Statistik Pengunjung Web 2013 dan What Next?

akhirnya  tahun 2014 tiba juga, dalam posting pertama di tahun ini saya akan berbagi review tentang website candralab studio ini tentang jumlah pengunjung, teknologi dibalik layar, Artikel populer dan sebagainya.

1. Statistik Pengunjung 

Pada tahun 2013, total pageview candra.web.id mencapai 330.000 yang artinya rata rata 904 halaman perhari. Untuk Unik visitornya sekitar 500-800 orang perhari.

2. SEO Rank

Saat ini candra.web.id mempunyai PageRank 1, Alexa Rank 277.000-an, dan rangking alexa di indonesia 4500-an.

3. Artikel paling populer

  1. 10 aplikasi paling keren di android .
  2. Membuat print preview dengan PHP .
  3. Mengapa sebaiknya anda tidak jadi programer.
  4. Mengenal sensor di smartphone.
  5. Membuat graphic chart mengunakan PHP+Highchart.

4. Top Refererral

Dari mana pengunjung datang ke candralab studio? kebanyakan dari hasil pencarian Google. Namun ada juga yang datang karena menklik link disebuah website yang merujuk ke artike di candralab studio,inilah yang disebut referral.

Berikut ini adalah top referal di Candralab Studio

  1. Android-indonesia.com
  2. Facebook.com
  3. kaskus.co.id
  4. Twitter.com

Jika anda ingin melihat ringkasan statistik dari website ini, silahkan klik disini.

5. Teknologi yang dipakai

Candralab Studio memakai WordPress 3.8 dengan thema Twenty Thirteen, thema satu kolom responsive yang nyaman bagi pengunjung untuk membaca artikel di website ini.

Teknologi lain yaitu Jetpack , plugin resmi dari WordPress dan Google analytics untuk menganalisa traffic.  Mengapa saya memberi tahu teknologi dibalik layar? tujuannya simple, harapannya hal ini bisa menginspirasi blogger atau website lain agar lebih mengutamakan content ketimbang navigiasi dan iklan. Saya sendiri tidak nyaman dengan banyaknya widget, iklan dan layout 3 kolom apalagi lebih, saya suka yang simple, responsive dan layout satu kolom adalah pilihan saya.

6. What Next in 2014?

dSaya sedang tertarik dengan jQuery family (jQuery core, jQuery  UI, jQuery Mobile), Ext JS, angular JS dan polymer. Kemungkinan artikel kedepan akan membahas ini.

Materi lain adalah Java,  Android, Googe Cloud dan Google API, App Engine dan Google map.

Di PHP sendiri, Saya sedang tertarik dengan OOP, MVC, PDO serta framework CodeIgniter dan Laravel, ditambah Composer.

dibidang desain web, saya sedang tertarik dengan HTML5,CSS3,  Framework CSS seperti Twitter Bootstrap, MetroUI, UIKit, dan WordPress Thema and Plugin. Sepertinya artikel artikel ini akan cukup mendominasi.

Sedangkan dibidang jaringan, sepertinya materi Linux Server dan tool monitoring ,se curity jaringan masih akan saya tulis walaupun tidak sebanyak artike pemrograman.

Selain itu, insyaAllah akan saya update proyek open source seperti candralabCMS dan candralabEcommerce. Sekedar info, sejauh ini candralab Ecommerce 2.0 sudah didownload lebih dari 2000 kali sejak rilis tanggal 15 Oktober yang artinya rata rata didownload 26 kali dalam sehari. Alhamdulillah ternyata karya saya bermanfaat bagi orang lain.  Hal baru tahun ini mungkin akan saya buat video tutorial jika ada waktu.

Hal yang TIDAK TERTARIK untuk saya tulis adalah seputar IT News atau Teknologi news, saya berusaha meminimalisir artikel seperti ini  karena sudah banyak web dan blog yang mebahas berita seperti Detikinet, Mashable, Kompas Tekno, Tech crunch, teknojurnal dan blog blog copas yang bertebaran di blogger atau wordpress. saya lebih tertarik mengarah ke Nettuts+ yang mengajakan tutorial pemrograman yang insyaAllah lebih manfaatnya ketimbang berita yang dalam hitungan hari usang.

jadi silahkan subscribe (RSS/email) dibagian footer website ini  dan tunggu artikel selanjutnya !

Candra Adi putra, — Yogyakarta, 1 Januari 2014.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!