WP Optimize Plugin Optimasi WordPress




Anda merasa loading WordPress website anda lambat, Sering bongkar pasang plugin atau loading gambar terasa lama? Semua masalah diatas bisa teratasi dengan satu plugin yang bernama WP Optimize. Fungsi Plugin ini ada tiga yaitu Optimasi database, Optimasi Gambar dan yang terakhir menambahkan fitur Cache server untuk wordpress anda.

Optimasi Database

Bagian ini anda bisa mengoptimasi tabel, menghapus revisi di post, menghapus sampah di komentar ataupun pos serta menghapus meta data yang sudah teidak terpakai. hanya dengan sekali klik

Masih di tab Optimasi database, pada bagian tabel, anda bisamenghapus semua tabel yang sudah tidak terpakai, biasanya tabel ini adalah tabel plugin yang sudah anda hapus namun data tabel plugin tersebut tidak ikut terhapus.

Optimasi Gambar

Fitur keuda adalah fitur kompresi gambar di Media Library WordPress. Manfaat utamanya adalah akan menghemat space hardisk webhosting dan loading gambar menjadi lebih cepat. Kita diberi 3 pilihan, apakah memprioritaskan  mengkompresi gambar walaupun kualitas berkurang, mempertahankan kualitas gambar dan hanya membuang meta data atau kombinasi keduanya. Yang lebih keren, kita bisa menseting agar gambar yang diupload otomatis di kompresi. Anda bisa berekperimen untuk mendapatkan hasil optimal sesuai isi website anda.

Cache Server

Nah untuk yang terakhir ini fungsinya mempercepat loading website secara keseluruhan. Cara kerjanya, halaman yang sering diakses akan di simpan di cache sehingga tidak perlu berkali kali akses ke database server. Nah jika muncul error dibagian ini pastikan modul Gzip (mod_gzip atau mod_deflate dan mod_header) sudah aktif di Webserver. Jika anda tidak paham maka silahkan hubungi pihak webhosting.

Fitur Lanjutan

Plugin ini menyediakan fitur lanjutan yang berbayar, diantara fitur yang ditawarkan adalah mendukung wordpress multisite, menghapus Gambar yang tidak terpakai, Lazy loading (gambar di loading belakangan saat user membuka website) dan beberapa fitur lanjutan lainnya. Namun bagi saya sendiri, 3 fitur utama diatas sudah lebih dari cukup. Silahkan coba optimasi WordPress anda dengan plugin ini.

Related Post