CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Tips Hemat Baterai Android

Android penuh dengan fitur — semua orang sudah tahu.  Apa resiko dari gadget yang penuh dengan fitur? Boros Baterai adalah resikonya.  Di posting kali ini, saya akan menjelaskan tips agar Gadget android anda lebih hemat baterai. tips ini bisa anda pakai jika versi android anda 2.2 , namun jika versi anda berbeda, menunya ga jauh beda kok. Cekidot Gan!

Mematikan Bluetooth & Wifi

Untuk mematikan dua fitur ini, cukup geser notification bar, dan tap (sentuh) di icon wifi dan bluetooth. Hidupkan fitur tersebut seperlunya.

Matikan GPS

GPS adalah salah satu fitur andalan di Android, dengan GPS kita bisa tahu lokasi kita saat ini di Maps, selain itu Google search juga (bisa) memanfaatkan GPS saat menampilkan hasil pencarian, sehingga hasil pencarian sesuai dengan lokasi anda saat ini, misal anda mencari Hotel dan posisi anda di Yogyakarta, maka hotel yang pertama muncul adalah hotel hotel di Yogyakarta . Beberapa aplikasi juga memanfaatkan GPS seperti Google Place, Maps dan Foursquare. Namun jika anda jarang memakai fitur diatas, matikan saja fitur ini, atau hidupkan seperlunya, caranya cukup masuk ke  Setting -> Location & Privacy, Buang centang di Use wireless Network, use GPS Satellite dan use assisted GPS seperti gambar diatas.

Display

Atur ulang layar android anda dengan cara masuk ke  ke Setting -> Display dan aturlah Brightness sesuai kebutuhan (misal 50%) , animasi set ke “No animation..” dan screen timeout ke “1 Minute”, dengan seperti ini, Layar akan membutuhkan daya baterai yang lebih kecil.

Disable 3G Network/HSDPA

Matikan 3G data network (Mobile Network) akan menghemat baterai anda, masuk ke Setting ->Wireless & Network setting.  Kalau mau lebih hemat lagi , masuk ke menu Mobile Network Settings dan pilih “Use only 2G network

Disable Background Data & AutoSync

Android adalah OS yang multitasking dan network based, maksudnya banyak sekali fitur jaringan (service) yang berjalan di belakang layar, Fitur ini dipakai oleh Android Market dan aplikasi yang membutuhkan koneksi terus menerus walaupun aplikasi tidak berjalan seperti GMail atau foursquare. Catatan penting disini, setiap aplikasi yang membutuhkan fitur ini tentunya akan gagal jika dijalankan, namun untungnya, jika suatu aplikasi butuh fitur ini, dia akan menyuruh anda mengenablenya terlebih dahulu .

Disable Background App

Selain Background data & Autosync, hal terakhir yang harus anda matikan adalah Aplikasi yang berjalan di background. Hal ini juga yang membikin saya heran, karena sebagian besar aplikasi Android tidak ada menu Exit. Ketika kita membuka aplikasi dan kita pindah ke Home Screen, aplikasi tetap berjalan dibelakang layar. Untuk mematikan aplikasi ini, anda perlu software tambahan bernama Advanced task killer yang bisa anda download gratis di Android Market.

Aplikasi ini akan berjalan di belakang layar dan anda bisa mengaksesnya lewat “Notification bar” dan pilih “Open advanced task Killer”. Pilih aplikasi yang ingin anda matikan dan klik “Kill Selected App“.

Jika anda mengikuti tips diatas, insyaAllah  Android anda akan lebih Hemat baterai dan anda tidak perlu harus sering sering nge-charge baterai Android kamu.  Selamat mencoba!