kawannya
  3. Menggunakan tabel layout ataupun CSS sedernana
  4. Tampilan belum responsive.
  5. Halaman selalu reload setiap kali mengambil data karena belum berbasis ajax apalagi menggunakan teknologi ReactJS ataupun VueJS
  6. Di buat dengan versi PHP 5.x kebawah.

Ciri Aplikasi PHP Modern

  1. Kode sudah menggunakan gaya kode OP dan MVC.
  2. Akses kedatabase menggunakan PDO atau ORM.
  3. Menggunakan Routing Library, bukan URL query.
  4. menggunakan Layout CSS Grid atau Flexbox.
  5. Tampilan Web sudah responsive.
  6. Halaman berbasis Ajax.
  7. Di buat dengan PHP versi 5.6 keatas.

Sebenarnya saya ingin bertahap mengupgrade 3 proyek tersebut dengan menjadikannya sbagai 1 produk yang bersifat modular. Produk dasarnya adalah candralab-cms, lalu untuk GIS dan ecommerce dijadikan sebagai plugin dari candralab-cms tadi. Memodernisasi produk berbasis PHP bukan harus merubah dari kode program php biasa ke framework, kita bisa mengupgrade perkomponen aplikasi, misal dari yang semula gaya koding struktural menjadi OOP, yang semula pakai library mysql beralih ke PDO dsb.  Mengupgrade kode PHP atau lebih keren disebut migrasi kode juga tidak harus memanfaatkan Framework. Jika anda pernah membuat program /aplikasi / Sistem informasi dengan PHP seperti saya, anda bisa mencoba bertahap mengupgrade aplikasi PHP dengan teknologi PHP sebagai berikut:

  1. Backend menggunakan OOP, MVC, Routing
  2. Data  sudah memanfaatakan teknologi PDO, ORM, Data Table
  3. Frontend  menggunakan Template, CSS framework, JS Library, HTML5

Jika teknologi web yang anda pakai sudah memanfaatkan teknologi Backend, Data dan Fronted seperti yang saya sebutkan, artinya aplikasi anda sudah modern.Bagi yang belum dan ingin mulai mengupgrade skill sekaligus upgrade aplikasi PHP mari kita secara bertahap belajar teknologi ini di link berikut. Semua link ini menggunakan bahasa inggris karena rata rata sumber berkualitas itu berbahasa inggris.

Teknologi Backend

  1. Object Oriented PHP for Beginner
  2. MVC For Noobs
  3. Altoroute

Teknologi Data 

  1. PDO tutorial 
  2. ORM Tutorial
  3. Data Table tutorial

Teknologi Frontend 

  1. Google Developer 
  2. Mozilla Developer Network 
  3. https://vuejs.org
  4. CSS Framework 

Untuk menguasai berbagai teknologi tersebut memang perlu waktu berbulan bulan, bahkan bertahun tahun, tapi kalau kita tidak mulai dari sekarang, kapan lagi kita mengupgrade kemampuan PHP ( motivasi buat diri sendiri). Bagi yang malas membuka berbagai macam link diatas, ada satu buku gratis yang saya rekomendasikan yaitu PHPtherightway yang bisa anda baca Online atau download dalam format epub atau PDF.

Selamat belajar.

 

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!