Struktur Hasil Pencarian Google

googlestruktur

Hasil pencarian Google biasanya terdiri dari 3 baian utama yaitu Judul halaman, link dan snippet alias potongan artikel. Namun, secara bertahap Google dan mesin pencari lain berusaha meningkatkan kualitas output pencariannya dengan cara mengajak pemilik web untuk memformat struktur artikelnya dengan schema tertentu.

Sebelum membaca lebih jauh, artikel ini ditujukan untuk para webmaster dan developer tentang bagaimana membuat websitenya terindek Google dengan benar dan menampilkan informasi “rich snippet” yang memberikan nilai tambah bagi user.  Rich snippet atau struktur ada adalah aturan atau pola penyusunan format data sehingga bisa ditampilkan dengan cantik dan benar di Google. Sejauh ini, ada puluhan rich snippet, namun di artikel ini saya hanya bahas yang paling populer saja.

Struktur hasil pencarian Google

Gambar berikut ini adalah contoh contoh dari struktur data /rich snippet dari hasil pencarian Google.

googlestruktur

Untuk masing masing nomor, penjelasannya adalah sebagai berikut

  1. Author Link, menampilkan informasi dan foto dari si penulis artikel
  2. Aplikasi , menampilkan rating, review dan harga dari sebuah aplikasi
  3. Event, menampilkan tanggal, nama acara dan lokasi acara
  4. Music, menampilkan nama lagu, durasi dan nama albumnya
  5. Person, menampilkan lokasi dari person tersebut dan pekerjaannya , dipakai oleh linkedin.
  6. Produk, sangat cocok untuk website ecommerce, menampilkan rating produk dan harganya.
  7. Resep masakan, sangat cocok untuk website masak menggunakan struktur ini
  8. menampilkan rating lokasi atau object wisata. dipakai oleh tripadvisor dan berbagai layananan wisata.
  9. Film, menampilkan Rating film dan link tambahan dibawah snippet.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bisakah kita membuat website yang kalau dicari di Google hasilnya seperti diatas? Bisa dan Google memang merekomendasikan demikian. Yang lebih menarik,  struktur data ini juga dipakai oleh bing dan Yahoo search.

Cara termudah agar website anda juga bisa tampil seperti diatas adalah dengan memanfaatkan CMS yang sudah menerapkan Rich snipet. Jika webnya buat sendiri bagaimana? Suruh webmaster atau developernya membuat output yang bisa ditampilkan menjadi “rich snippet ” di Google.

Nah jika anda developernya dan anda tidak tahu caranya, silahkan baca referensinya di schema.org. Jika masih bingung, cara termudah adalah memanfaatkan Google webmaster.

Google webmaster Tool

Google mempunyai dua tool yang memudahkan kita menulis artikel atau content dengan susunan yang “Search engine friendly”. Tool tersebut adalah  struktur data Marker Helper  dan   Struktur data Testing tool.

Tool pertama dipakai untuk Membantu anda membuat “rich snippet secara interaktif” .   Tool kedua dipakai untuk mengetes apakah halaman web yang anda buat mengandung “rich snippet” dan Google berhasil menampilkannya dengan benar.

Berikut ini adalah tampilan dari tool pertama

Screenshot_1

 

 

Anda harus mentag artikel atau tulisan yang anda buat sesuai struktur yang anda harapkan. Contoh disini saya akan mentag produk baju, struktur datanya nanti akan muncul disamping kanan. Jika sudah selesai klik “create HTML”.

Screenshot_2

 

Screenshoot diatas adalah Format Markup yang benar dari data baju tadi. Google menjanjikan jika anda menggunakan format ini, maka rich snippet dari produk anda akan muncul di Google.

 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Struktur Hasil Pencarian Google”

  1. Keren banget, ini yang saya cari, cuman masih bingung nih, kalo uda gitu, cara pasang di web kita nya giman dong. mohon pencerahannya, masih buta,,, hehehe, saya pakai wordpress berbayar

Tinggalin komentar dong!