Seperti kita tahu bahwa alamat IP, username dan password default dari modem Indihome sudah menjadi Rahasisa Umum. Parahnya lagi, tidak ada cara mudah mengganti password Indihome. Namun begitu, ada beberapa tip yang bisa saya sampaikan untuk mengamankan modem Indihome. Diantara cara untuk mengamankan Modem adalah mengganti default IP modem, mengatur ulang Firewall dan Mengganti Password Indihome.

Mengganti default IP Modem

Secara default, IP modem Indihome adalah 192.168.100.1, alangkah baiknya anda  ip tersebut dengan IP yang lain; misal dengan IP 192.168.100.254 atau IP 192.168.200.1. Secara otomatis DHCP Indihome juga akan menyesuaikan dengan IP baru. Untuk mengubah IP buka menu LAN > LAN Host Configuration. 

Menu LAN Host Configuration

Kelemahan utama dari cara ini, IP address Indihome yang baru sangat mudah di ketahui, cukup ketik ipconfig di Windows  maka akan nampak Ip Indihome langsung nampak yaitu nomor ip Gateway.

Memblokir Akses Halaman Admin Indihome dari WLAN

Cara kedua, anda bisa mematikan akses Admin Indihome dari jalur Wifi. Jika anda ingin mengakses Menu admin Indihome, harus menggunakan jalur kabel. Cara ini cocok untuk Public Wifi seperti Kafe, Rumah makan, Penginapan, taman atau gedung pertemuan.

Langkah pertama masuk ke menu Security-> Firewall Level Configuration, pilih User defined. Selanjutnya masuk ke menu Security > ONT Access Control Configuration Lalu Buang centang pada WLAN Service.

Menu ONT Access Control Configuration

Cara ini sekali lagi hanya membatasi Akses Halaman admin Indihome lewat jalur Wifi, namun halaman admin tetap bisa diakses pagi user yang menggunakan jalur kabel. Untuk mengatasi hal ini langkah terakhir adalah mengganti Password indihome.

Mengganti Password Admin Indihome

Katanya mengganti password Indihome tidak bisa? Secara resmi memang tidak bisa, Cara ini adalah cara hacking dan juga cukup beresiko. Langkahnya sebagai berikut:

    1. Masuk ke menu System Tool > Configuration File, Lalu download Configuration File. Nama file download adalah hw_ctree.xml.Ini adalah file Binary XML yang tidak bisa dibaca langsung oleh Text Editor.
    2. Untuk bisa membaca isi file hw_ctree.xml gunakan tool bernama aescrypt2 yang bisa anda download disini.
    3. Ekstrak file yang anda download lalu berikan perintah berikut ini lewat CMD. aescrypt2_huawei.exe 1 hw_ctree.xml hw_ctree_plaintext.xml
    4. Buka file hw_ctree_plaintext.xml dengan editor dan cari baris UserName=telecomadmin lalu dibawahnya ada text panjang yang merupakan password Indihome yang terenkripsi. Password Indihome hakekatnya adalah double has dari fungsi md5 dan sha256. Untuk mengganti password , gunakan fungsi
      sha256(md5('password'))
      Anda bisa menggunakan PHP untuk membuat password baru dengan memanggil fungsi diatas atau menggunakan tool pihak ketiga.
    5. hasil dari password baru tadi timpakan ke password lama di  hw_ctree_plaintext.xml.
    6. Langkah selanjutnya enkrip kembali file hw_ctree_plaintext.xml dengan perintahaescrypt2_huawei.exe 0 hw_ctree_plaintext.xml hw_ctree_baru.xml 
    7. Upload kembali file file hw_ctree_baru.xml ke modem speedy pada menu System Tools> Configuration File.
    8. Setelah selesai Reboot Modem dan coba login dengan Password baru anda.

Untuk informasi lebih lanjut  untuk cara ini silahkan baca blog bang hasan  yang menjelaskan cara ketiga ini dengan langkah yang rinci disertai screenshot. Jika anda gagal login dengan setingan baru yang anda buat langkah yang perlu anda lakukan adalah reset modem, lalu upload ulang file hw_ctree.xml.

Tips nomor 1 dan 2 bisa di lakukan dengan aman, namun untuk tips nomor 3 hanya untuk yang sudah ahli jaringan dan terbiasa dengan Command Line. Jika anda tidak paham apa yang anda lakukan JANGAN AMBIL RESIKO untuk melakukan tips nomor 3. Sekian!

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!