Prediksi Trend Teknologi Web tahun 2013

bootstrap

Tahun 2013 akhirnya tiba juga. Banyak hal baru di tahun lalu yang diprediksi akan menjadi populer di tahun ini.  Artikel ini mengangkat tema tentang trend teknologi web yang diperkirakan akan terjadi di tahun2013. Beberapa tema besar yang akan menjadi meledak  tahun ini adalah Teknologi Javascript, Teknologi Browser, Mobile Web dan Cloud.

Teknologi Javascript

Beberapa teknologi javascript yang akan populer di tahun ini adalah JSON, NodeJS dan AngularJS. JSON adalah format transfer data antara server dan client. JSON sudah menjadi format standar untuk pertukaran data  di internet. NodeJS sendiri adalah pemrograman javascript di Server. Dulu, javascript identik dengan browser, sekarang anda juga bisa membuat program di server menggunakan javascript. Kelebihan utama nodeJS adalah fitur “non blocking IO”. Bahasa mudahnya, nodejs bisa melayani banyak permintaan sekaligus tanpa harus menunggu permintaan sebelumnya selesai. NodeJS sangat cocok untuk aplikasi realtime dan pengguna yang besar (ribuan atau jutaan).

Logo angularJS
Logo angularJS

AngularJS adalah teknologi dari Google yang memperluas kemampuan HTML agar bisa menangani halaman HTML dinamis. Intinya, dengan AngularJS, manipulasi DOM menjadi jauh lebih mudah dibanding harus menggunakan jQuery.

Teknologi Browser dan HTML5

semakin matangnya HTML5 dan makin populernya aplikasi web berbasis HTML5 menjadikan dua teknologi ini menjadi pesaing utama dari aplikasi desktop. beberapa hal yang akan populer adalah Validasi form di HTML5, Device API dan WebRTC. WebRC adalah kemampuan “Straming Video” langsung dari browser tanpa menggunakan plugin. Jika WebRTC sukses,  browser bisa dipakai untuk meremote desktop atau video chat tanpa harus menginstall plugin terlebih dahulu.

Teknologi Mobile web

Teknogi mobile yang akan berkembang ada pada sisi teknik pembuatan aplikasi hybrid (WebApp+Native) seperti phonegap serta makin maraknya framework UI untuk Mobile web. Disisi UI juga bertebaran teknologi UI seperti jQuery mobil dan Ext JS Touch.

Desain

bootstrap

Desain yang akan populer tahun ini adalah Konsep responsive web desain serta CSS Framework. Responsive webdesain adalah konsep membuat satu website yang secara otomatis akan menyesuaikan layoutnya dengan device yagn mengakses webnya.  Responsive desain ini tidak lepas dari banyaknya Framework CSS yang memudahkan webdesainer untuk membuat halaman yang responsiv. Sekedar catatan, kata responsiv disini bukan berarti loadingnya cepat, namun kata responsive lebih tepat disebut Adaptive. Beberapa framework CSS yang patut anda pelajari adalah Twitter bootstrap. CSS framework yang lain bisa anda lihat disini.

Jika anda seorang desainer, mendaftarlah di dribbble. Dribbble adalah jejaring social untuk para desainer. Trend lain di desain adalah menggunakan pola sebagai background. Website yang khusus menyediakan pola adalah http://subtlepatterns.com.

Cloud, BigData dan WebAPI.

Cloud programming akan makin besar di tahun ini. Konsep dari cloud programming adalah melakukan programming langsung di internet. Beberapa IDE berbasis web bisa anda coba di https://c9.io/.  code pun sekarang dengan mudahd ihosting di Freshmeat, Google code atau github. Sementara perusahaan penyedia layanan cloud yang populer adalah Google dengan Appengine, Amazon dengan Amazon ECS, Microsoft dengan Windows Azure serta salesforce.

Era cloud sudah dimulai beberapa tahun lalu. Efek dari cloud adalah banyaknya data yang bersifat public dan bisa dianalisa, diakses  atau dibuat produk baru. Efek samping dari big data adalah analisa data serta datamining terhadap data tersebut. Penyedia datapun telah menyediakan cara mengakses data yang sangat besar tersebut dengan cara yang mudah. Biasanya cara mengaksesnya dengan menggunakan webservice. Website yang merangkum seluruh webAPI yang ada dinternet adalah ProgrammableWeb. Disana ada tutorial, contoh, referensi  yang bisa anda apakai untuk memulai mengintegrasikannya kedalam aplikasi kita.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Prediksi Trend Teknologi Web tahun 2013”

Tinggalin komentar dong!