Tool dan Layanan Google untuk Developer

Apa yang pertama kali terpintas di pikiran anda saat orang mengatakan Google? Saya yakin lebih dari 90 persen dari anda akan menyebut “Mesin pencari” dan sisanya mungkin akan menyebut salah satu perusahaan IT di dunia. Jika pertanyaan ini dilanjutkan? Layanan apa yang dimiliki Google? saya yakin akan kembali ke Layanan pencarian, sebagian lain mungkin akan menjawab Google Maps, Gmail atau Google+.

Kali ini, kita akan melihat Google dari sudut pandang yang berbeda, dari sudut programmer dan developer, terutama developer Web dan mobile. Google bukan hanya mesin pencari,namun salah satu Perusahaan Software terbesar di dunia, sepadan dengan Microsoft atau Apple. Ingin melihat tool dan layanan apa yang disediakan Google untuk para developer? baca terus aja ya !

Google mempunyai banyak tool dan layanan  yang bisa saya kelompokan menjadi :

  1. Bahasa pemrograman
  2. Protokol
  3.  Format File
  4. SDK dan  Framework
  5. Google API
  6. Tool Programming

Bahasa pemrograman

Google mempunyai 2 bahasa pemrograman  yaitu Go dan Dart.

GO

 Go adalah bahasa pemrograman yang expressive, concise, clean, and efficient. Go belum di implementasikan secara Luas, implementasi Go saat ini baru didukung di Google Appengine. Ingin belajar lebih tentang Go, klik aja http://golang.org/.

Dart

bahasa kedua yang diciptakan oleh Google adalah Dart. Bahasa ini dibuat oleh google untuk menghilangkan kekurangan di bahasa javascript. Intinya  Google membuat bahasa ini agar para developer web  beralih dari Javascript ke Dart. Sampai saat ini, hanya Google Chrome yang mendukung ekeskusi bahasa Dart.  Ingin tahu lebih lanjut klik aja http://www.dartlang.org/.

Protokol

Selain mempunyai bahasa pemrograman, Google juga menciptakan beberapa protokol buatannya sendiri, diantaranya adalah sbb:

SPDY

Spdy adalah protokol yang diusulkan oleh google untuk menggantikan /menghilangakn kekurangan protokol http. Google memang cukup ambisius untuk menguasai internet,saat ini hanya browser Chrome yang mendukung protokol ini. pelajari protokol ini di http://www.chromium.org/spdy/spdy-whitepaper.

Google wave Protocol

Google wave sering disebut produk gagal oleh berbagai blogger dan media .saya sendiri menyebut google wave adalah teknologi yang melebihi zaman, mungkin karena terlalu canggih dimana teknologi ini menggabungkan konsep social network, kolaborasi, chat, pesan instan dan forum menjadi satu bentuk). namun protokol dibalik komunikasi  realtime ini terus dikembangkan dan saat ini di jadikan protokol open source.  Pelajari selengkapnya di http://www.waveprotocol.org.

Format File

Dua format file yang paling populer di internet adalah JPEG untuk gambar dan mp4 untuk video, Google berambisi mengganti dua format tadi dengan WebP dan WebM.

WebP

WebP adalah format gambar yang dirancang Google untuk menggantikan format jpg. Google beralasan Format WebP mempunyai ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas gambar yang sama dengan jpg. klik di http://code.google.com/speed/webp/ untuk mempelajari lebih lanjut. format Gambar webP adalah namagambar.webp.

WebM

Jika WebP digunakan untuk format gambar, maka WebM adalah format  untuk  Video. Google ingin menggantikan format mp4 yang tidak open source dengan format webM yang gratis dan open source serta mempunyai ukuran yang lebih kecil. Jika anda suka mendownload video di youtube dengan plugin Video helper di Firefox, anda akan melihat pilihan untukformat video webm. Untuk memutar di lokal, anda bisa menggunakan VLC player. website resmi webM ada di http://code.google.com/p/webm/.

SDK dan Framework

Google juga menyediakan beberapa SDK dan framework untuk developer. SDK yang paling populer adalah Android SDK untuk membuat aplikasi mobile di Android. Selain android, ada juga Appengine SDK untuk membuat aplikasi yang berjalan di server cloud Google . SDK Appengine mendukung bahasa Java, Python dan Go.

Untuk Framework sendiri, Google mempunyai GWT (Google Web Toolkit) framework. Framework ini digunakan oleh developer web untuk membuat aplikasi web yang modern. Jika anda menggunakan orkut.com, GMail atau Interface Google Analytic, semua itu dibangun dengan GWT. GWT sendiri menggunakan bahasa java untuk membuat interface web dimana kode java tersebut akan di konversi ke javascript.

Google API

Google API adalah sekumpulan API dari Google untuk programmer pihak ketiga yang ingin memanfaatkan  atau mengintegrasikan layanan Google kedalam aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga tersebut. Google API yang paling populer adalah Google Map API. Dengan Maps API, kita bisa membuat aplikasi web atau mobile yang terintegrasi dengan Google maps. Dua layanan populer yang memanfaatkan Google maps API adalah Wikimapia dan Foursquare.

Karena banyaknya API yang disediakan oleh Google, sampai sampai Google membuat tabel periodic seperti tabel periodic unsur kimia yang bisa diakses di http://code.google.com/more/table/.

Tool Programming

Jangan dikira itu sudah semua, anda salah besar,  Google masih punya beberapa tool tambahan diantaranya Java developer Tool, Closure tool untuk mengkompreasi javascript , Swiffy untuk mengkonversi file flash ke HTML5  dan beberapa tool lain yang tidak saya bahas mengingat banyaknya tool dan layanan dari Google untuk developer. Pertanyaannya? Tool , layananan  danAPI apa yang anda pakai? Hah! ga ada? sudah saatnya membuka mata dan memanfaatkan Google platform, mengingat era saat ini adalah era Cloud,Social dan Mobile.  Jika anda ingin mendapatkan info dan tutorial tentang Goolge patform maka titik awal yang bagus adalah https://developers.google.com. Happy Coding!

Tinggalin komentar dong!