Review Tablet Lenovo IdeaTab A1000

Mencari tablet berkualitas dan murah itu gampang gampang susah. Kemarin, saya ingin sekali membeli Asus HD7 yang speknya tinggi, branded dan harga nyaman dikantong, tapi ternyata produk ini tidak beredar di indonesia.
Akhirnya saya memutuskan untuk membeli Tablet dari Lenovo, Tablet ini bernama IdeaTab A1000, Tidak disangka dan diduga, toko komputer yang saya kunjungi mengatakan kalo stoknya kosong/habis. Wah berarti nih barang bagus, akhirnya saya bisa mendapatkan produk ini di Jogjatronik dengan harga Rp 1.425,000. Harga ini cukup mahal karena dipasaran harusnya sekitar 1.325-1.375 tapi namanya produk langka otomatis harga terkerek juga.

Lenovo Ideatab A1000
Lenovo Ideatab A1000

Spesifikasi Teknis

Saya sudah mengunjungi website gsmarena.com dan tabloidpulsa.co.id serta situs resmi lenovo, ketiga tiganya banyak perbedaan yang cukup mencolok. Misal katanya tidak mendukung GSM, tidak ada radio ukuran memori ada yang bilang 400M ada yang bilang 4GB dan informasi ga jelas bersliweran.

Biar anda juga tidak bingung, silahkan klik informasi resmi dari Lenovo. Namun ternyata disitus lenovo itu juga speknya kurang lengkap dan sedikit berbeda dengan yang dipasar indonesia, atau minimal yang saya beli. Berikut ini spek yang benar berdasarkan tablet ideatab yang saya beli.

  1. Prosesor DualCore 1.2Ghz
  2. Memori 1GB
  3. Dolby sound stereo
  4. Layar HD, enak buat nonton Youtube
  5. Ada Radio FM
  6. ada Slot SDCard
  7. ada slot SIMCard GSM untuk telpon dan SMS (hanya 2G)
  8. Camera depan 0.3M VGA
  9. android jellybean 4.1.2
  10. Ada GPS sensor

Catatan tambahan :

Dalam spesifikasinya, Memori memang 4GB namun memori ini terpartisi menjadi dua bagian yaitu sistem dan USB Storage. Partisi system yang bisa dipakai oleh user hanya 400-an MB sedangkan partisi Penyimpana USBnya 2GB. Jika kurang silahkan tambah SDCard.

Tablet bisa dipakai untuk telpon dan SMS. Internetan menggunakan jalur GSM juga bisa tapi cuma mamakai Jalur EDGE. Lambat, tapi cukup buat chating atau browsing website. Kalau mau cepet, gunakan jalur Wifi.

Kelebihan

Yang saya suka dari tablet ini adalah layarnya cerah (Resolusi HD) dan enak buat nonton Video. Suara sound systemnya mantap dengan dukungan dolby audio. Dan yang bikin saya kaget ada GSMnya bro. Ini benar benar ga nyangka, soalnya hampir sebagian besar website menyatakan bahwa A1000 ini tidak mendukung simcard /GSM.

Kekurangan

Kekurangan dari Tablet ini adalah :

  1. TIdak ada camera belakang, hanya camera depan resolusi 0.3M VGA, gelap banget bro. Gambar ga jelas
  2. TIdak support 3G. Nah ini speknya nanggung banget, sudah ada GSM tapi ga bisa 3G.
  3. Media penyimpan kecil, space yang bisa dipakai cuma 400MB, jadi kalau kita banyak install aplikasi, harus di move ke SDcard/Penyimpanan USB.
  4. Tidak support BBM, waduh ini yang gue ga nyangka, padahal katanya BBM support android 4.0 keatas, tapi kenyataanya waktu mau install BBM ga bisa. Semoga kedepannya bisa deh, masih berharap.

Kesimpulan

Bagi yang punya dana terbatas tapi ingin mendapatkan tablet branded dengan dukungan Telpon/SMS, maka A1000 adalah pilihan yang tepat. Namun bagi yang tidak puas dengan ‘kekurangan’ yang ada, maka kekurangan itu bisa diatasi jika anda membeli ‘kakak’ dari tablet ini yaitu IdeaTab A3000 dengan harga 2.1jutaan.  Namun sekali lagi, tanyakan kepada pihak penjual untuk memastikan kebenaran spesifikasinya :).

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

11 thoughts on “Review Tablet Lenovo IdeaTab A1000”

  1. Saya mau buka storege ext. (sdcard) di tablet lenovo a1000 kok ngak bisa gemana caranya ya…,tadinya bisa setelah saya service karena tidak bisa mengisi baterai kok malah jadi ngak bisa

  2. Siapa bilang gk bsa bbm n lenovo a1000 sy udh bsa klo mmg sulit install jln alternatif nx mnta dikirimin sma ygpnx aplikasix melalui bluetooth sprti sy mudah chn ? slmt mencoba

Tinggalin komentar dong!