Ubuntu For Android

Ubuntu dan Android adalah produk yang dibangun dari sumber yang sama (Linux). Perbedaannya jelas sekali kalau ubuntu di pakai di Desktop dan Notebook, Android di pakai di Smartphone dan tablet. Namun apa jadinya jika dua produk itu digabungkan? Luar biasa tentunya, saya menyebutnya sebagai Hybrid device.

Bagaimana menggabungkan dua produk ini? Tanam dua produk itu dalam satu hardware, Dimana dua duanya bejalan beriringan tanpa menghilangkan fungsi utama kedua produk tersebut. Ide ini sudah menjadi kenyataan dengan adanya proyek dari Ubuntu dengan nama “UBuntu for android”.

Canonical–perusahaan dibalik ubuntu– membuat proyek ambisius untuk membuat ubuntu bisa diisntall di android smartphone. Tentunya smarphone disini adalah smartphone highend dengan RAM yang besar dan Prosesor dual core  yang cukup untuk menjalankan ubuntu desktop.

Untuk memakainya, anda cukup men-dock-kan ubuntu  –dengan  kabel USB atau kabel HDMI — ke Layar Monitor yang dilengkapi Mouse dan Keyboard. Dengan Cara seperti ini, Anda tidak lagi memerlukan PC, cukup monitor , mouse , keyboard dan Smartphone anda. Bayangkan jika hal ini  terwujud maka Ruang kerja kantor dan lab komputer akan terlihat lebih ramping dan bersih karena sudah tidak ada kotak PC di Bawah meja. Dimana PC nya? sudah satu paket dengans Smarphone. Anda tetap bisa memakai Android anda sepert biasa (SMS, telepon) dan memakai program deskop dalam waktu bersamaan, hebatnya lagi ketika di dock ke TV maka interface Ubuntu berubah menjadi Smart TV layaknya  Google TV . Best of both world bukan?   Biar ga bingung gimana gambarannya  lihat deh gambar dibawah ini .

Kalau masih penasaran, lihat video demonya dimana ketika android di dock di PC dia berubah menjadi Ubuntu Desktop dan ketika di “Dock” ke TV maka otomatis interfacenya berubah jadi TV + Home entertainment. Cool Hah? hanya dengan sebuah smartphone bro!

Sebenarnya hal seperti ini bukan hal baru, karena sebelumnya sudah ada produk seperti ini dengan nama Motorola Atrix , namun motorola Atrix tetap menggunakan android saat di pakai sebagai komputer, kekurangannya jelas sekali, masih sedikit aplikasi android yang didesain untuk Kerja layaknya PC desktop.

Apakah konsep ini akan populer dan diterima dunia? kita tunggu saja!

Tinggalin komentar dong!