Teknologi Web dibalik Candra.web.id

Google analytics mampu menampilkan informasi pengujung web secara realtime

Teknologi web adalah teknologi yang paling cepat berkembang jika  dibandingkan dengant teknologi lain . Dalam artikel ini, saya akan membuka teknologi web dibalik candra.web.id. Bagi web developer veteran, mengetahui teknologi dibalik sebuah website adalah perkara gampang; namun bagi developer pemula tentunya tidak mudah melihat teknologi apa yang dipakai oleh sebuah web. Teknologi web yang dipakai di candra.web.id semuanya menggunakan komponen free dan open source. Artinya anda bisa menambahkan fitur yang saya pakai kewebsite anda tanpa biaya. Untuk itulah, maka setiap item yang ada akan saya sertakan alamat websitenya.  Karena teknologi web cukup banyak,maka saya hanya membahas komponen yang penting penting saja.

CMS WordPress

website: http://wordpress.org

WordPress awalnya hanya platform  untuk membuat blog; namun semakin populernya platform ini membuat pengunaannya   tidak hanya sebatas blog, Website besar seperti  CNN, The new york time, Forbes, router dan ebay pun memakainya. Beberapa website populer di indonesi juga  menggunakan wordpress contohnya adalah slemankab.go.id, gizi.depkes.go.id dan semua blog dibawah layanan blogdetik juga menggunakan wordpress. Untuk memakai wordpress ada dua cara, yang pertama  tinggal buat akun di wordpress.com. Cara kedua  install wordpress di webhosting anda sendiri. Website ini menggunakan cara kedua, jadi jika blog /website anda beralamat di wordpress.com (misal:foobar.wordpress.com) maka anda tidak bisa menggunakan teknologi dan komponen yang saya jelaskan disini.

WordPress Jetpack

website: http://wordpress.org/plugins/jetpack

Mengelola website atau blog punya banyak tantangan dan kebutuhan, salah satunya adalah Komentar spam, statistik website, share button dan kebutuhan lainnya. Installah wordpress Jetpack jika anda ingin nyaman dalam memakai CMS wordpress. Jetpack berisi Plugin unggulan yang dibuat resmi oleh wordpress. Dua fitur utama adalah melihat statistik pengunjung dan memblokir spam. Jetpack Gratis , sangat disayangkan jika anda tidak menginstallnya.

Thema  Twenty Thirteen

website:http://wordpress.org/themes/twentythirteen

Masih tentang wordpress, untuk tampilan website ini menggunakan thema ‘Tweenty Thirteen’. Saya suka sekali dengan thema ini karena ‘simple is beautiful’. Thema satu kolom ini benar benar pas untuk sebuah website yang mengajarkantutorial, berita atau kontent tulisan yang bersifat deskriptif. Saya termasuk orang yang suka dengan konsep minimalis desain.

layout website ini cukup sederhana, hanya Header, menubar dan content ; sisanya ada dibawah.  Saya yakin anda masuk ke website ini untuk membaca artikel atau tutorial yang anda butuhkan; Anda datang kesini bukan untuk melihat iklan bukan? Saya yakin anda tidak suka dengan popup landing page yang memaksa untuk melike fanpage atau follow tweet.  Saya juga paling tidak suka dengan metode login atau masukan email untuk mendownload. Oleh karena saya ingin semuanya serba simple. Anda bisa membaca artikel ini dengan nyaman baik di browser, tablet atau smartphone tanpa gangguan  menu yang terlalu banyak, kalau sudah selesai  membaca, Tutup website. SIMPLE ITU KUNCINYA.

Disini saya juga mengajak blogger lain untuk membuat layout yang simple, tanpa popup, iklan yang memenuhi halaman dan tanpa harus memaksa user melike fanpage saat download atau saat mau membaca artikel. Saya tidak anti iklan, saya cuma tidak suka dengan iklan yang menganggu apalagi sampai memenuhi halaman. Saya yakin anda sependapat denga saya bukan? Nah itulah alasan saya memakai Layout 1 kolom. Membuat candra.web.id dalam format  1 kolom adalah keputusan  terbaik yang saya ambil.

