Smartphone Murah Untuk Mobile Developer

Menjadi programer android memang butuh modal kecil, cukup punya komputer dan semua sofwarenya Free dan tinggal belajar lewat internet. Namun, saat ini smartphone bukan hanya android, ada 4 keluarga smartphone yang beredar di pasar. Smartphone selain android adalah iPhone (iOS), Blackberry 10 dan Windows phone 8.x.

Kalau kita hanya mengetes aplikasi lewat emulator, kita bisa mendapatkan toolnya secara free, namun testing di emulator saja tidak cukup, kita harus memastikan bahwa aplikasi yang kita bangun benar benar berjalan di ‘real device’.  Oleh karena itu, saya akan memberikan saran bagi sesama Mobile developer, terutama developer android yang ingin terjun 100% ke mobile programming untuk 4 platform smarpthone yang paling populer.

Agar informasi lengkap, saya berikan spesifikasi teknis sekaligus link dimana anda bisa mendapatkan SDK untuk mulai  memprogram mobile App untuk platform bersangkutan.

 

Xiomi Redmi S1 Android

Developer site: developer.android.com

Xiomi Redmi
Xiomi Redmi

Xiomi adalah perusahaan pembuat gadget yang cukup populer di china. Berbeda dengan kawan kawan lainnya seperti advan,vandroid, mito dan lain lain, Xiomi merupakan perusahaan yang mengutamakan kualitas perangkatnya namun dengan harga bersaing. Salah satu produk unggulannya yang baru saja beredar di indonesia adalah Xiomi Redmi . Redmi dijual di kisaran harga 1.5 jt rupiah, sangat nyaman buat kantong rata rata orang indonesia. Walaupun tergolong murah, spek Redmi tidak murahan, di jejali prosesor quadcore, Flash Memori 8GB, Layar 4.7″ , dual sim,  Kamera 8MP dan android Jelly Bean 4.3 tentunya bukanlah barang murahan. Bahkan di websitenya di sertakan bahwa Redmi harus melalui prosuder test kualitas uji ribuan kali.

Dengan spek hardware diatas, tentunya Ponsel ini sudah pasti mendukung Android L, artinya bagi developer, investasi membeli redmi tidak akan mengecewakan (insyaAllah). Saya yakin, jika ponsel ini sudah berumur 2 tahun pun masih cukup modern dan masih cukup mumpuni untuk mengakomodir android terbaru. Spek resminya bisa di lihat disini.

 

Iphone 4s (iOS)

Developer site: developer.apple.com

iPhone 4s
iPhone 4s

iPhone 6 baru saja di rilis, kenapa saya merekomendasikan beli iPhone 4s. Alasan utama adalah masalah dukungan OS. iPhone 4s adalah platfrom minimal yang didukung oleh iOS 8 , OS terbaru untuk keluarga iPhone. Artinya jika anda beli iPhone 4s sekarang, anda juga masih mendapatkan fitur terbaru yang dibenamkan di iPhone6 walaupun tidak semua.

Kontek yang kita bicarakan adalah sebagai programer mobile. iPhone 4s sekarang dijual dikisaran 4-6 juta yang cukup murah dibanding iPhone 5S yang diatas 10 juta, udah ga kebayang harga iPhone 6 berapa kan? Anda bisa melihat speknya disini.

 

BlackBarry 10

Developer site:Developer.blackberry.com

blackberry-z3-new-1

Walaupun Blackberry mulai redup, kenyataan dilapangan, perusahaan ini mempunyai fans yang loyal terutama karena fitur BBMnya. Blackberry 10 merupakan platform terbaru dari Perusahaan asal kanada ini. Sayangnya seri 10 merupakan platform High end untuk kalangan berkantong tebal.

Namun untunya Blackberry baru baru ini mengeluarkan seri Z3 (blackberry jakarta) yang cukup ramah di kantong. Dengan harga dikisaran 2.5 juta rupiah, anda bisa menikmati OS 10 dari blackberry.  Spek lengkapnya bisa anda lihat disini.

 

Nokia Lumia 530 Windows phone 8.1

Developer site:https://dev.windowsphone.com/

Nokia Lumia 530
Nokia Lumia 530

Nokia baru saja merilis seri terbaru lumia 530, seri ini menggunakan Windows phone terbaru 8.1. Harga kisarannya seitar 2 sampai 2.5 juta rupiah. Seri ini merupakan kelanjutan dari seri 520 dan 525. Seri ini sudah dibekali Prosesor Quadcore ram 512, Kamera 5MP dengan Internal Memori 4GB.  Spek rincinya bisa dilihat disini.

 

 

 

2 Replies to “Smartphone Murah Untuk Mobile Developer”

  1. Mas Chandra tutorialnya sunggu berguna sekali. saya suka cara pembahasan dan gaya menulisnya.
    saya mau tanya mas, bagaimana cara untuk membuat list barang kemudian kita menSUM barang itu semua yang selanjutnya akan di convert ke Email atau PDF.
    Saya lagi bikin tugas akhir nih mas. semoga bisa membantu. lagi bingung, ga nemu-nemu. thx mas

Tinggalin komentar dong!