CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Tool Gratis Untuk Programmer PHP

Menjadi programmer PHP mempunyai banyak kemudahan, diantaranya kita bisa memprogram di sembarang OS dan di install di Sembarang OS yang mendukung PHP. Kemudahan yang lain adalah banyaknya tool gratis siap pakai sehingga kita tidak perlu membajak atau mencari crack dari software tertentu.

Artikel ini akan mmbahas  daftar tool gratis yang bisa anda pakai untuk pengembangan web berbasis PHP di wWindows. Tool terdiri dari AMP Stack, editor  dan tool bantu lainnya.

AMP Stack

Apache, MySQL dan PHP adalah tool yang yang saling berkaitan, Apache sebagai webserver,MySQL sebagai database server dan PHP sebagai bahasa pemrogramanya. Jika anda ingin membuat program dengan PHP, 3 sofware diatas harus diinstal.  Mengingat instalasi dan konfigurasi masing masing tool agak rumit, lbih baik kita memakai  bundle siap pakai dengan sekali install pilihan AMP stack diantaranya:

Appserv

App serv adalah AMP stack yang paling saya suka, hal ini karena ringan dan sederhana, File installernya pun kecil. Hal yang paling menarik dari Appserv adalah struktur direktori setelah insalasi sangat mudah dipahami, hanya ada empat  folder utama yaitu apache untuk konfigurasi dan file binary apache, MySQL , PHP berisi file binary php beserta konfigurasinya dan yang tarkhir adalah folder www.  Di Folder WWW inilah kita meletakan file cod  PHP yang kita buat. Appserv juga sudah menyertakan phpmyAdmin untuk kemudahan pengelolaan mySQL.

XAMPP

Xampp adalah bundle yang sangat lengkap untuk, namun file installernya besar. XAMPP bukan hanya mencakup Apache, MySQL, PHP saja namun juga dilengkapi dngan   Perl, mod_perl, mod_ssl, OpenSSL,  Webalizer, Mercury Mail Transport System for Win32 and NetWare Systems v3.32, Ming, FileZilla FTP Server, mcrypt, eAccelerator, SQLite, and WEB-DAV + mod_auth_mysql. lengkap banget kan? justru karena lterlalu kengkap ini saya tidak suka karena memberatkan system.

WappStack

WappStack adalah bundle dari perusahaan Bitnami. Perbedaannya dengan XAMPP atau Appserv adalah database yang digunakan. Wappstack menggunakan PostgreSQL dengan manajemen databasenya phpPgadmin, sangat cocok bagi anda yang ingin menggunakan database postgresSQL.

EDITOR/IDE

Setelah AMP stack, tool berikut nya adalah editor.  Sebenarnya anda bisa saja menggunakan notepad, namun sangat tidak disarankan. Untuk membuat program PHP disarankan anda menggunakan Program editor yang mendukung fitur penomoran baris, lipat kode (code folding), dan pewarnaan sintak (syntax highlighting) serta autocomplete.

Berberapa editor yang free adalah Aptana studio, Notepad++ dan intype. Aptana lebih tepat disebut sebagai IDE karena fiturnya sangat lengkap dan mendukung mode project.  Notepad++ terkenal karena sangat ringan dan mendukung plugin sedangkan intype adalah editor super ringan yang mendukung ataucomplete berbagai macam bahasa.

Tool Pelengkap

Hanya dengan menggunakan AMP Stack dan Editor saja sudah cukup, namun jika anda ingin  lebih mudah dalam pembuatan Website atau aplikasi web berbasis PHP, tool berikut ini saya rekomendasikan untuk diinstal juga.

 Colorcop

 Tool bantu untuk memilih mendapatkan code warna dari sembarang warna di layar, cocok jika anda adalah programer single fighter, jadi programmer sekaligus desainernya :D.

mySQL Workbench

Tool bantu untuk merancang database MySQL.

Pencil

Tool untuk merancang user interface (mockup) sehingga anda lebih mudah dalam membuat sketsa interface. Sangat  bermanfaat untuk memberi gambaran yang lebih real kepada client tentang gambaran interface yang nantinya akan dibuat.  Bisa juga digunakan untuk menyamakan persepsi antar anggota dalam sebuah tim pengembang.

Filezilla client

FTP client yang sangat mempermudah anda mengupload aplikasi PHP anda ke server webhosting.

Penutup

Jika anda pemula di PHP cukup install  Appserv dan Notepad++ , namun jika anda adalah programmer PHP profesional, install aja semuanya  agar hidup anda lebih mudah dan lebih menyenangkan saat bekerja :D.