Screen Lock Android

lookscreen

screen Lock  android adalah teknik untuk mengamankan smartphone android dari tangan tangan jahil atau orang yang tidak berhak.  screen Lock  sendiri sudah lama di implementasikan di PC. Umumnya screen Lock  akan meminta password login anda setelah komputer tidak dipakai sekian lama (misal 30 menit). Look screen di PC juga biasanya di integrasikan dengan Screensaver. Saat kita mau memakai komputer kembali,  screen lock  muncul dengan menampilkan ‘popup’ input password.

Konsep diatas itulah yang diimplementasikan di Android. Perbedaannya,Screen  Lock  di android punya banyak variasi sehingga device android lebih aman. Beberapa jenis Lock Screen android adalah PIN, Password, gambar pola, Fingerprint dan Face Unlock. untuk mengakses fitur ini anda masuk ke Setting-> Location&security->Setup Screen lock’. 

PIN

PIN adalah metode yang paling sederhana, ketika anda ingin memakai smarphone yang di lock, anda di minta memasukan PIN berupa angka minimal 4 digit.

Password

Tidak jauh berbeda dengan PIN, metode lock screen password meminta pengguna memasukan password yang diset sebelumnya. Perbedaannya dengan PIN. Password boleh berupa huruf, angka bahkan tanda baca.

Input Pola

Sejauh ini, teknik ini hanya ada di Smarphone android. Teknik ini cukup inovatif dimana user diminta menggambarkan pola untuk mengakses smarphone. Pola ini sebenarnya tersusun dari matrix 3×3.

Fingerprint

Metode ini cukup canggih karena sudah menerapkan biometrik. Tanpa tangan si empunya smartphone, handphone tidak akan bisa dibuka. Sayannya smartphone android yang mengimplementasikan ini baru Motorola Atrix.

Face Unlock

Face unlock adalah teknik terbaru yang ditanamkan di Ice Cream sandwich. Untuk membuka smartphone, anda cukup tersenyum menghadap smartphone. Sayangnya teknik ini tidak aman karena teknik keamanan ini bisa diakali dengan menggunakan foto dari si empunya handphone. Meeh!

Penutup

Kedepannya, bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat lock screen android menggunakan teknologi biometrik yang lebih canggih semisal Biometrik retina mata. Kita tunggu saja!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!