CandraLab Studio Windows 10 Cara Mencari dan Menghapus File Ganda Di Windows

Cara Mencari dan Menghapus File Ganda Di Windows


Sudah cukup lama saya mencari cari cara menghapus file ganda / duplikat yang tersebar di beberapa tempat. File duplikat ini jika cukup banyak tentu akan memakan space hardisk. Ada beberapa sofware yang saya coba ternyata software tersebut hanya menyediakan fitur cari. Jika ingin ada fitur delete maka harus anda harus membayarnya.

Apakah tidak ada software gratis yang bisa melakukan pencarian dan penghapusan file ganda di windows? ternyata ada, dan itu sudah lama saya install yaitu CCleaner. Perlu anda ketahui bahwa CCleaner adalah software gratis pembersih sampah di windows. Software buatan Piriform ini ternyata mempunyai fitur tersebut. Langsung saja berikut panduannya

  1. Download CCleaner di https://www.ccleaner.com/ccleaner/download lalu pilih Free Download
  2. Lakukan Instalasi standar windows lalu buka aplikasi, lalu masuk ke menu Tools -> Duplicate Finder
Tampilan Duplicate Finder

Point Penting yang harus diperhatikan, kita cukup mencari berdasarkan nama dan ukuran file. klik centang Name dan Size lalu pada bagian Ignore (Abaikan) biarkan apa adanya. Jika anda ingin mengubahnya paling di bagian File Size Under . Pada contoh diatas, saya mengabaikan file dibawah 1 MB. Artinya jika ada file ganda dibawah 1 MB, tidak akan muncul di hasil pencarian.

Setelah itu pilih di drive mana anda mencari. lalu klik Search. hasil pencarian akan tampil seperti dibawah ini

Menghapus File Ganda

Tampilan hasil Pencarian

Untuk menghapus file Ganda, pilih file ganda yagn akan di hapus dengan mencentang pada file tersebut. Lalu klik “Delete Selected”

Selamat Mencoba !

Tags:

Related Post