SSH server berbasis Web Menggunakan Webshell

Sebagai seorang administrator jaringan, tentunya akses remote ke server adalah hal yang menjadi bagian dari tugas sehari-hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakses secara remote, salah satu yang paling populer adalah menggunakan SSH. Untuk mengakses SSH, umumnya membutuhkan aplikasi yang di install di  client, kalau anda memakai  linux anda bisa menggunakan  ssh client di konsole sedangkan jika anda di Windows maka umumnya akan memakai tool ssh client seperti puTTY.

Bagaimana kalau ssh client dan PuTTY tidak tersedia?  bagaimana kalau anda saat ini sedang di jalan dan ingin mengakses server? Webshell adalah solusinya. Webshell adalah server ssh yang dibangun dengan python dan bisa diakses di sembarang browser, termasuk  di smartphone android atau Iphone. Webshell sendiri adalah proyek open souce sehingga anda tinggal download tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Langkah langkah instalasi dan konfigurasinya adalah sebagai berikut:

Pastikan server Linux /Unix tersedia Python serta python-openssl jika anda mamemakai ubuntu , install dua sofware diatas dengan cara

sudo apt-get instal pyhton python-openssl

Download file webshell -x.y-z.zip di http://code.google.com/p/web-shell

lalu ekstrak  file tadi ke folder /var/www/ atau didirektori lain terserah anda.kemudian pindah ke direktori tersebut.

Buat SSH key dengan perintahsudo

sh make_certificate.sh

jalankan perintah 

 sudo ./webshell.py

  pastikan webshell bisa di eksekusi, jika tdak mau, gunakna perintah

 chmod +x webshell.py

yang terakhir , tambahkan path  webshell.py di file /etc/rc.local

echo  /var/www/webshell.py >>/etc/rc.local

nah sampai sini , server SSH sudah berjalan, secara default, kita bisa mengaksesnya di port 8022. Jika kurang yakin, coba scan menggunakan Nmap dan pastikan port 8022 terbuka.

cara mengaksesnya ketik alamatip:8022 di browser , misal ipnya 192.168.1.1 maka cara mengaksesnya https://192.168.1.1:8022 . Jika server ingin diakses dari luar jaringan internal padahal ip tidak mempunyai alamat ip public, atur setingnya di router anda. Jika anda memakai router mikrotik perintahnya adalah

ip firewall nat add chain=dstnat action=dst-nat 
to-addresses=<ip-server-webssh>
 to-ports=8022 protocol=tcp 
 dst-address=<ip-public> 
in-interface=wan dst-port=8022

berikut ini adalah tampiland dari webshell yang diakses lewat iPhone browser

jika anda melakukan NAT seperti diatas, maka akses dari luar dengan cara mengakses ip publicnya https://ip-public:8022, maka secara otomatis router meredirect permintaan tadi ke server lokal kita, seru kan?

Tinggalin komentar dong!