CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Sumber belajar HTML5

Trend Web programming semakin hari makin meningkat, hal ini ditambah dengan banyaknya materi dan teknologi berbasis web yang terus berkembang, dari XML, JSON, SVG, RestFul, Web API dan yang sekarang sedang hot yaitu HTML5. HTML5 adalah evolusi dari HTML4. Banyak hal yang membuat html 5 Istimewa, diantaranya adalah sbb:

  1.  Dukungan terhadap Canvas (anda bisa menjadikan browser anda melakukan editing gambar).
  2. Dukungan native terhadap format video dan audio . Dengan HTML5 anda tidak perlu plugin untuk melihat / mendengar audio/video di web
  3. Dukungan terhadap type input baru seperti tanggal, angka,email ,warna dan tipe lainnya
  4. Dukungan terhadap GeoLocation
  5. Dukungan fitur Drag and drop layaknya di desktop.
  6. dan masih banyak lagi!

Karena teknologi ini masih baru, tentunya cukup susah mencari sumber belajar yang tepat, terutama untuk pemula. Nah disini saya akan memberikan daftar website untuk mendalami ilmu html5, tapi ingat ya gan!, semuanya website luar, jadi agan agan juga harus belajar bahasa inggris :).

W3schools.com

Website ini menyediakan panduan berupa teori singkat dan contoh masing masing pembahasan.  Artinya  panduan disini bersifat interaktif. Di sana sudah disediakan contoh contoh yang tinggal “Edit dan Click” untuk melihat hasilnya. Jadi sambil browsing , tanpa sadar anda langsung belajar :).

HTML5ROCK.COM

Website ini adalah website yang berisi sumber belajar ,slide dan panduan tentang HTMl5 yang disponsori oleh Google. Memang Google getol banget mempopulerkan HTML5. Pengisi materi dan tutorial disini umumnya adalah developer Google termasuk juga developer Google Chrome. Pembahasan cukup lengkap dan sangat aktif di update.

 

HTML5 Center

Berbeda dengan dua website sebelumnya, HTML5 Center lebih banyak berisi artikel tentang HTML5 dan tutorial yang tersebar. HTML5 Center merupakan kerjasama situs Sourceforge.net dan Microsoft. Kadang saya merasa aneh ketika situs proyek open source bekerja sama dengan “Musuh” utamanya dulu. Tapi Sepertinya microsoft sudah mau bekerja sama dengan Open source ketimbang dulu.

 

Mozilla Developer Network – HTML5

Situs belajar HTML5 dari Mozilla. Disini terdapat banyak sekali tutorial, selain itu, Mozilla juga menyediakan Demo tentang kekuatan HTML5 di https://developer.mozilla.org/id/demos/.

Empat Website diatas sangat cukup untuk belajar HTML5 Mengingat website diatas didukung oleh Perusahaan yang bergerak di Web. Namun satu masalahnya ada pada browser. Apakah browser kita sudah mendukung HTML5, jika sudah fitur apa yang didukung? nah anda cukup masuk ke HTML5TEST.com.  Cukup kunjungi website tersebut dan secara otomatis browser anda akan di nilai kemampuan HTML5, Semakin tinggi nilainya, semakin bagus browser anda. Sejauh ini, Browser yang dukungannya paling tinggi adalah Google Chrome.

Selamat belajar HTML5!!!