CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Upload File dari Terminal Linux ke Google Drive

Bagi anda yang mengelola server dan sering melakukan backup file ataupun database, saya yakin tutorial ini sangat bermanfaat. Panduan ini akan menejelaskan teknik mengupload file dari Terminal Linux ke Google drive dengan bantuan tool command line bernama gdrive.  Sebelum menggunakan tool ini, biasanya saya mendownload dulu file dari server (misal dengan Filezilla) dan setelah file terdownload baru kita upload ke google drive. Cara ini jelas tidak efesien apalagi kalau file tersebut berukuran besar dan rutin anda lakukan.

Panduan ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu Download, Instalasi, Akses Permisi ke Google Drive, Cara Pemakaian.

Download

Untuk mengikuti Panduan ini anda harus membuka SSH ke server dengan Putty  atau anda bisa mencobanya di Terminal Ubuntu. Langkah pertama download gdrive di Github sesuai dengan platform anda (32bit atau 64 bit). Buka dulu alamat https://github.com/prasmussen/gdrive#downloads. Lalu jalankan perintah download dengan widget di terminal dengan file yang akan didownload. Sebagai contoh saya akan mendownload gdrive-linux-x64 maka perintahnya


wget https://docs.google.com/uc?id=0B3X9GlR6EmbnQ0FtZmJJUXEyRTA&export=download

Instalasi

File yang terdownload (dalam kasus saya nama filenya uc?id=0B3X9GlR6EmbnQ0FtZmJJUXEyRTA itu lalu kita rename menjadi gdrive.

mv uc?id=0B3X9GlR6EmbnQ0FtZmJJUXEyRTA gdrive

Berikan permisi executable!

chmod +x gdrive

Install ke system!

sudo install gdrive /usr/local/bin/gdrive.

Akses Permisi ke Drive

Setelah selesai melakukan instalasi, maka berikan perintah

gdrive list
Go to the following url in your browser:
https://accounts.google.com/o/oauth2/auth?access_type=offline&client_id=36711622105%3Awg%3Aoauth%3A2.0%3Aoob&response_type=code&scope=https%3A%2F%2Fwww.googleapis.com
Enter verification code:

Saat pertama kali di jalankan akan memunculkan URL yang harus anda copy ke browser, saat dibuka dibrowser anda akan mendapatkan kode yang harus anda copas lagi ke Terminal pada bagian Enter verification code:. Kode akan muncul setelah anda klik tombol Allow.

Jika sukses maka sehabis anda memasukan kode akan muncul daftar file google drive .

Cara Upload file

Dalam contoh berikut, saya akan mengupload file bernama websitedb-08-nov-2017.sql ke google drive.


neo@matrix:~$ gdrive upload websitedb-08-nov-2017.sql
Uploading websitedb-08-nov-2017.sql
Uploaded 1_TNUIgzxxxxkZBNchNlrrao2KqDdax753H at 44.8 KB/s, total 2.5 MB

Perintah Lain
Fitur Upload di gdrive hanya satu dari berbagi fungsi yang ada di gdrive. Fitur lainnya bisa anda baca di https://github.com/prasmussen/gdrive#usage atau ketikan perintah  gdrive help. Jika anda memahami shellscript dan Cron, anda bisa membuat tool sederhana yang bisa dipakai untuk melakukan penjadwalan backup Database /File dan menguploadnya secara otomatis ke Googlge drive.