Unifikasi Perangkat komputasi masa depan

Saat ini, perang smartphone semakin panas, terutama antara android dan iPhone. Bayangkan prosesor quadcore sekarang sudah tertanam di Smartphone. Memory smartphonepun sudah sama dengan Laptop dan PC yaitu 1GB. Apakah quadcore prosesor benar benar sudah di optimalkan untuk smartphone? Nyatanya tidak. Itulah mengapa sudah ada beberapa project yang menjadikan smartphone adalah Komputer masa depan. Kebanayakan proyek ini berhubungan dengan android karena sifat open source dari OS tersebut .

Project pertama yang meggunakan konsep ini adalah  Motorola Atrix yang mempunyai kemampuan menjadi laptop,Tablet dan laptop menjadi satu seperti Asus Transformer, Ubuntu For android yang mengubah smartphone menjadi PC atau TV Cerdas. Bahkan ada proyek dari OUYA untuk menjadikan Android menjadi konsole game seperti Wii atau XBox . Proyek terbaru dari datang dari Nexphone. Perushaan ini menawarkan Smartphone android yagn bisa dijadikan Tablet, PC, atau notebook. Proyek ini lebih mirip proyek Ubuntu for android dikawinkan dengan motorola Atrix. Agar saya tidak perlu menjelaskan lebih panjang lebar mari kita lihat video demonya masing masing.

Motorola Atrix

<

Asus Transformer

Ubuntu for Android

NexPhone

 

Kesimpulannya, dimasa depan, Smartphone, Tablet,PC, Laptop, TV dan Game Console akan menjadi satu device yang bisa anda bawa kemana kemana. Apa sebutan untuk device ini? Super Computer phone mungkin?

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!