Enable USB debug

Saat kita melakukan pemrograman android, Running program selalu dilakukan di emulator. Pertanyaan yang banyak masuk kesaya adalah:”Bisa ga kalau langsung di test dismartphone lewat USB kabel?”. Jawaban singkatnya bisa.

Apa sih kelebihan menggunakan real device ketimbang emulator? Ada dua yaitu:

  1. Memastikan bahwa aplikasi bisa berjalan di real hardware.
  2. Loading lebih cepat saat testing tanpa  memakan memori dan Prosesor Komputer.

Berikut ini adalah panduan cara test aplikasi android langsung di smartphone

  1. Pastikan Google USB Driver sudah terinstall di Android SDK Manager.
  2.  Install Driver USB dari Smartphone yang anda punya. Misalkan anda menggunakan samsung, maka pastikan samsung Kies sudah terinstall.
  3. Di Gadet android anda, masuk ke menu Seting-> Developer Options  ubah statusnya menjadi ON dan centang pada enable USB Debugging
Enable USB debug
Enable USB debug

Selanjutnya, hidupkan eclipse dan klik kanan di folder proyek androidnya lalu pilih Run  As-> Run Configuration , pada jendela yang muncul pilih tab “Target” dan pilihlah Always Prompt To pick  a Device .

Selanjutnya Colokkan Kabel USB dan hubungkan antara smartphone dan Komputer. Catatan penting, Jangan menghidupkan “USB Storage”. Saat anda Run Aplikasi dari Eclipse, harusnya muncul jendela berikut ini

Run Android App  in real device

Anda tinggal klik Ok, maka Testing aplikasi sekarang langsung di Smartphone anda.  Jika anda gagal mencoba hal ini, kemungkinan terbasar ada di driver USB untuk smartphone yang tidak terpasang atau tidak kompatibel.

By Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com

14 thoughts on “Run dan test Aplikasi Langsung di Smartphone”
  1. Ane udah bisa tampil aplikasi tapi kok nggak bisa insert data ya.saya pakai xampp server.tapi kalau pakai emulator bisa 100persen bagus.gimana solusinya pak.

  2. maf gan kan saya membuat aplikasi minimum nya menggunakan versi 4.0 dan menjalankannya di real device android 5.1.1 kenapa selalu error terus tetapi jika minimum projeknya di samakan dengan versi android real device bisa berjalan, adakah solusinya maf masih newbi

  3. Google USB Driver nggak bisa compatible sama Linux ya? Trus gimana tuh solusinya bagi yang make Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from CandraLab

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading