Plugin Facebook Untuk WordPress

fbapp

Populernya WordPress sebagai CMS yang dipakai oleh lebih dari 5 juta website  tidak luput dari perhatian Facebook. Lah apa hubungannya? Ada dong, jika kamu perhatikan, Beberapa website yang sering kamu kunjungi memanfaatkan akun Facebook  untuk Login dan komentar. Banyak solusi plugin ‘Like’ dan ‘Facebook Comment’ yang tersedia untuk wordpress menawarkan fitur yang kurang lengkap karena dibuat oleh pihak ketiga, oleh karenanya Facebook secara resmi membuat Plugin Facebook untuk wordpress.

Beberapa fitur unggulan plugin ini adalah sebagai berikut

  1. OpenGrap Protokol untuk melihat statistik penggunaan plugin, terutama like dan komentar
  2. Recomendation bar, Facebook secara otomatis merekomendasikan artikel yang relevan dengan yang ada baca atau yang dibaca oleh teman anda
  3.  Fungsi Like, Send dan Subsribe
  4. Bisa memposting secara otomatis ke ‘Facebook page’ . sebagai contoh di candra.web.id, maka posting secara otomatis akan di kirim ke halaman ‘Candralab Coding studio’ di Facebook. Halaman ini merupakan halaman untuk mengumpulkan pembaca yang suka dengan candra.web.id
  5. Posting ke Timeline penulis artikel secara otomatis.
  6. Bisa mention teman, tujuannya agar teman yang kita ‘mention’ bisa mengetahui kalau ada artikel yang menarik untuk dibaca.

Jika anda bingung tentang gambaran facebook plugin, silahkan anda perhatikan  Komentar, tombol like dan recomendation button di candra.web.id, Semuanya memanfaatkan plugin facebook sehingga anda nyaman saat  melike  atau mengomentari artikel. Fitur utama dari Plugin ini adalah ‘Facebook comment’ yang akan memudahkan pembaca untuk mengomentari artikel tanpa harus mengisi nama,email, website baru komentar, belum termasuk captca, repot kan? Jika anda menggunakan Wordpess sebagai CMS di website anda, sangat disarankan memasang plugin facebook ini. Mengapa demikian? karena pengguna indonesia kebanyakan mengakses facebook sebagai halaman utamanya, sehingga ketika dia membaca artikel di Blog atau website dia  akan merasa nyaman saat me-like dan mengomentari. Efek kedepan makin banyak yang akan mengunjungi website kita karena komentar dan like yang dibuat akan terlihat oleh teman temannya di Facebook. Makanya jangan cuman main SEO, bentar bentar SEO, bentar SEO Cape deh!

Ingat, tutorial ini hanya bisa diimplementasikan bagi yang memasang WordPress di Webhosting sendiri, bukan di WordPress.com. Langkah langkah memasang facebook Plugin adalah sebagai berikut:

  1. Install Facebook plugin dari menu Plugin di halaman admin wordpress atau download pluginnya di http://wordpress.org/extend/plugins/facebook, lalu upload ke WordPress and, pastikan anda mendapatkan plugin dari link diatas.
  2. Buat aplikasi facebook di https://developers.facebook.com/apps dengan cara klik ‘ Create new App‘ tampilannya seperti dibawah ini
Screenshoot membuat aplikasi facebook
pastikan anda mengisi data dengan benar, terutama SiteURL, dan AppDomain. Setelah membuat aplikasi anda akan mendapatkan AppID dan AppSecret. Dua key unik inilah yang diperlukan saat anda mengatur setting facebook plugin. Tanpa dua hal ini, Plugin Facebook anda tidak akan jalan.

Langkah selanjutnya, buka kembali halaman WordPress admin dan klik Menu Facebook, masukan kedua Key ini ditempat yang telah disediakan seperti gambar berikut ini

isikan AppID dan AppSecret agar Facebook plugin bisa berfungsi

Jika langkah ini selesai, anda tinggal mencentang fitur apa yang ingin anda pakai di WordPress anda, sebagai contoh saja, berikut ini adalah konfigurasi Facebook comment yang bisa anda pakai untuk menggantikan standar Form Komentar WordPress.

Facebook juga menyediakan widget yang bisa anda pasang disidebar  website anda. Widget yang disediakan ada 6 seperti tampak dibawah ini,

dari semua widget ini, yang paling sering dipakai adalah Facebook Like Box, sebelum memasang Facebook Like Box anda harus sudah punya Facebook Page terlebih dahulu, dalam contoh ini, Website candra.web.id mempunyai Facebook Page di https://www.facebook.com/CandraLabCodingStudio.

Sebelum anda mencobanya, PASTIKAN TIDAK ADA PLUGIN FACEBOOK DARI PIHAK KETIGA, jika ada remove terlebih dahulu plugin tersebut, karena jika tidak diremove, justru halaman admin WordPress anda tidak bisa diakses dan ada ‘Internal Error’ . Remember, You have been warn! Nah sekarang giliran anda memasang plugin Facebook di Website anda sendiri. Selamat mencoba!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!