Samsung Galaxy S3 vs iPhone 5

galaxy-s3-vs-iphone51

iPhone 5 telah diluncurkan beberapa hari yang lalu. Alih alih disebut produk revolusioner dan inovatif, Iphone 5 lebih tepat disebut produk yang mengejar ketinggalan dari produk lain seperti Galaxy S3. bagi anda pengguna Galaxy S3 wajib bangga karena fitur S3 serta spesifikasi hardwarenya jauh diatas iPhone 5. Ingin bukti, mari kita bandingkan satu satu spesifikasi hardwarenya. Disini sekali lagi, saya hanya akan membahas sisi hardwarenya, sedangkan dari sisi fitur di software akan saya bahas di posting selanjutnya, namun untuk pembahasan software nanti lebih fokus ke Android Jellybeans vs iPhone 6. Walaupun saat ini Galaxy s3 menggunakan ICS 4.0.4 namun  Galaxy S3 terbaru otomatis langsung menggunakan JellyBean sedangkan Galaxy S3 akan mendapatkan update Jellybeans dalam waktu dekat.

Body 

S3 berdimensi 136.6 x 70.6 x 8.6 mm denganberat 133g  sedangkan iPhone 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dengan berat 112 g. berbeda tipis tapi inilah yang diandalkan oleh iPhone, setiap rilis walaupun beda ketebalan 1mm saja dijadikan fitur seakan akan itu wah, sama juga dengan beratnya, IPhone setiap rilis makin ringan walaupun bedanya cuma beberapa gram. Ga banyak ngefek. namun hal ini akan terlihat efeknya nanti di lebar layar.

Layar 

Baik S3 ataupun iPhone 5 menggunakan proteksi layar Gorilla glass. Lah kok bisa? ya iyalah, kan layarnya iPhone juga pesan ke samsung, songong banget ga sih, dah nuntut2 tapi tetap aja masih tergantung ke Samsung. dari sisi ukuran layar, galaxy S3 juga lebih unggul dengan ukuran 4.8 inch sedangkan iPhone hanya 4.0 inch. Revolusioner? Yakin loh! Resolusi layar S3  720 x 1280 pixels sedangkan iPhone5 hanya 640 x 1136 pixels. Masih bilang kalau iPhone lebih bagus?

Jaringan yang didukung 

IPhone 5 mendukung jaringan GSM 2G, 3G, 4G LTE + Model CDMA sedangkan Galaxy S3 Mendukung GSM 2G, 3G dan 4G LTE. Wah, kesannya iPhone 5 lebih keren dong karena menyediakan model CDMA,.ingat ya, Iphone punya dua model iPhone 5 yaitu GSM dan CDMA bukan GSM dan CDMA dalam satu device. Namun coba lihat, S3 sudah keluar bulan Mei 2012 sedangkan iPhone baru mengeluarkan iPhone yang mendukung LTE bulan September 2012. Coba sekarang anda pikir, Inovatif dari mana? dari Hongkong, iPhone sekarang  terlambat dari sisi teknologi dan iPhone 5 sedang mengejar ketinggalan.

Koneksi data

Dukungan koneksi data S3  : Wifi, USB dan Bluetooth PLUS NFC sedangkan iPhone hanya mendukung Wifi, USB dan Bluetooth. Sekali lagi, dari sisi koneksi data iPhone kalah lagi.

Ringtone

Secara default S3 mendukung Mp3 dan Wav ringtone.  hanya dengan program ringdroid membuat custom ringtone di S3 hanya butuh 2 sampai 3 sentuhan. bandingkan dengan iPhone. iPhone menggunakan format tertutup (AAC) dan cara mengubah ringtonenya pun super ribet. Pingin tau caranya lihat panduan cara ganti ringtone disini . Perlu lebih dari 10 langkah untuk menambah custom ringtone di iPhone. mantra “Just work” steve job ga berlaku disini.

Prosesor dan Memory

S3 menggunakan quadcore Prosesor dengan kecepatan 1.4 Ghz percore sedangkan iPhone hanya berbekal procoser Dual core. Sedangkan untuk ukuran RAM baik iPhone maupun S3 sama sama menggunakan 1 GHz RAM. masih yakin iPhone the fastest Smartphone? 

