Referensi Belajar SQLite, MySQL dan PostgreSQL




Di masa lock down seperti ini, hal yang bisa membuat kita produktif adalah Belajar. Bagi seorang programer web atau programer database, saya yakin pilihan akan jatuh pada database SQLite, MySQL ataupun PostgreSQL. Sayangnya, banyak dari kita hanya memakai fitur dasar, padahal banyak sekali fitur lanjutan di 3 database tersebut diatas yang belum kita pakai.  Biar ilmu dan skill database kita meningkat,  berikut ini  3 Website yang bisa dijadikan referensi belajar SQL.

SQLitetutorial.net 

Sqlitetutorial.net adalah website yang 100% isinya tutorial tentang SQLite. Bagi yang belum tahu SQLite adalah database yang paling banyak di pakai untuk produk embeded  ataupun aplikasi mobile. Sebagian besar aplikasi Android dan iOS yang memerlukan penyimpanan database internal menggunakan database ini. Jadi kalau anda ingin jadi programer mobile anda perlu mempertimbangkan mendalami sqlite ini.

SQLite ini juga sering dipakai untuk aplikasi web yang kecil atau website yang tidak mendukung database. Maka SQLite ini bisa dijadikan sebagai alternatif database besar seperti MySQL atau PostgreSQL.

dI website SQLitetutorial.net anda akan diajari dasar dasar SQLite sampai ke tingkat lanjut yaitu View, Index, Trigger, fungsi dan panduan singkat mengkoneksikan database ke bahasa pemrograman PHP, Java, Python dan Node.JS

mysqltutorial.org

Website super lengkap tentang MySQL beserta panduan ‘learn by doing’. Semua fitur MySQL dibahas disini, termasuk fitur lanjutan. Website ini mengelompokan tutorial berdasarkan profesi dari pembaca web. Tutorial dibuat untuk Developer atau Administrator Database. Selain itu disediakan juga referensi fungsi MYSQL dan contoh interfacing mySQL dengan bahasa pemrograman seperti PHP, Perl, Python, Java dan Node.JS.

Catatan penting, Sekarang ini banyak layanan hosting ataupun CMS opensource berpindah dari MySQL ke MariaDB. Hakekatnya MariaDB adalah MySQL dengan lisensi yang lebih bersahabat terutama untuk membuat aplikasi komerasial.

postgresqltutorial.com

Idealnya Aplikasi yang dipakai ribuan Sampai Jutaan orang secara bersamaan menggunakan PostgreSQL, bukan MySQL. PostgreSQL ini bisa dibilang superset dari MySQL karena fiturnya luar biasa komplek dan memang didesain untuk aplikasi yang dipakai banyak orang secara bersamaan.

Nah, itulah situs referensi belajar database SQL untuk saya sendiri. Sengaja saya bagikan di Blog ini agar para pembaca juga bisa meningkat kemampuan database SQLnya. Semoga bermanfaat

Related Post