 Plugin Print dan save as PDF

website: http://wordpress.org/plugins/printfriendly

Saya yakin sebagian pembaca mengakses website dari kampus atau sekolah. Kadang, kita ingin menyimpan artikel yang menarik dan membacanya secara offline. Saya juga tidak jauh berbeda dengan anda, oleh karenanya saya memberikan fasilitas cetak atau save sebagai PDF dibagian bawah artikel. Silahkan anda simpan artikel yang menurut anda bermanfaatkan dan sebarkan. Komponen yang saya pakai bernama PrintFriendly.

Syntax Higlight evolved: Copas Code!

website: http://wordpress.org/plugins/syntaxhighlighter

Sebagian besar artikel disini berisi tutorial pemrograman. Namanya juga tutorial pemrograman pastinya banyak kode yang saya lampirkan di artikel. Agar pembaca mudah melihat dan mengopi paste code, saya menggunakan syntax hihglight evolved, plugin untuk memberi warna pada kode dan memudahkan copas kode. Santai aja bro, semua kode disini free, anda boleh memakai kode ini disembarang program yang anda buat, mau tugas kampus, skripsi, atau mau buat proyek sotware komersial juga tidak masalah. Sekali lagi bro, FREE! FREE! FREE!. Saya tidak ingin dipersulit, maka saya juga tidak ingin mempersulit anda, silahkan copas copas copas!

Disqus

website: disqus.com

Sejak jejaring social menguasai internet, kita disibukan dengan mengingat username dan password untuk login. TIdak jauh beda dengan wordpress yang meminta memasukan nama, email dan website– tiga hal standar dalam sebuah komentar. Saya termasuk orang yang malas kalau sistem komentarnya ribet, mending tidak usah komentar. Nah itulah kenapa saya pasang disqus di website ini.  disqus membolehkan kita komentar anonim, atau komentar dengan login Facebook,twitter atau Google+. BEBAS, sekali lagi BEBAS!  inti nya orang komentar adalah diskusi betul? Bukan malah disibukan dengan email dan password, sekali lagi betul?

Artikel terkait

website:  http://wordpress.org/plugins/seo-alrp

Saya ingin semua pengunjung bisa nyaman dalam membaca, namun sebagian pasti ingin membaca artikel yang masih berkaitan, misalkan anda membaca artikel membuat laporan berbasis PDf, nah saya yakin anda juga tertarik dengan artikel membuat halaman print preview dengan php atau membuat laporan excel dengan PHP. Nah, artikel terkait ini akan muncul secara dinamis dihalaman bawah artikel; anda tertarik, silahkan baca, jika tidak tertarik ga masalah, cukup tutup website ini. Ingat guys, waktu itu mahal, manfaatkan waktu dengan baik diwebsite ini. plugin ini  bernama seo-alrp yang merupakan kependekan dari SEO Autolink and related post. plugin ini dibuat oleh poer, kalau saya lihat orangnya sepertinya ini orang indonesia.

Info Penulis

website: http://wordpress.org/plugins/wp-biographia

Anda ingin melihat tampang penulis blog ini dan biodata singkatnya? lihat bagian bawah artikel. Nah itu saya :D. Jika anda mempunyai blog wordpress dan ingin menampilkan info penulis, cukup pake plugin WP-Biographia. Info penulis ini juga bisa kita gunakan untuk personal branding di internet. Wp-Biographia akan sangat bermanfaat untuk blog yang berisi banyak penulis. Jika anda perhatikan artikel luar negeri, hampir sebagian besar anda menemukan info penulis dibagian bawah artikel bukan? Yup, bangun personal branding anda sekarang !

Google Analytics

website:http://www.google.com/analytics

Google analytics mampu menampilkan informasi pengujung web secara realtime
Google analytics mampu menampilkan informasi pengujung web secara realtime

Google analytics dipakai  untuk menganalisa darimana user datang, memakai browser apa, artikel apa yang paling sering dibaca  dan paramater lainnya tentang penujung website . Google analytics dipakai hampir disebagian besar website,  Hal yang manarik dari Google analytics adalah kemampuan realtimenya. Anda bisa melihat secara realtime darimana user berkunjung dan artikel apa yang sedang dibaca saat ini. Saya sendiri sangat senang dan terhibur ketika melihat ramainya website ini dkunjungi.

Sekian dulu,  itulah teknologi dibalik candra.web.id, semoga info ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan selamat belajar!.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!