Sistem Operasi Free dan Opensource selain Linux

800px-Haiku_OS

Apa OS yang anda pakai di desktop? Windows, linux atau Mac OS X? Pertanyaan selanjutnya  Apakah memang OS itu hanya Windows , Linux dan OS X? Sebenarnya,  Ada beberapa  OS desktop Alternatif diluar sana yang bisa anda coba.   Saya akan menunjukan 5 OS desktop alternatif  yang bisa anda pakai gratis. Empat dari lima OS ini bersifat open source.  Karena sifatnya open source, artinya anda bisa mempelajari  internal OS tersebut . Semua OS yang saya sebutkan disini masih dalam tahap pengembangan dan bukan  Distro Linux. Catat!  Bukan distro Linux dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan Linux. Saya ulangi lagi  5 OS dibawah ini BUKAN LINUX.

1. HaikuOS

Haiku OS adalah OS yang dibuat oleh tim yang sama dengan WebOS dari HP. Dulu namanya beOS, namun setelah dijadikan open source bernama Haiku. Anda bisa mencobanya di emulator atau di install di PC. Download di https://www.haiku-os.org

800px-Haiku_OS

2. ReactOS

Sistem operasi ini adalah versi open source dari Windows Xp/2003. OS ini dibuat dengan desain yang sama dengan Windows, namun microsoft tidak ikut berkontribusi di proyek ini. Ide utamanya adalah Mengganti OS windows dengan OS opensource yang kompatible dari sisi driver dan aplikasi. Artinya saat anda menginstall reactOS, sebagian besar driver dan aplikasi seperti MS Office bisa berjalan dengan lancar. Nah kalau memang seperti itu kenapa tidak banyak yang tahu? salah satu hal utama tidak ada adanya publikasi yang memadai dan karena reactOS sendiri masih dalam tahap beta dan belum siap di pakai untuk lingkungan produksi. Namun anda tetap bisa mencobanya dengan mendownload isonya di reactos.org.

reactos

3. JNode

JNode adalah OS yang 99% Dibuat dengan bahasa pemrograman java. Saya salut bagaimana bahasa pemrograman seperti java dipakai untuk pemrograman sistem seperti ini.  Bagi yang hobi dengan bahasa ini, anda bisa belajar banyak dari source codenya. Karena OS dibuat menggunakan java, maka hanya program yang dibuat dengan bahasa java saja yang bisa berjalan disini. Download ISOnya di http://sourceforge.net/projects/jnode/

sJnode

sebenarnya ada satu lagi OS yang dibuat 99% dengan bahasa highend yaitu Singularity dari Microsoft. Namun saat ini singularity belum punya desktop,hanya command line. Singularity mirip dengan JNode dilihat dari bahasa pemrogramannya. OS yang masih dalam tahap pengembangan ini dibuat murni dengan .NET framework. Anda bisa mendownlaod ISOnya di http://singularity.codeplex.com/ . info ini hanya bersifat tambahan saja bagi anda yang antusias dengan dunia sistem operasi.

4. Menuet OS

Menuet OS bener benar   sangat menarik karena dibuat dengan Assembly. Mungkin sebagian dari anda akan bilang, lah bukannya hampir semua OS dibuat pake Assembly dan C? Ya  memang, tapi yang berbeda adalah, MenuetOS juga berisi Dektop yang sangat cantik dengan ukuran file installer yang sangat kecil. Bayangkan membuat aplikasi desktop pakai assembly? Otak programmernya bener bener jenius. download file ISOnya di http://www.menuetos.net/

0983

5. SkyOS

SkyOS adalah OS yang dibangun hanya oleh satu orang bernama Robert Zeleney yang sayangnya sekarang sudah tidak aktif dikembangkan. OS ini memang bukan OS opensource, namun tampilan desktop yang keren luar biasa. Download SkyOS di http://www.skyos.org/

install

Jika anda tidak berani menginstall di komputer atau laptop anda, saya sarankan download virtualbox. Dengan virtualBox kita bisa mencoba kelima OS diatas secara virtual.

Apa harapan saya setelah menulis ini? Ada beberapa harapan yang pertama yaitu memperluas wawasan kita tentang OS . Yang kedua, makin banyak pelajar dan Mahasiswa yang tertarik dengan topik sistem operasi yang pada kelanjutannya mau mendalami internal sistem operasi seperti pemrograman driver atau pemrograman kernel OS.

DIakhirnya, saya berharap suatu saat nanti ada mahasiswa yang bisa membuat sistem operasi dari NOL yang bisa dibanggakan di indonesia.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Sistem Operasi Free dan Opensource selain Linux”

Tinggalin komentar dong!