Prasyarat Belajar Pemrograman Android

Android-Developer2

Android-Developer2Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini. Maka tidak heran muncul berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku buku android pun laris di beli oleh para calon programer atau mahasiswa. Sayannya, sebagian besar buku dan blog itu tidak mengajarkan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum belajar pemrograman android.

Karena itu, disini saya akan menyampaikan materi dasar sebelum belajar android itu apa saja sih? Tidak cukup sampai situ, saya juga akan merekomendasikan sumber sumber belajar ilmu prasyarat belajar pemrograman android dibawah ini.

Artikel ini adalah artikel pertama yang akan membahas pemrograman android dari awal. InsyaAllah artikel slanjutnya akan membahas pemrograman android dari awal. Jadi jangan lupa subscribe atau bookmark website ini :).

Eclipse

Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Kebanyakan programer java datang dari NetBeans. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja. Namun, jika anda ingin mempelajari eclipse lebih jauh bisa anda baca di http://www.vogella.com/articles/Eclipse/article.html.

XML

Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. Anda bisa membaca materi XML di http://www.w3schools.com/xml/default.asp.

JAVA

Java adalah bahasa pemrogramannya android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Anda bisa saja copas code dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal.

Untuk Java, saya sarankan belajar java resmi dari websitenya yaitu http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/.  Jika anda ingin yang belajar yang menggunakan bahasa indonesia, silahkan baca buku “Esensi-esensi Bahasa Pemrograman JAVA” karangan Bambang Haryanto. Sejauh ini, buku bahasa indonesia yang mengajarkan java secara lengkap dan mendalam sampai konsep konsepnya hanya buku ini. Buku yang lain hanya mengajarkan cara koding, sedangkan buku ini mengajarkan konsep dijava, inilah yang lebih penting ketika anda ingin belajar android.

SQLite

Android menyimpan data data konfigurasi, data user dan data aplikasi di SQLite. Maka alangkah baiknya anda memplejari syntax SQLitenya terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi android yang memanfaatkan SQLite. Anda bisa membaca tutorial SQLite disini.

JSON

JSON adalah format data yang dipakai untuk mengirim data dari webservice ke android. Anda akan menemui json jika sudah belajar android tingkat lanjut, terutama pemrograman client server. Contohnya misal aplikasi siakad mobile yang terkoneksi ke sistem siakad dengan PHP/MySQL.

Pemahaman JSON dan cara memparsing json juga harus dipelajari. Silahkan cek http://www.json.org/. Cara untuk memparsing JSON bisa anda baca disini.

Google Service

Hampir semua aplikasi bawaan android adalah layanan Google. Dari GMail, Youtube, Google map, Photo, Google+, Contact, Google Drive dan yang paling utama adalah playstore. Bagi pemilik HP android, pastinya sudah familiar dengan produk produk ini, namun bagi yang datang dari Windows phone atau symbian, saya sarankan anda memfamiliarkan dengan teknologi Google.

Setalah paham dan terbiasa, silahkan masuk ke http://developer.google.com untuk melihat Layanan Google untuk developer.  Sebagai contoh, anda ingin menampilkan peta Google maps di android. Maka anda wajib mengunjungi website diatas. Google service untuk developer ini bisa anda pelajari jika anda ingin membangun aplikasi yang terintegrasi dengan Layanan Google.

Semoga artikel diatas bermanfaat, tulisan selanjutnya akan membahas cara instalasi Android ADT di Windows 8.

bagi yang ingin belajar android dari awal silahkan klik Disini

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

32 thoughts on “Prasyarat Belajar Pemrograman Android”

  1. Salam hangat gan, sebelumnya terima kasih. Saya ingin bertanya mengenai bahasa pemrograman java, apakah harus menguasai dulu seluruhnya atau hanya dasar dasar pemrogramannya saja?

  2. [ASK]
    malam mas, perkenalkan saya fikri.
    mas, saya baru-baru ini mencoba pencockan text pada android menggunakan speech recognition yang di konversi ketext dan dicocokkan ke text database. dan itu belum spenuhnya berhasil. Tapi saya juga punya keiinginan untuk melakukan pencocokan suara, jadi suara pengguna dicocokkan dengan suara didatabase misalnya. kira2 bisa gak ya? bisa tolong ajari saya? terimakasih sebelumnya. :)

  3. matur nuwun gan infonya …

    saya bisa php (konsep oop sudah paham), sedikit xml & json, mysql bisa, tapi sqlite belum coba .. kalo java baru bisa diinstal dan sedikit coba2 syntax-nya, google service belum ngerti, kalo eclipse baru coba …

    mau tanya gan, kalo belajar serius, kira2 berapa lama baru bisa bikin aplikasi android sederhana (maksudnya bukan hello world gan :) .. ) … kalo pertanyaan agak absurd, maaf gan, mohon sarannya aja gan ..

  4. hehehe ternyata susah yah…lha wong java aja ga kenal hahaha apalagi android…terimakasih atas infonya berguna banget mas …

  5. mantab.. ane baru belajar coding android, gan… ditunggu tutorial2 berikutnya…… terutama untuk custom interface & penggunaan sensor di android….. :)

Tinggalin komentar dong!