CandraLab Studio Networking,Windows 10 Cara Mengatasi Masalah Wifi di Laptop Windows

Cara Mengatasi Masalah Wifi di Laptop Windows


Permasalahan yang sering terjadi di Laptop adalah wifi yang tidak mau terkoneksi ke Internet. Berikut adalah daftar checklist yang harus dilakukan jika Laptop anda tidak mau terkoneksi ke Wifi

A. Cek Switch di Laptop

Beberapa Laptop mempunyai Switch di sisi kiri atau kanan laptop. Jika anda mempunyai switch untuk mengaktifkan wifi, pastikan switch ini dalam kondisi On.

B. Cek Bios dan Pastikan WLAN Device Enable

Beberapa Bios mempunyai fitur mematikan wifi dari setingnya. Silahkan masuk BIOS (dengan menekan tombol F2, DEL atau F11) tergantun dari perangkatnya. lalu carilah apakah ada seting Wifi. Jika ada pastikan Wifi Enable.

Pastikan Konfigurasi WLAN Device dalam kondisi Enabled

C. Enable Wifi dengan dengan Keyboard shortcut

Beberapa Wifi bisa di enable dan atau disable dengan Menekan Tombol [Fn + F2] . Beberapa Laptop kombinasinya berbeda, namun Intinya pastikan anda menekan tombol Fn dan Tombol antara F1-F12 yang diatas tombolnya ada icon Wifi.

cek keyboar dan cari icon wifi untuk mengenable Wifi

D. Pastikan Driver sudah Terinstall

Cek apakah Icon Wireless Network Interface sudah muncul di Control Panel\Network and Internet\Network Connections

Jika belum carilah Driver yang cocok sampai muncul icon Wireless Network Adapter. Sebagai tambahan jika anda sudah yakin menginstall Driver yang benar dan terbaru namun tetap saja tidak bisa terkoneksi ke Wifi hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan Windows Update dengan jalur LAN lalu restart komputer anda.

E. Pastikan Wireless Network Adapter Enable

Masih berhubungan dengan Point sebelumnya, pastikan wireless Network adapter tidak disable. Jika dalam kondisi disable, maka klik kanan icon lalu enable.

Klik kanan lalu klik Enable

F. Pastikan WLAN AutoConfig Running

dari menu RUN atau menu Cari di startmenu Windows 10 Ketik services.msc

Cari baris WLAN AutoConfig dan pastikan statusnya Runing seperti gambar dibawah ini

Pastikan WLAN Service running

JIka belum Running klik dua kali baris tersebut dan klik start. Pada bagian Start Type pilih Automatic

G. Cek Konfigurasi IP Wifi Laptop

Dalam beberapa kondisi, Wifi Laptop ada yang diseting statik, misal Laptop kantor diseting hanya untuk konek ke IP Access Point kantor. Jika kondisi seperti ini, bisa saja laptop konek tapi statusnya selalu NO INTERNET. Silahkan cek Ipnya dengan cara klik kanan lalu klik propertis dan pastikan seting IP adalah DHCP

pastikan IP diseting Automatic (DHCP) bukan statik atau manual

H. Cek Konfigurasi Access Poin

Cek konfigurasi ada 3 Sisi yaitu dari Frequensi Wireless dari access Point, Teknologi Wifi (A/B/G/N/AC) dan dari kemanan wifi itu sendiri.

1. Frekuensi AP 2.4GHz atau 5GHz

beberapa wireless acess Poin terbaru mendukung Frekuensi 5Ghz, maka jika laptop tidak mendukung, jaringan wifi tidak akan muncul dan tidak terdeteksi di komputer. Solusinya ganti Frekuensi ke 2.4Ghz atau biarkan dua duanya berjalan.

2. Cek Generasi Wifi Laptop

Teknologi WIfi beserta Frequensi yang digunakan

Wireless AP terbaru umumnya adalah Wi-Fi 6 yang bisa berjalan di frequensi 2.4GHz ataupun 5Ghz, namun begitu seting didalam Access Point ada yang didesain untuk multiple standar namun ada juga wifi yang diset hanya berjalan di WIfi 6.

Misal laptop anda hanya mendukung A/B/G/N tiba tiba Wireless AP hanya di seting hanya berjalan di Wifi 6 (802.11ax) maka laptop ini tidak bisa berjalan dan tidak bisa terkoneksi. Solusinya set dipilihan mode wifi agar bisa berjalan di set B/G/N/AC/AX .

3. Cek metode keamanan Wifi

Hal terakhir jika semua hal diatas sudah anda lakukan, namun tetap saja tidak terkoneksi, maka coba test access point agar diset No Security atau turunkan dari keamanan menjadi no security, WEP atau WPA. Jika setelah diseting seperti ini konek internet, maka berarti OS anda tidak menudung Keamanan Wireless Terbaru. yang perlu anda lakukan adalah menguprade OS, misal dari Windows 7 ke Window 10.

Point G ini harus dilakukan jika anda punya akses ke admin Wireless AP. jika bukan pengelola Wifi ( misal kita sedang di cafe atau di hotel) maka mintalah bantuan pihak pengelola untuk membantu menseting laptop anda.

Related Post