Tip Menulis Artikel Berkualitas

Di internet, ada jutaan artikel yang di publikasikan oleh Website berita, Akademisi atau hanya tulisan seorang blogger. Membuat tulisan berkualitas memang perkara yang tidak gampang, namun juga tidak sulit jika kita mau menekuninya. Artikel ini akan membahas tip cara menulis artikel berkualitas dilihat dari sisi content, format penulisan dan teknologi. Namun, sebelum membahas 3 hal tersebut, kita harus sepakat dulu, apa dan bagaimana  sebuah artikel di sebut berkualitas.

Ciri Ciri artikel berkualitas

  1. Isinya orisinil, bukan copas!
  2. Isinya mudah dipahami bahkan oleh pembaca awam sekalipun, dengan kata lain, bahasanya mudah dicerna.
  3. ditulis dalam format yang rapi yang mengikuti kaidah bahasa.
  4. Judul sesuai dengan isi
  5. Muncul dihalaman pertama pencarian Google.
  6. Isi tulisan dilengkapi dengan data dan fakta, termasuk referensi jika artikel tersebut artikel ilmiah.

Tips menulis artikel dari sisi content

  1. Artikel asli tulisan sendiri, jika terjemahan maka disertakan sumbernya secara jelas dan diterjemahkan secara manual, bukan dengan Google translate atau tool sejenis.
  2. Tulisan tersusun dari pembuka, isi dan penutup. Ingat, hanya karena saya bilang ada pembuka isi dan penutup bukan berarti harus “persis” di tulis secara literal di tulisan. Manfaat dari format ini agar pembaca tahu  alasan dan  tujuan dari sebuah artikel. Artinya tanpa membaca penuh pun, pembaca langsung tahu gambaran isi dari artikel.
  3. Artikel ditulis dengan bahasa indonesia. Saya sengaja meletakan point ini. Kebanyakan Blogger menulis artikel kopas, translate atau artikel original buatan dia sendiri, namun menggunakan bahasa inggris. Apalagi sebagian artikel ditulis sekenanya bahkan sebagian mengunakan google translate (JUST DON’T DO THIS!)
  4. Tulislah artikel sesuai dengan bidang yang digeluti. Ini sangat penting terutama untuk tulisan ilmiah, tutorial dan artikel pemrograman. Jika anda seorang programer, anda tidak perlu menulis artikel tentang khasiat obat X, masalah obat biar ditulis oleh dokter.
  5. Sertakan gambar, video, URL referensi atau Footnote jika dirasa perlu.
  6. STOP MENULIS BERITA DI BLOG, APALAGI BERITA KOPAS DARI DETIK.COM atau situs berita lainnya. Berita hanya hangat dibaca paling lama beberapa hari, selain itu, sudah ada ratusan blo g yang menulis /kopas artikel berita yang sama, jadi apa nilai artikel kita klo begitu?  Lebih baik anda menulis artikel opini anda sendiri tentang sebuah berita, ini lebih berkualitas dan dijamin keaslian nya.

Tips Menulis dari sisi Format

  1. Perhatikan spelling dan grammar, perhatikan juga salah ketik karena semakin banyak  kesalahan penulisan, makin menunjukan kalau anda tidak profesional, di satu sisi anda terlihat buru buru dalam menulis.
  2. Gunakan Huruf dengan ukuran 12px keatas, gunakan font yang mudah dibaca dan format paragraph minimal spasi 1.5.
  3. Selalu garis miring istilah asing dan berikan teks tebal jika itu ada kata (istilah) yang pertama kali muncul.
  4. Proofreading, baca kembali artikel sebelum di publish. Walaupun tidak ada kesalahan pengetikan, saat dibaca biasanya kita dapati kalimat yang tidak efektif. Hapus semua kalimat yang tidak efektif dan ganti dengan kalimat yang sederhana.
  5. Berikan link tambahan ke topik yang kita bahas. Tujuan utamanya agar pembaca bisa memahami topik lebih dalam.

Tips menulis dari sisi teknologi

  1. Gunakan plugin seperti Google Code prettify atau Syntax Higlighter jika tulisan anda berisi code pemrograman.
  2. Sediakan link ke jejaring social, email dan print agar pembaca leluasa menikmati tulisan kita dalam format yang nyaman bagi pembaca tersebut.
  3. Aktifkan komentar di artikel, Komentar membuat komunikasi dua arah , biasanya pembaca akan menanyakan bagian tulisan yang tidak jelas atau justru mengkritik tulisan kita, semuanya bagus untuk penulis agar tulisan selanjutnya menjadi lebih baik.
  4. Gunakan JQuery Plugin Seperti FancyBox untuk artikel yang menampilkan gambar sebagai media utamanya. Tujuannya agar pembaca lebih detail melihat gambar. FancyBox juga cocok untuk artikel fotograpi.
  5. Gunakan judul yang mudah dipahami baik oleh Mesin pencari atau oleh user.
  6. Kelompokan artikel kedalam kategori yang sesuai.

Perhatikan semua tips yang ada, saya sengaja meletakan point SEO di nomor terakhir, kenapa? karena tulisan anda bisa bermanfaat jika dibaca oleh manusia, bukan oleh mesin. Jika anda hanya fokus ke SEO dan berbagai tekniknya namun kehilangan esensi tulisan, apa manfaatnya? Yang ada, user memang membuka artikel anda karena muncul dihalaman pertama Google, namun lambat laun, mereka akan pergi dan tidak balik lagi karena artikel anda tidak berkualitas.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Tip Menulis Artikel Berkualitas”

  1. Wah artikelnya bagus dan bermanfaat mas, saya banyak belajar nich…thank ya
    ranking saya pernah sampai di Global 400.000 dan Indonesia 5000 mental gara2 terlalu banyak otak-atik…mau balik lagi susah

Tinggalin komentar dong!