Statistik Mobile OS 2013

Peta Mobile OS didunia per juli 2013

Sebagai seorang programer  mobile Android, mengetahui pasar Mobile dan Browser adalah hal wajib. Saat ini OS apa sih yang paling banyak dipakai? Dinegara mana Android berjaya?  masih banyak pertanyaan sejenis yang masih  berhubungan dengan hal ini. Intinya, dengan melihat kondisi lapangan, kita bisa mempertimbangkan pasar mobile OS yang paling potensial. Statistik ini juga bisa dipakai oleh calon programer untuk menentukan Mau fokus dimana? Android Atau iOS? kalau misal saya fokus di Windows phone, pasarnya ada atau ga? Dan seterusnya.

Dalam pembahasan kali ini, saya akan membagi menjadi 2 bagian, yaitu statistik di indonesia dan dunia. Format Graphicnya ada 3 macam yaitu Peta, Bar dan Line. Saya hanya akan  menampilkan informasi yang  relevan dan menarik. Jika anda tertarik untuk melihat statistik secara detail, lihat referensinya dibagian bawah artikel ini.

Peta Mobile OS

Peta Mobile OS didunia per juli 2013
Peta Mobile OS didunia, data diambil antara bulan mei – juli 2013

Perhatikan peta diatas, Android saat ini sudah menguasai dunia, termasuk di Indonesia. Sementar diurutan kedua adalah IOS. Blackberry dan Windowsphone tidak terlihat karena pasarnya kecil, hanya sekitar 1 persen. Sementar itu Blackbery masih cukup populer di afrika selatan. Anehnya di Canada sendiri sudah dikuasai oleh iOS. Dari sini saja sudah tampak prospek menjadi programer Android dan iOS sangat menjanjikan karena asarnya yang besar. Satu lagi hal yang menarik adalah Feature phone nokia (seperti nokia Asha) yang menggunakan Series 40 justru cukup populer di asia selatan, afrika dan Finlandia.

Grafik  Top Mobile OS  di Dunia

StatCounter-mobile_os-ww-yearly-2008-2013
statistik mobile os dunia  dari 2008-2013

Lihat grafik diatas? Di tahun 2008, android belum punya pangsa pasar. Namun secara bertahap pengguna android terus naik sampai mendekati 40% di tahun ini. Sementara itu pasar blackberry mengalami puncaknya ditahun 2010, namun sejak itu, pasarnya terus turun, saat ini pasar blackberry hanya dibawah 10%. Pasar yang paling tergerus justru pasarnya symbian.  Walaupun demikian, pasar series 40 justru masih besar di indonesia. Kita lihat statistiknya dibawah ini.

Grafik  Mobile OS di Indonesia

Dua grafik diatas menggambarkan kondisi Mobile OS didunia, terus bagaimana dengan kondisi Mobil OS di Indonesia? cek grafik dibawah ini

StatCounter-mobile_os-ID-monthly-200812-201307

perhatikan grafik diatas! Tampak Android menguasai pasar bersama dengan Series 40 (seri Nokia asha). Sementara platform symbian terus menerus mengalami penuruan. Di tahun 2009, Symbian masih rajanya handphone di indonesia, namun di tahun 2013 ini, Pasarnya kurang dari 20%. Bagaimana dengan blackberry? Walaupun sempat mengalami puncak kejayaan di tahun 2010, namun sekarang pasar Blackberry  dibawah 10% di indonesia. Satu hal lagi yang penting dari graphic diatas, walaupun secara global iOS merupakan mobile OS terbesar kedua dunia, namun di indonesia, pasar iOS sangat kecil, bahkan jauh lebih kecil dari pasar Symbian.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menjadi programer Android adalah keputusan yang benar yang telah saya ambil sejak 3 tahun yang lalu. Jika anda sekarang ingin mendalami mobile Programming, Android merupakan pilihan yang tepat. Akhirnya, saya  bisa mengucap syukur Alhamdulillah bisa menjadi Programer android dan ternyata saya tidak salah pilih. Bagaimana dengan anda?

Referensi:  statcounter.com.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Statistik Mobile OS 2013”

Tinggalin komentar dong!