Memori Internal + Slot SDcard

Model S3 dan iPhone  tersedia dalam ukuran 16/32/64 GB, namun iPhone tidak menyediakan slot SDcard. jadi kalau kamu beli iPhone terus memori penuh ya udah didelete aja file lama. S3 menyediakan slot tambahan dengan kapasitas memori maksimal 64GB. Sekali lagi, yakin iPhone masih yang terbaik?

Sensor

ciri khas dari Smartphone adalah banyaknya sensor yang tepasang. Dengan adanya sensor, maka banyak fitur canggih yang bisa dinikmati oleh user. namun sekali lagi, iPhone 5 tetap aja Kalah dari S3, di S3 menyediakan 5 sensor yaitu Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer sedangkan iPhone hanya menyediakan Accelerometer, gyro, proximity, compass. coba pikir? masihbilang iPhone is the best produk?

Batere

S3 mempunyai ketahanan batere Up to 590 h (2G) / Up to 790 h (3G) sedangkan iPhone Up to 225 h (2G) / Up to 225 h (3G) sedangkan untuk talktime S3 Up to 21 h 40 min (2G) / Up to 11 h 40 min (3G). Iphone ketahanan batereinya hanya Up to 8 h (2G) / Up to 8 h (3G)  saat talktime. Perbandigan daya tahannya jauh banget bro!

Camera

secara singkat, baik S3 ataupun iPhone sama sama menggunakan kamera belakang 8Mega pixel namun camera depan S3 lebih unggul dibanding dengan iPhone. Camera depan S3 1.9MP sedangan iPhone5 hanya 1.2MP. Untuk kamera belakang,   Walaupun sama sama 8MP, S3 sudah mendukung fitur Panorama view sejak mei kemarin.  Anehnya si iPhone baru sekarang memperkenalkan Panorama view.  sekarang saya tanya?  Inovatifnya Apple itu mana? Apple bukan inovatif, tapi hanya membuat “pencitraan” sebagai perusahaan inovatif sehingga  makin banyak para iSheep yang makin tertarik dengan produk iShit dari  Apple. Tapi fitur cuman mbebek. Harusnya Samsung dan Android menuntut iPhone karena memperkenalkan fitur yang sama di devicenya.

Kesimpulan

kesimpulan yang di dapat  iPhone 5 lebih tepat kalau saya sebut sebagai Galaxy S3 Mini. Yup itulah sebutan yang tepat untuk iPhone 5. untuk posting selanjutnya saya akanmembahas tentang Android Jellybeans dan iOS6. Satu hal lagi, anda mungkin berpikir gini, ya pantes reviewnya menyudutkan apple, wong yang nulis itu fan android? yakin loh? Satu hal yang penting, semua data spesifikasi diatas itu ada di spesifikasi resmi baik di samsung ataupun di Phone sendiri. kita bicara fakta Apple fan Boy!.

silahkan cek disini untuk spesifikasi resmi masing masing produk:

Samsung galaxy S3

iPhone 5

sedangkan perbandingan spesifikasi side by side bisa anda lihat disini, nah setelah itu silahkan di hayati, kira kira isi blog ini subjectif atau objectif.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

6 thoughts on “Samsung Galaxy S3 vs iPhone 5”

  1. saya pengguna kedua HP tersebut, dr layar lebih halus i Phone tapi lebih terang S3, S3 lebih sering nge hank dari i phone. i phone interface nya lebih halus. Aplikasi dan Hardware s3 lebih bagus.. Meskipun i phone hardware lebih rendah tapi semua aplikasi dijalankan dengan lancar dan halus, s3 hardware bagus tapi kadang hank sendiri, Jadi semua ada kelebihan dan kekurangannya…. itu menurut saya. Kamera sama saja,

  2. Wtf.. Ente ngejelekin iPhone bro ? Android ? Sekarang aja sistem android itu banyak yg Terinfeksi virus pernyataan Sudah jelas cek di detik.com ..ahhh android itu Baru ashit hahhaa

Tinggalin komentar dong!