Trend Teknologi Mobile Web

mobileappex

Sekarang ini,website tidak hanya diakses dengan menggunakan browser di desktop, namun juga di akses di tablet ataupun smartphone. Sebagai developer, tentunya kita juga harus update dong, masa cuman buat website standar. Sudah saatnya kita membuat website versi mobile juga. “Ya gue tau, gue harus belajar wap?” hah! hari gini? WAP dah ketinggalan 10 tahun bro, sudah ga jaman. Trend sekarang adalah membuat website yang menyatu dengan smartphone. Website mobile seperti ini juga sering disebut dengan Mobile WebApp.

Mobile web bukan hanya sekedar mengecilkan ukuran layar dan meminimalisir teks, namun juga menyatukan tampilan web agar terasa aplikasi dimobile. Berikut ini contoh tampilan Mobile web app.

Contoh tampilan dari Mobile WebApp

Jika anda lihat tampilan diatas, anda akan mengira kalau itu aplikasi Mobile, iya ga? Mobile Web app adalah website yang dibuat seolah olah itu aplikasi mobile, kelebihannya apa seh? ya jelas, dengan sekali membuat Satu Mobile WebApp maka bisa diaskes oleh berbagai macam smartphone. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana saya bisa membuat website sebagus diatas? gunakan javascript library yang dedesain untuk mobile. Namun javascript libary ada puluhan, mana yang harus saya pelajari? Anda tidak perlu mempelajari semua, cukup satu namun konsisten. Berikut ini adalah chart trend  penggunaan javascript library di tahun 2011 yang saya dapat dari builtwith.com.

popularitas Javascript library untuk mengembangkan mobile webApp di tahun 2011

Dari pie chart diatas, ada 4 library yang paling menonjol. Ke empat library itu adalah JQTouch, jQuery Mobile, iUI dan sencha Touch.

jQTouch

website:http://www.jqtouch.com

jQTouch adalah library javascript (lebih tepatnya jQuery plugin) yang didesain untuk membuat tampilan dan animasi web untuk mobile. jQtouch bersifat free dan open source. Untuk mempelajari jQTouch cukup mudah mengingat ini adalah library jQuery. Untuk melihat demonya silahkan klik di sini

jQuery Mobile

website: http://jquerymobile.com

jQuery Mobile adalah proyek resmi dari jQuery untuk membuat Mobile WebApp. Library ini boleh dibilang versi mini dari jQuery UI. Kelebihan utama dari jQuery Mobile adalah dukungan yang sangat luas untuk smarphone bahkan feature phone.  Demo jQuery Mobile bisa anda lihat  di http://jquerymobile.com/demos/1.1.0-rc.1. Library ini sudah menerapkan konsep Responsive web design dimana layout akan menyesuikan dengan device yang mengakses tanpa harus membuat beberapa versi.

iUI

website: http://www.iui-js.org

Library ini sebenarnya sudah lama, namun saya baru tahu hari ini dan sekaligus kaget kalo ternyata library ini merupakan libary ketiga dilihat dari popularitasnya setelah jQtouch dan JQuery Mobile. Demo bisa anda dlihat di http://www.iui-js.org/demo.

Sencha Touch

website: http://www.sencha.com/products/touch.

Sencha Touch adalah framework javascript untuk mobile yang sangat kompleks dan canggih. Untuk mempelajari library ini juga membutuhkan waktu yang lama, hal ini dikarenakan untuk membangun interface dan pengolahan datanya menggunakan javascript murni. Berbeda dengan library lain dimana UI masih menggunakan html dan CSS. Sencha touch menjadikan javascript sebagai pondasi untuk segala hal yang dalam pengembangan, dari transfer data (JSONP), User interface sampai ajax.   Sencha Touch hadir dalam dua lisensi : open source dan Komersial. Demo bisa nda lihat di http://www.sencha.com/products/touch/demos.

Dari semua framework diatas, (saya menilai) jQuery mobile adalah yang paling mudah di implementasikan bagi pemula. Nah selamat membuat mobile WebApp dan seperti biasa Happy Coding!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Trend Teknologi Mobile Web”

  1. menarik bang infonya.
    sebenarnya saya pingin membuat webapp, tapi masih bingung untuk membuatnya,
    mungkin ada masukan apa saja yang harus saya kuasai agar bisa membut webapp.

Tinggalin komentar dong!